Pentingnya Peer Relation Pada Anak – Anak Dan RemajaPentingnya Peer Relation Pada Anak – Anak Dan Remaja. Peer relation, atau hubungan pertemanan merupakan salah satu hal yang penting, bahkan bisa dibilang wajib ada ketika menginjak masa remaja ataupun anak – anak.  Peer biasanya mengacu pada teman sepermainan, dimana anak – anak atau para remaja ini, biasanya sering kali berkumpul dan bermain bersama. Peers ini bisa ditemukan dimana saja, dan biasanya ditemukan sendiri oleh anak – anak ataupun remaja. Peers banyak muncul di lingkungan tempat tinggal, dan juga sekolah. Ada banyak sekali hal yang membuat peers menjadi begitu penting bagi anak – anak dan juga remaja. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat peer relationship alias peers ini menjadi penting bagi anak – anak dan juga remaja.

Membantu Pencarian Identitas Pada Remaja

Hal pertama yang membuat peers menjadi penting, apalagi bagi remaja adalah karena peers dapat membantu remaja dalam mencari identitas. Identitas merupakan salah satu hal yang penting dicari pada masa remaja, karena akan berpengaruh pada masa dewasa kelak. Nah, bagi remaja, peers ini sangat penting, karena peers dapat membantu remaja mencari identitas. Misalnya saja dengan saling berbagi hobi. Dengan begitu, remaja dapat mengembangkan identitasnya dengan semakin baik lagi.

Melatih Sosial Skills

Social skills juga merupakan salah satu hal yang penting bagi siapa saja. Nah, bagi anak – anak dan juga remaja, salah satu cara yang sangat efektif untuk membangun social skills adalah bergaul dengan peers. Apabila pergaulan dengan peers berjalan dengan baik, maka hal ini akan membuat anak – anak dan juga remaja bisa membangun social skills yang lebih baik lagi, karena akan lebih sering berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, peers juga membantu anak anak dan remaja melakukan problem solving, dan juga menambah relasi mereka menjadi lebih luas.

Sebagai Tempat Bercerita Selain Orangtua

Orangtua memang merupakan salah satu tempat bercerita, begitu juga keluarga. Namun demikian, ada kalanya beberapa hal memang sulit untuk diceritakan ke orangtua. Karena itu, anak – anak dan remaja juga membutuhkan tempat lain untuk bercerita. Peers adalah salah satu tempat bercerita yang paling efektif. Usia yang relatif sama, persoalan yang juga kurang lebih sama , akan membuat anak – anak dan juga remaja menjadi lebih lepas menceritakan masalah dan juga persoalannya ke peers mereka, tanpa harus malu, seperti ketika mereka akan bercerita ke orangtua mereka.

Membuat Anak – Anak Dan Remaja Tidak Bergantung 100% Dengan Orangtuanya

Anak anak dan remaja tentu saja tidak bisa 100% bergantung dengan orangtuanya bukan? Hal ini tentu saja akan membuat si anak menjadi kurang bisa mandiri. Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan supaya si anak dan remaja ini tidak bergantung 100% dengan orangtua mereka adalah dengan peers ini. Dengan seringnya anak – anak dan juga remaja bergaul dan berteman dengan peers mereka, maka hal ini akan membuat mereka bisa lebih mandiri dan juga tidak 100% bergantung pada orangtua mereka. Namun demikian, orangtua haruslah tetap memberikan pengawasan yang optimal terhadap anak – anak mereka, sehingga anak – anak tetap bisa mendapatkan teman sepermainan yang positif.

Nah, itu adalah beberapa hal yang membuat mengapa peer relation menjadi penting pada anak – anak dan remaja. Ingat, anda tidak boleh membatasi pergaulan dari anak – anak anda, namun juga tidak boleh melepas pergaulan anak – anak anda begitu saja. Karena, suka atau tidak suka, peers merupakan salah satu bagian penting dalam perkembangan anak – anak dan juga remaja.

By: Eduardus Pambudi