Fakta Tentang Penyebab Munculnya Depresi Pada Diri ManusiaPENYEBAB MUNCULNYA DEPRESI . Depresi merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasa sangat tertekan, dan ditunjukkan dengan berbagai kemunculan gejala – gejala yang sifatnya negatif, mulai dari tidak merasa berharga, hingga adanya keinginan untuk melakukan bunuh diri alias suicide idea. Depresi ini bisa muncul pada siapa saja, dan kapan saja. Maka dari itu, anda pun harus berhati – hati, agar tidak sampai mengalami depresi.

Fakta Tentang Penyebab Munculnya Depresi Pada Diri Manusia

 

Apa yang menyebabkan kemunculan depresi?

Sebenarnya, apa saja sih yang bisa menyebabkan kemunculan depresi? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kemunculan depresi. Berikut ini adalah faktor – faktor yang bisa menyebabkan kemunculan depresi pada diri seseorang :

  1. Faktor biologis

Merupakan faktor alami yang bisa menyebabkan munculnya depresi. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sebenarnya depresi bisa disebabkan oleh masalah biologis, salah satunya adalah keturunan atau gen. Mereka yang memiliki cikal bakal keturunan depresif, akan lebih mudah untuk mengalami kemunculan gejala – gejala depresi.

Apabila diibaratkan sebagai jembatan, ketahanan mereka yang memiliki garis keturunan depresif sudah rapuh, sehingga mudah dan rentan mengalami masalah. Ketika jembatan tersebut dilalui oleh kendaraan dengan berat tertentu, maka akan lebih mudah rusak, dan bisa saja runtuh. Ketika mereka yang memiliki garis keturunan depresif mengalami suatu masalah, maka mereka akan lebih mudah dan juga lebih rentan mengalami kemunculan gejala depresif.

  1. Faktor psikologis

Selain faktor biologis, maslah psikologis sudah menjadi rahasia umum yang bisa menyebabkan kemunculan gejala depresi pada diri seseorang. masalah psikologis yang dianggap berat, akan menyebabkan seseorang merasa tertekan dan bisa berujung pada munculnya gejala depresi. Ada beberapa masalah psikologis yang bisa menjadi penyebab munculnya gejala depresi, antara lain adalah :

  • Stress, baik yang disebabkan oleh tekanan pekerjaan, tugas pendidikan, masalah rumah tangga, masalah sosial, dan sebagainya
  • Pikiran negatif yang muncul terhadap diri sendiri, self concept yang buruk, merasa tidak mampu, lemah, tidak berdaya, dan sebagainya
  • Terlalu berlebihan dalam menghadapi stress
  1. Masalah sosial budaya

Hal unik lainnya, yang ditemukan menjadi salah satu penyebab munculnya depresi adalah masalah sosial budaya. Tidak dapat dipungkiri, kondisi lingkungan sosial dan juga budaya banyak yang memberikan tekanan “lebih” pada diri seseorang. Misalnya saja seorang wanita yang seharusnya sudah menikah sebelum usia 30 tahun. Dalam beberapa kebudayaan, kondisi ini bisa menjadi masalah yang berat, dan tentu saja bisa menyebabkan depresi pada mereka yang mengalaminya.

Atau misalnya dalam lingkungan sosial tertentu, menikah dengan orang dari luar suku dan kebudayaan yang berbeda adalah salah dan juga tidak diperbolehkan. Hal ini sedikit banyak bisa memunculkan depresi.

Bukan bermaksud untuk mendiskreditkan kondisi sosial dan budaya tertentu, namun faktanya, memang kondisi sosial dan juga budaya bisa menjadi faktor yang menyebabkan munculnya gejala – gejala depresi pada diri seseorang.

Itulah 3 faktor penyebab munculnya depresi pada diri seseorang. Semoga dengan memahami faktor penyebab ini, anda bisa belajar banyak, dan bisa mencegah supaya anda tidak mengalami kemunculan gejala depresi.

By: Eduardus Pambudi