Perkembangan Usia Remaja Rasa Dewasa, apa penyebabnya?Usia remaja ”rasa dewasa” itulah fenomena yang terjadi zaman sekarang. Saat ini banyak ditemukan dalam perkembangan usia remaja yang bersikap layaknya orang dewasa, baik dari segi berpakaian atau penggunaan asesoris yang sebenarnya diperuntukkan bagi orang dewasa, , penggunaan riasan wajah yang tidak sesuai dengan umumnya, lagu-lagu yang dinyanyikan, serta gaya bertutur katanya. Baca juga karakteristik dan permasalahan psikologi remaja

Perkembangan Usia Remaja

Begitu cepat trend mode yang melekat di dalam dirinya.  Yang seharusnya belum pantas untuk dilakukan oleh remaja. Usia remaja ”rasa dewasa”, fenomena yang saat ini sedang terjadi. Lalu apa penyebab usia remaja rasa dewasa, mari kita bahas : Menurutnya, pemicu anak-anak tumbuh dewasa adalah karena mereka tidak lagi memikirkan hal-hal yang biasa dipikirkan anak-anak seumurannya. Sebaliknya, mereka justru memikirkan masalah orang dewasa.

  1. Teknologi dan industri kecantikan

Penyebab usia remaja rasa dewasa yang pertama ialah perkembangan pesat teknlogi dan industri kecantikan yang menjadi salah satu penyebab anak dewasa sebelum waktunya. Sekitar 90% orang tua mengaku khawatir terhadap kondisi ini. Hal ini terungkap melalui survei yang dilakukan di inggris.

  1. Lingkungan

Penyebab usia remaja rasa dewasa yang kedua ialah dari lingkungan. Lingkungan sangatlah berperan penting terhadap psikologis seseorang. Ketika berteman dengan lingkungan yang baik, maka sikap ataupun prilakun remaja tersebut akanbaik pula. Begitu sebaliknya, ketika remaja berteman dengan lingkungan yang buru, maka negatiflah yang di dapat.

  1. Sosial Media

Pengaruh sosial ataupun sosmed sebagai alat komunikasi merupakan sarana untuk menumbuhkan kepribadian seseorang menjadi dewasa. Terbukti dengan banyak remajay ang menganut paham bahwa penampilan akan menentukan kualitas sosial dalam lingkungan pertemanan.  Dan remaja menjadikan trend yang berasal dari media sosial sebagai panutannya. Akhirnya mengbaikan dengan positif dan negatifnya.

Di atas sudah di ulas tentang penyebab remaja rasa dewasa, dari penyebab yang terjadi pasti ada tips bagi orang tua untuk mengatasinya, berikut ulasanya :

  1. Menjadi Seperti Teman

Inilah kunci penting bagi anda para orang tua untuk dapat membangun komunikasi terhadap anak anda, sebagai pilar penting dalam mendidik anak remaja anda. Menjadi seorang “teman” bagi mereka yang mau mendengarkan apa saja tentang keluh kesah yang sedang di alami oleh mereka, dan saran untuk orang tua ialah sediakan waktu yang banyak untuk mereka.

  1. Menghindari marah jadilah tegas

Terkadang terdapat orang tua yang mengetahui sikap dan prilaku anaknya, langsung meluapkan amarahnya. Janganlah  emosi dalam memberikan nasehat. Karena marah dapat membuat rasa takut terhadap anak anda. Dan karena hal ini anak mencari solusi dari dunia lain, yang belum tentu mengarah pada solusi yang tepat melainkan malah memperkeruh situasi saja.

By: Nurus Syarifatul Ngaeni