Persaingan Anak IPA VS IPS Yang Buat Kangen Masa SMA

IPA vs IPS. Masa SMA sering dikatakan sebagi masa yang paling ngangenin untuk di ingat. Di masa ini pun cerita-cerita unik bareng teman selalu tercipta. Mulai dari kisah lucu, asik-asik bareng teman, di hukum akibat terlambat upacara, hingga kisah romantisme masa lalu bersama sang mantan.

Hukuman pun seringkali menjadi kenangan Karen ingat kekonyolan yang terjadi, hingga anda di hukum membersihkan wc bersama teman. Selain itu persaingan antara anak IPA dan IPS pun sangat kental di berbagai bidang. Mulai dari pesona, akademik, hingga prestasi kesenian dan olahraga.

Berikut ini adalah beberapa serba-serbi persaingan yang ada di setiap zaman masa SMA sebagai perbandingan IPA dan IPS. Indah nian untuk di kenang tak lekang oleh zaman.

  1. Kelas Unggulan Di Huni Oleh Anak IPA

Jika di suatu sekolah memiliki kelas unggulan maka dipastikan banyak dari sekolah-sekolah yang memasukan program kelas unggulan tersebut dalam jurusan IPA. Maka otomatis siswa-siswanya dari kalangan siswa-siswi ipa dong, namun entah kenapa tidak diisi oleh anak ips atau anak bahasa misalnya. Itulah yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

  1. Prestasi

Persaingan selanjutnya antara anak IPA dann IPS selanjutnya adalah di bidang Prestasi. Biasanya prestasi yang ditorehkan oleh anak-anak IPA diidentikkan dengan beberapa prestasi Akademik. Mulai dari Olimpiade, Asramatika, hingga cerdas cermat. Meskipun tak menutup kemungkinan jika para anak-anak di jurusan IPA ini juga ada yang memiliki prestasi di luar bidang akademik.

Untuk siswa-siswi Jurusan IPS memang prestasi di bidang olahraga memiliki keidentikan dengan Jurusan ini. Selain itu banyak dari siswa IPS yang meraih prestasi di bidang modeling dan seni.

Terlebih ketika saat hari sabtu atau senin di umumkan setelah upacara, mereka akan bersorak-sorak mengelu-elukan jurusan mereka yang baru saja di wakili rekan mereka membawa nama sekolah di tingkat kota, maupun nasional dan menjuarainya. Duh jadi inget deh dulu sewaktu di panggill untuk di beri penghargaan di tengah lapangan.

  1. Cinta

Bagi para anak SMA khususnya permasalahan cinta ini akan selalu terwarnai. Beberapa teman anak ipa dikelasmu pasti ada yang pacaran dong? Hal itu menunjukkan bahwa anak IPA pun juga gak kalah dengan anak IPS yang memang terkenal jago skill masalah percintaan ini. Hehehe namun sekedar saran ya temen-temen daripada untuk hal ini mending di alihkan untuk mengembangkan potensi diri. Sayang dong masa SMA dihabiskan untuk bersaing dalam urusan asmara :D.

Mungkin cinta dalam diam lebih mampu untuk memperindah kisah, dan kenangan mu kok, eciyeee baper deh.

  1. Pertandingan Class Meeting

Meskipun hanya tingkat sekolahan, namun inilah salah satu momen penghilang stress setelah ujian sekolah. Dan juga merupakan ajang untuk unjuk gigi dalam menunjukkan kemampuan tiap kelas. Boleh jadi ini hanya terlihat seperti pertandingan biasa lokalan, namun pertandingan ini adalah sarat mempertahankann harga diri tiap kelas. Terutama adu dominasi prestasi di tiap jurusan, tertama rival abadi antara Jurusan IPA dan IPS.

  1. Bawaan Buku

Buat kalian yang dahulunya pernah masuk ke dalam kelas IPA, tentu akan mengalami hal-hal seperti ini. Tentu saja kita merasa berat bukan? Belum lagi apabila disuruh untuk membawa laptop. Bayangkan saja tuh betapa beratnya tas yang kamu bawa, sampai orang di sekitar suka sulit membedakan antara mau sekolah atau mau pindahan.

  1. Pelajaran Matematikanya Berbeda

Beda jurusan tentunya beda pula dong pelajarannya terutama Matematika. Yups itu juga terjadi dengan pelajaran yang satu ini, walaupun mungkin anak IPS juga ada namun jelas berbeda kan isi materinya. Anak IPA akan dihadapkan pada rumus dan juga logika, sedangkan untuk anak IPS akan lebih terarah pada perhitungan keuangan seperti ekonomi dan akuntansi. Memang beda ya IPA vs IPS

Nah lo, pacar anak IPS lebih beruntung tuh, masalah keuangan mungkin cerdas untuk mengakalinya. Asal jangan sampai kalian aja ya yang di akali :p

  1. Pakaian

Entahlah namun terkadang ketika melihat anak Jurusan IPA, kita akan langsung reflek membayangkan bagaimana penampilan yang rapih dan berbanding terbalik dengan IPS. Meskipun memang tak semuanya benar namun ada kalanya banyak dari anak IPA yang selalu rapih dalam mengenakann pakaian. Makin terlihat deh cakepnya nih para dede emes..

  1. Jurusan Lanjutan

Fakta yang satu ini memang sulit untuk di bantah. Peluang untuk mengambil jurusan ketika di bangku kuliah nanti anak IPA memiliki sedikit keunggulan di bandingkan dengan anak dari jurusan IPS. Keunggulan tersebut adalah peluang untuk mengambil aneka jurusan di saat melanjutkan kuliah. Mungkin anak IPS sedikit sekali yang dapat mengambil jurusan kedokteran di universitas nanti namun berbeda dengan anak IPA yang bisa memasuki ranah IPS dengan mengambil jurusan favorit di ips seperti Akuntansi, Hukum, dan Psikologi. Dan berikut adalah Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

  1. Berbahasa Asing

Nah loh anak IPA jangan berbangga dulu yah dengan kesempatan tadi. Namun faktanya anak-anak dari jurusan IPS ternyata cerdas loh dalam hal keterampilan berbahasa asing. Setiap manusia mungkin memang memiliki keunikan tersendiri, Begitu pula anak IPS yang uga memiliki kelebihan yang tak di miliki oleh anak-anak dari jurusan IPA.

  1. Mampu Sukses

Meskipun antara satu jurusan dengan jurusan yang lainnya memiliki perbedaan, namun baik itu jurusan IPA vs IPS memiliki kesempatan yang sama untuk meraih  kesuksesan kok. Jadi apapun jurusan mu di Sekolah Menengah atas, persaingan janganlah di jadikan sebagai sebuah ladang permusuhan di antara keduanya, namun jadikanlah persaingan antara jurusan tersebut sebagai motivasi untuk meraih prestasi demi membanggakan keluarga, dan tanah Air pada Umumnya.