Dalam hidup setiap orang, masa anak-anak adalah masa dimana mereka dapat menikmati hidup tanpa harus memikirkan banyak hal. Bermain dan bersenang-senang bersama keluarga atau teman sebaya adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Namun sepertinya opini ini hanya berlaku untuk anak-anak yang lahir di tahun 90-an. Anda tahu alasannya? Yups, karena anak-anak di tahun 2000-an sangat akrab dengan benda yang bernama gadget.

Pentingkah Gadget untuk Anak Anda?
Asik Bermain Gadget

Anak-anak zaman sekarang memiliki perbedaan signifikan dengan anak-anak era sebelum tahun 2000. Dimana dulu anak-anak dapat bebas bermain di halaman, berjibaku dengan tanah dan air. Namun kini hampir setiap anak sibuk dengan gadget di tangannya. Apakah Anda menyadarinya? Atau mungkin putra-putri Anda sendiri memang saat ini sudah bermain gadget setiap harinya?

Jika menilik tentang perkembangan teknologi saat ini tentu Anda sebagai orang tua menganggap wajar tentang kebutuhan anak untuk bermain gadget. Tapi benarkah anak-anak Anda membutuhkan gadget? Jawabannya bisa iya dan tidak jika dipandang dari sudut pandang yang berbeda. Mungkin awalnya Anda menganggap anak-anak Anda membutuhkan perangkat ini karena Anda yang berperan sebagai orang tua tidak dapat menemani mereka setiap harinya. Jadi menurut Anda, mereka membutuhkan perangkat ini untuk tetap bisa berkomunikasi dengan Anda saat Anda bekerja atau jauh dari mereka.

Melihat dari sudut pandang tersebut terlihat bahwa penggunaan alat ini memang bermanfaat bagi buah hati Anda. namun jika dilihat dari sudut pandang lain dimana banyak sekali para orang tua yang mencoba menggantikan peran mereka untuk buah hatinya. Bayangkan saja anak-anak zaman sekarang bermain, belajar dan melakukan segala aktivitasnya bersama gadget. Hal ini teus menerus dilakukan berulang-ulang hingga akhirnya anak-anak tersebut merasa lebih nyaman bersama gadgetnya dibandingkan dengan orang tuanya sendiri.

Belum lagi tren yang mulai muncul sejak gadget akrab di kehidupan anak-anak yaitu banyak anak yang menjadi anti-sosial. Dimana mereka lebih nyaman berkutat dengan gadget setiap hari dibandingkan bermain dengan teman sebaya atau sekedar menghabiskan waktu bersama saudara dan keluarganya. Bahkan yang lebih parah adalah ketika sebuah keluarga berkumpul namun semua anggota keluarga sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Tidak ada lagi kehangatan, kepedulian dan juga kasih sayang di perlihatkan meskipun berada di ruangan yang sama.

Jika dilihat dari sudut pandang ini tentu terlihat bahwa perangkat canggih ini pada akhirnya akan membawa dampak yang tidak baik untuk anak-anak Anda. Lalu apakah anak-anak tidak boleh memiliki perangkat canggih ini? Iya, sebisa mungkin jauhkan anak-anak Anda dari benda digital satu ini. jika memang perangkat ini menurut Anda sangat diperlukan mereka, maka buat aturan pasti dimana dalam satu minggu misalnya “no gadget in weekend”. Sebagai gantinya manfaatkan weekend Anda untuk quality time bersama keluarga dan buah hati By: Mirza Miranti