Penyebab Munculnya Krisis Percaya Diri Dan Cara MengatasinyaArtikel ini akan membahas tentang Penyebab munculnya krisis percaya diri. Apasih percaya diri itu? Percaya diri ialah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk melakukan suatu tindakan. Percaya diri sebenarnya ada di dalam diri setiap individu. Hanya saja berbeda tingkat atau kadar kepercayaan diri pada masing-masing individu.

Penyebab munculnya krisis percaya diri

Intinya yakin dan percaya pada kemampuan dan potensi yang kita miliki. Penting untuk menanamkan pikiran yang positif terhadap alam bawah sadar kita. Krisis percaya diri memiliki sebab, mengapa hal itu terjadi kepada sseorang. Banyak cara untuk meningkatkan diri dari krisis percayadiri, namun disini kan membahas tentang penyebab munculnya krisis percaya diri. Berikut ulasan tentang penyebab munculnya krisis percaya diri:

  1. Terbaikan

Penyebab munculnya krisis percaya diri yang pertama ialah anak yang terabaikan oleh kedua orang tuanya, alias kurang perhatian dan kasih sayang. Anak yang di abaikan ini saat mereka tumbuh dewasa akan menjadi acuh tak acuh dan kurang mempercayai orang lain.

  1. Selalu membandingkan

Penyebab munculnya krisis percaya diri yang kedua ialah, selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang terlihat menarik dan beruntung. Disini sangat penting menjadi orang yang bersyukur atas pencapaian yang kita miliki, bukan selalu merasa kurang dan melihat pencapaian orang lain yang lebih dari kita.

  1. Pencapaian

Masih berhubungan dengan penjelasan nomor dua, setiap individu memiliki pencapaian masing-masing. Bekerja adalah salah satu untuk mencapai kesuksesan, namun terdapat proses yang harus di lewati. Tidak mudah untuk mencapai kesuksesan, terkadang beberapa kali mengalami kegagal dan hal ini memicu timbulnya krisis prcaya diri.

  1. Penampilan dari segi fisik

Selanjutnya ialah penampilan. Memang penampilan yang rapih dan menarik akan meningkatkan rasa percaya diri  kita. Hal ini dapat membuat kita menjadi krisis percaya diri. Karena penampilan yang biasa saja, sedangnya rekan yang lainnya terlihat menarik.

  1. Tidak memiliki pekerjaan

Selanjutnya nomor lima ialah tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran dapat memicu munculnya krisis percaya diri. Seseorang yang tidak memiliki pekerjaan akan merasa putus asa dan rendah diri. Karena gagal memenuhi kebutuhan dirinya beserta keluarganya dengan usia yang sudah dewasa, lulus sebagai sarjana, pernah bekerja namun di pecat dan lain-lain. Karena malu dengan orang terdekatnya yang memiliki pekrjaan.

  1. Kekerasan

Selanjutnya penyebab munculnya krisisi percaya diri ialah kekerasan pada anak, prlakuan ini akan menimbulkan efek krisis percaya diri terhadap si anak. Karena perlakuan kasar yang di terimanya akan membekas sampai ia dewasa dan sulit untuk disembuhkan. Terlebih lagi jika terdapat bekas di tubuh atas perlakuan  kekerasan terhadap anak.

Cara yang dapat di lakukan untuk menanggulangi penyebab munculnya krisis percaya diri di atas yang pertama adalah memulainya dengan niat dan tekad. Karena segala sesuatu perubahan adanya di mulai dari kedua elemen tersebut.

Setelah anda mampu untuk memunculkan hal tersebut, cobalah untuk memulai melihat permasalahn dari berbagai sudut pandang, karena, adakalanya masalah yang datang adalah hal yang membuat kita berkembang, bukan sebaliknya sesuatu yang membuat diri anda jatuh dan tertekan. Latih kebiasaan diri untuk selalu berpikir positif, karena dengan berpikir positiflah, energi negative yang ada dalam diri hilang untuk di gantikan semangat dalam melakukan perubahan. Semoga bermanfaat… By: Nurus Syarifatul Aini | Baca juga artikel selanjutnya Cara Mengatasi Krisis Percaya Diri Dengan Langkah Tepat