Peran Komunitas Dalam Membantu Mencari Alternatif Pemecahan MasalahAlternatif Pemecahan Masalah – Terkadang, mencari alternatif pemecahan masalah membutuhkan banyak daya dan upaya yang sangat besar. Pasalnya, tidak semua masalah bisa diselesaikan semudah seperti membalikkan telapak tangan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mencari alternatif pemecahan masalah selain dengan berkonsultasi dan curhat dengan orang lain adalah masuk ke dalam suatu komunitas yang “senasib”.

Komunitas yang “senasib” ini biasanya dibangun atas dasar satu atau lebih situasi yang sama. Misalnya saja komunitas penderita penyakit tidak menular, atau komunitas remaja, dan komunitas sosial dan lain sebagainya. Komunitas biasanya terdiri atas sedikitnya  7 hingga 9 orang (minimal), dan memiliki satu tujuan yang sama, atau paling tidak memiliki visi yang sama.

Kesamaan visi tersebut yang membuat sebuah komunitas berdiri. Dan kekuatan visi untuk saling menjaga pun merupakan salah satu tolak ukur, eksistensi dari sebuah komunitas tertentu.

Misalnya saja komunitas remaja anti narkoba, komunitas ini akan menjembatani semua pemikiran remaja yang anti narkoba, ataupun yang ingin lepas dari jeratan narkoba. Lain lagi dengan komunitas lansia. Komunitas lansia akan menjembatani semua permasalahan yang berhubungan dengan lansia. Komunitas ini memiliki banyak sekali peran, yang efektif untuk mencari alternatif pemecahan masalah.

Alternatif Pemecahan Masalah dalam Sebuah Komunitas

Berikut ini adalah peran dan kelebihan dari adanya komunitas sebagai suatu wadah dalam alternatif pemecahan masalah:

  1. Anggota yang banyak, artinya banyak alternatif pemecahan masalah yang bisa dicari

Ya, komunitas tidak hanya terdiri dari 2-3 orang saja, namun minimal berisi 7-9 orang, bahkan bisa mencapai ratusan dan ribuan. Hal ini lah yang membuat anda akan memiliki banyak sekali penasihat dan tempat curhat, yang mana hal tersebut dapat memberikan banyak sekali pilihan solusi dan alternatif pemecahan masalah yang tepat untuk anda.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa, satu kepala mungkin akan terasa berat dalam memikirkan jalan keluar dari sebuah masalah, namun semakin banyak kepala akhirnya ide berdasarkan pengalaman yang dimiliki masing-masing kepala akan dapat di aplikasikan menjadi sebuah pemecahan masalah.

Semakin banyak share pengalaman dalam menghadapi masalah tertentu, akhirnya kita dapat mengambil pelajaran yang baik untuk di aplikasikan dalam kehidupan kita sehari – hari.

  1. Memiliki visi yang sama

Suatu komunitas pastinya memiliki visi yang sama. Itu artinya, masalah yang anda alami, 99% juga akan dialami oleh para anggota komunitas, hal ini dikarenakan komunitas tersebut memiliki visi yang sama. Contohnya saja, komunitas lansia. Pastinya masalah yang anda alami sebagai lansia, juga akan dialami oleh banyak anggota komunitas tersebut. inilah yang membuat sebuah komunitas menjadi salah satu wadah yang sangat efektif dalam membantu anda mencari alternatif pemecahan masalah.

Visi yang sama juga sangat bermanfaat dalam menumbuhkan rasa persaudaraan serta daya dukung antara satu individu dengan indivdu lainnya dalam komunitas tersebut. Saat rasa persaudaraan tersebut tumbuh, maka rasa saling merasakan senasib sepenangguan pun akan dirasakan. Berat sama di pikul ringan sama di jinjing. Toh juga bangsa indonesia ini lahrinya juga asal muasalnya di karenakan adanya rasa senasib dan sepenanggunan.

  1. Menghilangkan rasa “sendiri”

Banyak orang yang tidak berhasil menemukan alternatif pemecahan masalah karena merasa sendirian, dan tidak memiliki teman “senasib”. Dengan adanya suatu komunitas, maka anda akan merasa bahwa anda tidak sendirian, dan merasa bahwa banyak orang yang “senasib” dengan anda. Hal ini tentu saja akan menjadi suatu dorongan dan motivasi tersendiri bagi anda, supaya anda tidak merasa “sendirian” dalam menghadapi masalah anda.

Dorongan yang akan saling membantu, bahu membahu membuat setiap orang dalam komunitas merasakan rasa nyaman, dan menurunkan tingkat stress yang di alami.

Telah diketahui bahwasanya kesendirian ini tak sedikit membuat beberapa orang menjadi frustasi. Karena hakikat sebagai umat manusia sebagai makhluk sosial sangatlah lekat dalam diri kita. Dan dengan adanya orang – orang yang siap membantu kita, minimal kita merasakan adanya rasa aman dan nyaman karena kita memiliki teman dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

3 hal tersebut adalah peran dan kelebihan dari adanya suatu komunitas, terutama dalam mencari alternatif pemecahan masalah. Apabila anda memang merasa bahwa masalah yang anda alami sudah sangat mengganggu dan sulit untuk anda selesaikan, maka anda bisa mencoba untuk mencari informasi apakah ada komunitas yang paling tidak memiliki kesamaan dengan situasi anda. Misalnya saja anda mengalami masalah kekerasan dalam rumah tangga, anda bisa mencari komunitas pasutri, atau komunitas dari korban kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini akan efektif dan bermanfaat bagi anda, dalam mencari alternatif pemecahan masalah, daripada harus berjuang sendirian bukan?

Mencari komunitas dalam keseharian memang penting untuk dilakukan. Namun kita harus ingat dan menyadari bahwa tidak semua komunitas dapat menjadi alternative pemecahan masalah yang positif. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan mengenal komunitas mana yang akan kita masuki. Karena jika salah dalam memilih komunitas, maka harapan kita agar dapat mendapatkan pemecahan masalah secara baik dan bijak, namun justru di jerumuskan pada hal – hal yang tidak baik.

Ada beberapa hal yang dapat merugikan jika anda justru terjerumus ke dalam komunitas yang negative yaitu adalah;

  1. Hidup tidak akan tenang
  2. Selalu diliputi dengan kekhawatiran
  3. Merugikan dari sisi materil dan immateri
  4. Banyak mengalami permasalahan – permasalahan baru
  5. Dapat di tinggalkan sewaktu – waktu
  6. Cendrung mengajak ke arah yang negative dan merugikan bagi diri sendiri dan orang lain

Sebaik-baiknya teman adalah ia yang mampu menegurmu saat engkau salah, bukan teman yang selalu memujimu hingga cenderung melenakanmu.

Bagi anda yang menyukai bidang psikologi dan terapannya, maka anda dapat bergabung dengan komunitas dari psikologi mania dan psikologi indonesia. untuk beberapa grup diskusi anda dapat mengikuti grup sharing diskusi di Google+ yang kami miliki. Karena semakin banyaknya kebutuhan akan informasi psikologi dan beberapa problem yang di hadapi tentang permasalahan psikologi dapat kita diskusikan secara bersama.

Jangan lupa untuk mensubscribe alamat email anda, untuk mendapatkan informasi – informasi terpenting seputar dunia psikologi dan terapannya. Atau memfollow akun kami di twitter, maupun instagram. Semoga bermanfaat. Psikologi Mania