Pentingnya Menyibukan Diri Dengan Kegiatan Bermanfaat Untuk Para Remaja

Membicarakan fase perkembangan di masa remaja mungkin akan selalu menarik untuk di perbincangkan. Mengapa demikian? Karena memang dalam dinamika kehidupan remaja memiliki sisi variatif dan cenderung tidak stabil, bergejolak, dan juga penuh dengan tantangan dalam kehidupannya. Dengan kondisi seperti itulah, maka penting sekali para orang tua maupun pendidik memahami beberapa pendekatan untuk mengarahkan remaja ke perkembangan yang sesuai dengan harapan dan keberadapan.

Tentunya selain dengan memberikan sebuah pendidikan dan pembelajaran di sekolahnya, remaja pun penting sekali untuk di arahkan pada kesibukan yang memiliki nilai manfaat di lingkungannya. Karena dengan kesibukan yang bermanfaat itulah remaja memiliki sebuah benteng yang representative untuk menolak segala pengaruh kemajuan zaman saat ini yang cenderung under filter.

Beberapa hal tersebut selain berguna untuk mengisi masa muda yang cenderung berapi-api seperti ujar bang haji Rhoma Irama, namun di sisi lain kegiatan yang bermanfaat tersebut memiliki fungsi dalam membentuk sikap dan karakter positif dan kondusif bagi remaja itu sendiri.

Kegiatan social, olahraga, kegiatan ilmiah dan keagamaann menjadi salah salah satu kegiatan yang dapat di maksimalkan keberadaannya. Kontrol yang paling penting dari keluarga dan lingkungan bukanlah sebuah pengekangan, akan tetapi sebuah dorongan dan motivasi secara positif agar nantinya remaja tak merasa terkekang namun ia dapat merasakan diperhatikan.

Kegiatan olahraga sangat positif bagi remaja untuk mengalihkan tingginya produksi hormon pada kegiatan fisik dan rekreatif, serta hal tersebut dapat pula mengurangi waktu dan juga fikiran remaja agar tak terinduksi kedalam kegiatan dan fikiran negatif. Bahkan olahraga diketahui secara sistematis dapat merangsang otak pada perilaku yang cenderung positif, seperti sikap fairplay, sportif, kerjasama dan juga nilai-nilai kemanusiaan lainnya.

Kegiatan social keagamaan penting pula untuk ditingkatkan. Kegiatan social akan sangat bermanfaat dalam menumbuhkan sikap empati dan kepedulian social pada sesama dan juga lingkungan dengan tumbuhnya cinta pada kelestarian alam/bumi, semangat patriotisme dan cinta tanah air. Sikap religious yang di pupuk sedini mungkin pun penting guna membentengi para remaja secara moral pada perilaku perilaku negative yang merupakan nilai dari diri pribadi (value of interest) dari dirinya sendiri agar menjauhi perbuatan-perbuatan amoral dan juga tercela.

Dengan melakukan hal seperti di atas secara tetap dan konsisten, maka harapanya generasi bangsa kedepan, melalui remaja dapat memenuhi harapan bangsa kedepan, seperti pada cita-cita yang telah di tetapkan presiden Republik Indonesia “Revolusi Mental”

By: Muhamad Fadhol Tamimy