Berikut ini Adalah Proses-Proses dan Penyebab Lupa, dan Mencegah Supaya Kita Tidak LupaMencegah Supaya Kita Tidak Lupa. Lupa merupakan salah satu hal yang wajar dan lumrah dalam hidup kita. Nah, selain 3 penyebab mengapa kita bisa lupa pada post sebelumnya, yaitu Decay Theory, Interferensi, dan juga retrieval failure, maka ada dua faktor lainnya yang menjadi penyebab mengapa kita bisa lupa. Yuk dimak dua faktor lainnya :

Mengapa Kita Bisa Lupa

  1. Motivated Forgetting

Hal lainnya yang menyebabkan mengapa kita bisa lupa adalah motivated forgetting. Artinya adalah, kita bisa menjadi lupa karena kita menginginkannya. Keinginan ini sangatlah kuat, sehingga hal ini membuat kita, baik secara sadar maupun tidak sadar sangat termotivasi untuk melupakan sesuatu. Motivated forgetting ini bisa muncul karena berbagai macam hal, seperti misalnya emosi negatif (marah, kesal, kecewa), trauma masa lalu, ataupun hal lainnya yang menyebabkan kita sangat ingin untuk melupakan sesuatu. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  • Karena sangat kecewa dengan pasangannya, maka Dudi sangat termotivasi untuk melupakan segala kenangan akan pasangannya tersebut
  • Seseorang yang mengalami trauma setelah bencana alam, akan berjuang keras untuk melupakan situasi bencana alam yang membuatnya menjadi trauma
  1. Lupa karena faktor fisiologis

Jangan lupa, salah satu penyebab mengapa kita bisa lupa adalah karena faktor fisiologis. Berbeda dengan teori – teori sebelumnya yang mengatakan bahwa proses menjadi lupa adalah faktor kognitif dan juga faktor psikologis, maka pada faktor ini, fisiologis juga memiliki peran yang kuat dalam menyebabkan mengapa kita bisa lupa. Misalnya saja karena adanya kelainan fisiologis dan kimiawi pada otak, yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan mudah menjadi lupa, atau karena faktor usia yang memang wajar seseorang mengalami lupa akibat kondisi fisiologisnya yang sudah menurun.

Na, itu adalah faktor-faktor yang menyebabkan mengapa kita bisa lupa. Lalu, bagaimana sih supaya kita bisa mengingat sesuatu dan sebisa mungkin mengurangi kondisi lupa yang sering muncul pada diri kita? nah, ada banyak teori yang dikemukakan mengenai tips supaya tidak mudah lupa. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tidak mudah lupa, yang diambil dari berbagai teori dan juga sumber :

Mencegah Supaya Kita Tidak Lupa

  1. Melakukan proses pengulangan terhadap informasi

Banyak teori dan pendapat yang mengatakan bahwa kita tidak akan lupa apabila kita selalu melakukan pengulangan terhadap informasi tertentu. Misalnya saja, secara periodik, kita mengingat-ingat kembali mata kuliah yang sudah dipelajari, maka hal ini akan membaut anda lebih mudah untuk mengingat materi kuliah anda.

  1. Membuat konteks tertentu untuk informasi yang ingin diingat

Konteks adalah salah satu hal penting yang bisa anda terapkan untuk melatih ingatan anda. Dengan menghubungkan informasi dengan konteks tertentu, maka hal ini akan membuat anda menjadi lebih mudah untuk mengingat sesuatu. Contohnya adalah :

  • Anda lupa dengan materi kuliah yang sudah diajarkan. Maka anda bisa mencoba untuk menghubungkan materi kuliah tersebut, dengan sesuatu yang umum dan anda senangi. Hal ini akan membuat materi kuliah tersebut akan lebih mudah diingat, karena sudah dipasangkan dengan sesuatu yang anda senangi.

Nah, itu adalah dua cara mudah yang bisa anda lakukan supaya anda bisa Mencegah Supaya Kita Tidak Lupa. Semoga artikel mengenai mengapa kita bisa lupa dan cara mencegahnya ini bisa membantu anda dan menambah wawasan anda semua. By: Eduardus Pambudi