Permasalahan Dalam Rumah Tangga: Menghadapi Sikap Suami

Permasalahan Dalam Rumah Tangga: Menghadapi Sikap Suami

April 22, 2017 Off By Admin

Sudahkah Anda Memahami Perbedaan Cinta Dan Suka?Nama : Yunixx xx
Email : Deaxx@gmail.com
Isi Pesan : (menghadapi sikap suami) Mohon bantu saya,krn sdh buntu n ga bs mikir lg.. Saya janda punya anak 1 cewe umr 9th,baru nikah dengan seorng pria bujang umrny dbwh sy 1th n skg tggl sm mertua.. Jjr aja,sy merasa suami ad klainan jiwa btr baik btr bs gila kdg kl lg kumat sk berbuat kekerasan n tdk segan melukaiku..aku knl dia br 1th awalny krn ku lht dia baik n bs jd pa2 pgnti bt ankku,tp akhir2 ni dia srg mrh tnpa alsn yg jls n menyuruh aku utk milih dia/ankku?! Ankku sgt tkt pdny n slu berbuat utk menyenangkannya emg terkdg rada cengeng krn ga mo jauh drku,wajar ankku tkt kehilanganku..dia taunya cm aku yg ad dlm hdpny..aku mesti gmn lg?! Ms dsrh plh suami /ank kandungku? Jls2 aku nikah dengan dia untuk ankku supaya punya keluarga yang utuh..padahal saat ini km sedang planing mo punya anak,gmn nanti nsb ankku kalau benar aku hamil? rasanya aku pengen kabur dan bawa ankku dari sini baru 3bln tinggal dirumh ortunya kalu marah pun sering ucap cerai,ngusir bahkan didepan mertuaku.mertua selalu bilang sabar,nasehatin dia masalah kecil aja mulutny bisa sampe bgtu.aku benar2 tertekan hidup begini,aku ga boleh bergaul dengan tmn2ku.

bahkan tidak boleh ada kontak cow didalam hpku,mo kermah saudra pun tidak boleh,pergi keluar rmhpun harus izin darinya.

knp dia spti ini? Slma kenal dengan dia beratku turun 10kg,tekanan batin stres hadapin dia,aku mesti gmn?ortupun sudah pada nyerah hadapin dia.kadang kalo lagi baik dia merelakan smuany cuma untuk aku dan ankku,sikap protektif dan posesiv nya buat aku jenuh.

aku tidak boleh bekerja cuma karena takut aku bergaul dengn laki2 lain padahal tidak ad niat utk slgkuh dlm diriku,aku sgt brtrima ksh skli dia n kel nya bs trma aku n ankku drmhnya,utk ap aku pkr mcm2 lg? Aku sdh jlsin berulang x sm dia,tp ttp aj dia slu cr2 kslhan yg ga msk akal.yg ku lht ke2 ortunya pun rada stres n panik dlm hadapin dia aplg mamanya sdh gemeteran lht dia ngamuk,aku bs ikut2an gila kl spti ini trs..ign rsny bw dia ke psikiater tp dia psti akn mrh bsr,aku cm bs doa moga dia bs brubah,bahkan saat diajk smbygpun dia bs mencela Thn n agama.aku yakin ni bnr2 ad klainan,aku mesti gmn? Aku tkt perkembangan anku terganggu,sblm aku hml aku hrs berbuat ap menghadapi sikap suami seperti ini? Jujur dia pria yg giat kerja,utk kbutuhan CUKUP pas2an bgt,tp kdg juga dia sgt perhitungan skli dlm hal apapun,pas pcrn prnh mnta pts n dia mnta smua uang yg dikuarkan untukku dikembalikan!

Benar2 aneh aku pun tdk minta dibiayai olehnya,aku mo krjpun ga dksh..aku bs gila hadapin dia..aku mohon,aku bnr2 djln buntu,mlmnya marah2 sumpa serapah paginya bs memelukku lg pdhl ga ad kata maaf..moga ad jln keluar dari masalahku ini,entah kenpa nsbku spti ni cerai dari yang dulu juga karena kdrt, kenapa selalu ada kekerasan dlm hdpku,aku rela menjanda seumr hdp drpd harus derita menghadapi sikap suami ky gn, krn bgku ckp dgn membesarkan ankku aj, tidak lagi di pusingkan dengan menghadapi sikap suami seperti ini.

Jawaban

Menghadapi sikap suami – Hai Yuni, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik dan sehat ya.

Mengenai permasalahan ini, mungkin cukup rumit karena pasangan anda berperilaku seperti itu. Salah satu hal penting yang harus anda ingat adalah, anda tidak akan mampu merubah seseorang dan merubah situasi yang ada. Yang bisa anda lakukan adalah anda mampu beradaptasi dan menempatkan diri anda dengan baik di dalam situasi yang sedang anda alami.

Mungkin hal ini agak sulit dilakukan, namun yakinlah bahwa anda bisa melakukannya. Cobalah untuk menerima terlebih dahulu sikap dan perilaku suami anda, dan sadari bahwa sikap dan perilaku suami anda adalah hal yang tidak bisa atau sulit untuk dirubah. Selalu ingat, ketika kita tidak bisa merubah situasi dan merubah orang lain, maka hal yang bisa dirubah adalah diri kita sendiri. Bukan berarti kita menyerah dan mengalah pada situasi, namun paling tidak kita harus mampu untuk memahami situasi yang terjadi, dan menempatkan diri di dalam situasi tersebut.

Jadi, saran terbaik adalah cobalah untuk memulai dari diri anda sendiri, dan lihat hal apa yang bisa anda rubah dari diri anda. ketika anda mampu berubah dan beradaptasi dengan situasi, maka hal baik niscaya akan datang menghampiri anda.

Untuk permasalahan kekerasan yang anda terima, dari cerita tersebut jika memang kekerasan yang anda terima sudah tidak bisa ditolerir sebaiknya untuk melaporkan kepada pihakk yang berwajib, mengingat ranah tersebut memiliki unsur KDRT.