Pengaruh Video Game Pada Perkembangan AnakPengaruh Video Game  – Hiburan yang bernama game memang merupakan salah satu hiburan yang di sukai oleh setiap kalangan. Ga besar maupun kecil, ga tua ataupun muda semua sepakat menempatkan game pada kesenangan dalam melepas penat. Bahkan bagi sebagian orang, bermain game khususnya video game merupakan tempat pelarian ampuh dari stress yang di alami. Tak sedikit pula mereka yang justru menjadi kecanduan dan akan mengalami kekhawatiran yang tak irrasional ketika tidak bermain game.

Namun disamping memiliki dampak yang buruk tentu bermain game juga memiliki dampak yang baik pula, dengan catatan adanya pengawasan tertentu dan sesuai dengan takaran yang pas. Bagi anak-anak pun begitu pula, bermain video game akan membawa dampak pula bagi perkembangannya, baik itu dampak positif maupun dampak yang negative.

Berikut ini telah penulis rangkum, dampak pengaruh video game pada perkembangan anak.

Dampak Positif

  1. Melatih Kemampuan Bahasa

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Pada Video game, anak haruslah memahami beberapa penjelasan mengenai tantangan ataupun peraturan di dalam permainan. Hal ini adalah metode yang cukup menyenangkan bagi anak untuk melatih bahasa. Beberapa bahasa asing yang ada pun pada akhirnya memacu anak untuk mencari makna dan arti yang sebenarnya. Sehingga dengan begitu beberapa kosakata pun semakin berkembang dam bertambah pada anak.

  1. Melatih Logika

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Saat bermain video game, kita harus memahami beberapa strategi dan cara untuk melewati setiap tantangan di dalam game. Cara inilah yang membantu anak untuk melatih diri menggunakan logikanya yang sedang dalam perkembangan. Dengan mengasah logikanya, anak akan mudah mengatasi problem strategi di dalam game untuk di pecahkan. Jika dituntun dan di berikan pengarahan oleh orang dewasa dengan baik, maka hal ini menjadi peluang emas untuk melatihnya di dalam kehidupan nyata.

  1. Merangsang Imajinasi

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Animasi di dalam video game yang menarik dan juga bervariasi mampu untuk meningkatkan imajinasi visual anak. Hal inilah yang dapat menambah kekeratifitasan anak. Terlebih lagi keadaan anak dalam masa perkembangan, akan sangat mudah untuk di kondisikan dan di bentuk kekreatifitasannya. Namun tentu hal ini haruslah mendapatkan bimbingan yang ketat bagi orang dewasa atau orang tua terhadap anaknnya.

  1. Melatih Fokus

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Seseorang yang sedang bermain video game, tentunya harus selalu fokus dalam permainan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk melatih anak agar ia selalu fokus di dalam mengerjakan sesuatu. Mengaitkannya dengan beberapa tugas di dalam kehidupan sehari.

  1. Melatih Gerak Refleks

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Beberapa jenis video game yang membutuhkan reflex yang cepat seperti game sport, action, dan lainnya. Jenis game tersebut bermanfaat untuk dapat melatih koordinasi antara mata dengan gerakan tangan serta melatih reflex si anak. Akan tetapi jika bermain game tak di batasi dengan baik, dapat menyebabkan masalah pada persendian anak. karena gerakan tersebut dilakukan berulang-ulang.

  1. Melatih Kerjasama

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Berlaku untuk jenis video game yang dapat dimainkan berdua ataupun lebih dengan teman. Dengan meningkatkan kerjasama pada game maka hal tersebut akan berdampak pula pada kehidupan nyata, terutama untuk mengurangi sifat egois pada diri anak.

  1. Melatih Otak

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Bermain video game juga dapat membuat otak untuk bekerja lebih keras saat bermain, hal tersebut dikarenakan saat bermain dibutuhkan sebuah strategi dan juga formasi memori yang jitu untuk memenangkan sebuah permainan. Dengan begitu secara langsung ia memiliki fungsi pula dalam melatih kemampuann moterik anak

  1. Menyebabkan Kecanduan

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Pengaruh Video Game  selanjutnya adalah menyebabkan kecanduan. Sisi negatif daripada bermain video games yaitu dapat menyebabkan kecanduan apabila dimainkan secara berlebihan. Oleh sebab itulah batasilah anak anda dalam bermain game, agar mereka tak melupakan pula aktifitas di kehidupan nyata. Jika bermain game dengan sosialisasi di dunia nyata dilakukan secara berimbang maka tak menjadi masalah.

  1. Kurangnya Pergaulan

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Apabila video game dimainkan tanpa mengenal waktu dapat membawa dampak yang buruk dari segi sosialnya. Ia akan lupa bahwa dunia pun tak sekedar dalam game semata, melainkan ada dunia nyata yang memang menjadi dunianya.Tanpa mengenal waktu anak akan lupa dengan dunia nyata. Akibatnya ia kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya dan tidak mengenal lingkungan sekitar.

  1. Perubahan Perilaku

Pengaruh Video Game Pada Perkembangan Anak

Game yang mengundang unsur kekerasan dapat memicu perubahan pada sikap anak. Anak akan menjadi lebih agresif dengan menirukan aksi yang terdapat pada video game tersebut. Sebaiknya orang tua atau orang dewasa untuk selalu mengawasi buah hatinya ketika bermain video game. By: Muhamd Fadhol Tamimy