Pengertian Kepemimpinan. Apa Itu Arti Kepemimpinan?Artikel psikologi kali ini akan membahas sedikit mengenai pengertian kepemimpinan. Mungkin anda sering mendengar istilah kepemimpinan, namun kurang paham dengan arti kepemimpinan. Sebenarnya pengertian kepemimpinan itu seperti apa, dan bagaimana pengaruhnya sebuah kepemimpinan terhadap kelangsungan suatu organisasi atau perusahaan?

Pengertian Kepemimpinan

Ada banyak definisi mengenai pengertian kepemimpinan. Misalnya saja Kartono (2008) yang mengatakan bahwa kepemimpinan adalah sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian yang membedakan seorang pemimpin dalam berinteraksi dengan orang lain. Tokoh lainnya, Thoha (2010) juga mengatakan tentang definisi dari gaya kepemimpinan, dimana gaya kepemimpinan adalah norma prilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat orang tersebut mencoba mempengaruhi prilaku orang lain atau bawahan.

Robbins (2003) juga memberikan pengertian kepemimpinan dalam organisasi, yaitu merupakan kemampuan mempengaruhi suatu kelompok kearah pencapaian tujuan. Jadi, secara umum dapat kita simpulkan bahwa kepemimpinan adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memimpin bawahannya dalam rangka mensukseskan tujuan organisasi.

Kepemimpinan Yang Tepat = Kesuksesan Dari Sebuah Organisasi

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kepemimpinan yang baik dan juga tepat merupakan salah satu kunci sukses dari sebuah organisasi. Meskipun demikian, kepemimpinan dalam organisasi tidaklah bersifat mutlak, karena kesuksesan dari sebuah organisasi disebabkan oleh berbagai macam faktor (multi factorial).

Namun demikian, gaya kepemimpinan seorang leader atau pemimpin memang sanggup untuk memberikan warna tersendiri bagi sebuah organisasi, seperti misalnya perusahaan ataupun kantor. Karena itu, mencari seorang pemimpin adalah hal yang susah-susah gampang bagi sebuah organisasi dan perusahaan.

Tidak semua gaya kepemimpinan cocok diterapkan di dalam budaya organisasi tertentu. Jadi, untuk mencari pemimpin atau leader yang tepat, sebuah organisasi harus mampu menganalisa dan melihat apakah gaya kepemimpinan seseorang memang cocok diterapkan di dalam budaya organisasi yang mereka anut.

Hal ini terlihat dari berbagai macam kasus, dimana banyak perusahaan dan organisasi sukses ketika ditangani oleh satu leader, namun ketika pemimpin organisasi mengundurkan diri, dan diganti dengan orang lain, tidak jarang organisasi tersebut menjadi kurang bagus secara keseluruhan.Hal ini cukup membuktikan bahwa gaya kepemimpinan seseorang tidak selalu cocok diterapkan di dalam budaya organisasi yang sama.

Beberapa Tipe Pemimpin Berdasarkan Gaya Kepemimpinannya

Ada banyak sekali teori psikologi mengenai gaya kepemimpinan. Namun demikian secara umum, terdapat beberapa gaya pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi. Berikut ini adalah beberapa tipe atau gaya pemimpin dalam memimpin sebuah organisasi: Baca juga tipe Gaya Kepemimpinan Transformasional

  1. Gaya persuasif

Merupakan gaya pemimpin, dimana pemimpin banyak menggunakan pendekatan yang persuasif dan mengubah perasaan serta pandangan para bawahannya. Pemimpin dengan gaya persuasif ini sering menggunakan rayuan dan juga bujukan untuk memimpin organisasi.

  1. Gaya represif

Represif merupakan gaya pemimpin yang memberikan tekanan-tekanan kepada bawahannya. Hal ini banyak menimbulkan ketakutan pada bawahan, dan seringkali tidak cocok diterapkan pada budaya organisasi tertentu.

  1. Gaya Partisipatif

Merupakan gaya pemimpin, dimana pemimpin memberikan kesempatan yang besar kepada para bawahannya untuk berperan aktif dalam perusahaan dan organisasi dalam berbagai cara. Pemimpin seperti ini akan lebih mudah untuk mendapatkan hati karyawan atau bawahan, karena sangat terbuka dan mau melibatkan bawahan secara aktif.

  1. Gaya inovatif

Berikutnya, pemimpin dengan gaya inovatif merupakan pemimpin yang memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan usaha pembaruan di segala bidang dan aspek organisasi. Leader seperti ini adalah leader yang penuh dengan ide-ide dan memiliki pandangan atau visi yang kuat tertanam di dalam dirinya.

Nah, itu adalah artikel kepemimpinan singkat mengenai pengertian kepemimpinan dan juga sedikit gambaran mengenai tipe-tipe pemimpin dalam memimpin suatu organisasi. By: Eduardus Pambudi