Kepribadian Yang Harus Dimiliki Sebagai Penunjang Prestasi Kerja

Kepribadian Yang Harus Dimiliki Sebagai Penunjang Prestasi Kerja

March 26, 2017 Off By admin

Kepribadian Yang Harus Dimiliki Sebagai Penunjang Prestasi KerjaPenunjang prestasi kerja – Pernahkah kamu melihat rekan kerjamu yang sukses dalam kariernya ? Seperti naik pangkat dalam waktu yang relatif singkat ? Naik jabatan lebih tinggi bahakan saat hanya dalam masa-masa awal kerjanya ?

Mungkin kamu sempat iri dan bertanya- tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Lalu bagaimana caranya agar bisa kita mampu berbuat seperti itu ?

Di daalam dunia pekerjaan, ada banyak sekali aspek yang di nilai dan juga dibutuhkan. Salah satunya adalah kepribadian. Perusahaan akan melihat kepribadian melalui tes grafis yang anda lakukan pada saat awal-awal anda melamar pekerjaan di kantor tempat anda bekerja. Beberapa hal yang diungkap dalam tes ini misalnya saja seperti kerja keras, ketahanan kerja, konsistensi, loyalotas, dan lain sebagainya.

Isu seperti ini memang sudah banyak berkembang di beberapa negara diberbagai belahan dunia. Misalnya saja di Asia, Eropa, Amerika, dan wilayah yang lainnya. Sebab peningkatan karir karyawan yang ada dalam perusahaan bukan hanya menguntungkan bagi dirinya saja, namun juga menyangkut keuntungan dari perusahaan. Pertanyaaan yang perlu dijawab saat ini adalah, kepribadian seperti apakah yang diperlukan dalam dunia pekerjaan ? Simak ulasan berikut :

Kepribadian Penunjang Prestasi Kerja

  1. Psikologis yang selalu positif

Kepribadian Penunjang Prestasi kerja yang pertama adalah memiliki sikap psikologis yang selalu positif. Karyawan yang selalu berkembang dalam dunia pekerjaannya, pasti memiliki kepribadian positif dalam hidupnya. Karena ia mampu melihat masa depannya agar lebih baik. Selain itu, jenis karyawan yang semacam ini bukan hanya bekerja untuk dirinya, tetapi bekerja untuk orang lain. Sehingga hasil kerjaanya memang benar – benar mementingkan kualitas dari pada kuantitas.

  1. Pengalaman kerja yang banyak

Penunjang prestasi kerja yang kedua adalah pengalaman kerja. Seseorang yang memiliki karir kerja yang baik, pasti ia adalah orang yang memiliki banyak pengalaman. Sehingga ia tahu bagaimana cara mengatasi beban kerja yang diberikan. Pengalaman kerja yang dimiliki bukan hanya satu atau dua saja. Tetapi sudah banyak dan memilkiki pandangan yang baik di setiap pekerjaan yang ia lakukan.

  1. Performa kerja yang tinggi

Karyawan yang disukai oleh bos adalah mereka yang mampu menunjukkan performa kerja tinggi dengan progress yang meningkat di setiap harinya. Hasil pekerjaanya selalu berada di atas rata-rata orang yang mengerjakannya. Apabila orang lain/ rekan kerja anda mampu mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus, tetapi anda bisa mengerjakan 4 sampai 5 pekerjaan sekaligus dengan hasil yang baik, tentu hal tersbut adalah salah satu penunjang prestasi kerja yang akan membuat karir anda meningkat.

  1. Ahli dibidang yang digelutinya

Selain itu, anda dituntut untuk menguasai bidang yang diperlukan dalam pekerjaan. Bos tidak akan menuntut anda menjadi seorang yang pandai dan memiliki inteligensi sangat tinggi. Akan tetapi bos anda membutuhkan karyawan yang memiliki inteligensi diatas rata-rata dan ahli dibidang yang diperlukan dalam spesifikasi pekerjaan yang digelutinya.

  1. Bisa berkomunikasi dengan baik

Kunci utama yang paling mumpuni untuk menjalin kedekatan dengan orang lain di kantor adalah mampu untuk berkomunikasi dengan baik. Bukan hanya sekedar “bisa” berbahasa dengan baik saja, akan tetapi juga ia mampu dalam bertutur kata dengan baik. Misal berlaku sopan, tidak berbicara dengan nada tinggi, menjaga kesantunan, dan hubungan baik dengan orang lain. Komunikasi akan membantu anda mendapatkan banyak link dan channel relasi baru.

  1. Memiliki organizational sponshorship

Bos atau atasan anda lebih menyukai karyawan yang pandai bergaul. Bahkan memberi nilai lebih jika anda memiliki banyak kenalan orang-orang penting, seperti pejabat atau pegawai penting di perusahaan. Sebab nama anda lebih banyak dikenal oleh orang lain. Kala ada lowongan di departemen pekerjaan yang lebih  tinggi dari posisi anda, kemungkinan besar andalah yang memiliki peluang paling besar untuk dipromosikan daripada teman-teman anda.

  1. Loyalitas Tinggi

Sehebat apapun anda, se-jenius apapun anda, tidak akan berarti apa-apa di dalam perusahaan jika anda tidak memiliki loyalitas yang tinggi. Banyak orang yang cerdas, pintar, namun tak semua orang yang memiliki loyalitas tinggi. Dalam kondisi apapun loyalitas hampir sama dengan kepercayaan yang adanya harus di tumbuhkan dan dijaga.

Ketujuh sikap di atas adalah kepribadian yang harus anda miliki sebagai penunjang prestasi kerja. Anda ingin sukses, maka terapkanlah ke 7 sikap dan etos kerja di atas. By: Izzatur Rosyida

Artikel berjudul “Kepribadian Yang Harus Dimiliki Sebagai Penunjang Prestasi Kerja” ini telah di edit kembali oleh Muhamad Fadhol Tamimy, agar sesuai dengan standard Psikologi Mania