Pentingnya Ilmu Psikologi Dalam Kehidupan Ilmu psikologi saat ini menjadi salah satu ilmu yang telah di perhitungkan dalam kancah ilmu pengetahuan. Ia mungkin bukanlah ilmu murni layaknya Matematika, maupun filsafat. Namun ilmu psikologi memiliki sebuah keilmuan yang mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kontribusi ilmu psikologi dirasakan dalam berbagai lini, mulai dari dunia ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, hingga sosial kemasyarakatan. Dalam dunia ketenagakerjaan akan kita temukan ilmu ini di aplikasikan untuk menjaga motivasi, penilaian performa, efektifitas kebijakan terhadap motivasi karyawan dan lain sebagainya.

Dalam dunia pendidikan ilmu psikologi ini kerap digunakan untuk merancang sebuah gaya pembelajaran yang memudahkan murid untuk menjaga antusias, hingga pemilihan jurusan yang tepat untuk masa depan siswanya. Di dunia kesehatan pun, ilmu psikologi tak mampu di remehkan sebelah mata. Diketahui bahwa beberapa penyakit yang tak dapat ditangani secara medis seperti penyakit kejiwaan, akan dapat terbantukan dengan adanya ilmu psikologi melalui tangan para psikolog.

Mungkin dahulu ilmu psikologi hanya di anggap sebagai ilmu kasta kedua, terlebih jurusan yang masuk ke dalam ilmu-ilmu sosial yang tak setenar ilmu pengetahuan alam dengan corong ketenarannya yang diwakili oleh jurusan Kedokteran.

Namun dengan maraknya kejadian yang tak mampu di tangani oleh jurusan medis seperti kedokteran dalam mengungkap kasus-kasus gangguan mental, pada akhirnya jurusan psikologi pun secara perlahan merangsek ke jajaran jurusan top yang di favoritkan dalam setiap perhelatan tes penerimaan mahasiswa baru, yang memang menyediakan jurusan psikologi di dalamnya.

Peran media televisi pun sangat penting dalam mendongkrak kepopuleran jurusan psikologi, yang mana banyak sekali para psikolog yang di mintai pendapat maupun komentar di setiap kasus fenomena yang baru saja nge-hits.

Pentingnya ilmu psikologi pada akhirnya akan semakin lengkap manakala, keilmuan tersebut di barengi dengan nilai-nilai agama dalam melakukan pendidikan moral anak bangsa. Sehingga kasus-kasus yang tak lazim terjadi saat ini mampu ditekan pertumbuhannya. Melakukan pembinaan dan cita-cita bangsa seperti “mega proyek” revolusi mental yang tak akan sempurna, jika tak menggunakan teknik-teknik psikologi di dalamnya. Karena dasar dari revolusi mental adalah perubahan mental dalam diri manusia itu sendiri. Dan psikologi adalah serangkaian alat untuk membuak rahasia manusianya itu sendiri. Yuk mewarnai kehidupan dengan psikologi. By: Muhamad Fadhol Tamimy