Inilah Perbedaan Rendah Hati Dan Rendah Diri Yang Paling Mendasar

Inilah Perbedaan Rendah Hati Dan Rendah Diri Yang Paling Mendasar

October 17, 2016 Off By admin

Inilah Perbedaan Rendah Hati Dan Rendah Diri Yang Paling MendasarBanyak dari kita masih belum memahami perbedaan RENDAH HATI dan RENDAH DIRI. Meski sama-sama memakai kata awal RENDAH, namun pengertian keduanya sangatlah berbeda. Salah satu sikap yang menunjukan sifat positif seseorang ialah rendah hati.

Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri

Rendah hati menunjukan bahwa kita puas dengan diri kita, percaya dengan diri kita namun tidak menunjukan semua yang kita miliki. Sedangklan rendah diri menganggap bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan yang berarti, kurang menghargai diri sendiri karena merasa kurang mampu dalam sosial ataupun secara fisik. Untuk lebih jelasnya lagi berikut perbedaan rendah hati dan rendah diri:

  1. Perbedaan pertama dari rendah hati dan rendah diri

Rendah hati adalah suatu sikap dimana seseorang memiliki kelebihan atas kepemilikan materi, bakat atau kemampuannya namun tidak menonjolkannya di hadapan orang lain. Ini adalah kebalikan dari sikap sombong. Seseorang yang memiliki suatu kemampuan atau kelebihan, namun memamerkannya di depan umum dengan harapan mendapatkan pengakuan adalah suatu kesombongan.

Perbedaan yang paling mendasar adalah apakah seseorang itu senang memamerkannya atau tidak. Memamerkannya dengan niat untuk mendapatkan pujian dari orang lain adalah suatu sikap yang kurang baik. Sedangkan rendah diri adalah seseorang yang menganggap bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan apapun contohnya seperti tidak pintar dalam akademik, tidak menarik dalam segi fisik, dan tidak memiliki harta dalam segi materi. Sehingga lebih menutup diri dari lingkungan

  1. Sikap menerima kritikan dari si rendah hati dan si rendah diri

Seseorang yang rendah hati ketika ia mendapatkan kritikan ia akan menelaah kritikan tersebut dan menerima dengan senang hati, karena ia dapat memperbaiki kesalahan yang ia lakukan. Sedangkan seseorang yang rendah diri sangat sensitif terhadap kritikan, ketika ia di kritik ia akan lebih menyalahkan dirinya atas ketidak mampuannya tersebut dan semakin merasa kurang percaya diri.

  1. Kehidupan sosial si rendah hati dan si rendah diri

Seseorang yang memiliki sifat rendah hati memiliki kehidupan sosial yang baik, mereka mampu bersosialisasi dengan lingkungan ditempatnya maupun ketika ditempatkan dilungkungan yang baru, karena ia menganggap semua orang sama saja. ia pandai berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat. Sedangkan rendah diri adalah suatu sikap hilangnya kepercayaan diri yang menyebabkan seseorang tidak memiliki keberanian untuk berkomunikasi dan menutup diri dari kehidupan sosial.

Orang yg tidak percaya diri atau minder biasanya adalah seorang introvert. Mereka lebih suka menyendiri. Tidak suka melakukan kontak atau komunikasi dengan orang lain.

  1. Sikap menerima keadaan dari si rendah hati dan rendah diri

Seseorang yang rendah hati percaya bahwa dunia tidak akan berhutang. Sekalipun hal buruk terjadi bahwa akan ada kebahagiaan menanti. Karena orang yang rendah hati fokus pada apa yang bisa mereka berikan, bukan sekedar apa yang bisa mereka dapatkan. Sehingga mereka bahagia dengan apa yang mereka miliki.

Sedangkan seseorang yang rendah diri akan selalu menyalahkan faktor eksternal, misalnya nasib sial. Setiap kali ia mendapatkan masalah atau kegagalan ia tidak dapat menerima hal tersebut. Dan terkadang ia akan menuntuk bahwa dunia harus bertanggung jawab atas kegagalannya. Semoga bermanfaat… By: Nurus Syarifatul ‘Aini