Penerapan Ilmu Psikologi dalam Kehidupan Sehari-HariBanyak yang merasa asing dengan ilmu psikologi, dan tidak mengetahui sebenarnya apa itu psikologi. Namun demikian, secara tidak sadar, ilmu psikologi diterapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak yang mungkin belum mengetahui dan menyadari bahwa sebenarnya kehidupan kita sehari-hari, apa yang kita lakukan tidak lepas dari penerapan ilmu psikologi.

Psikologi adalah salah satu disiplin ilmu yang sangat erat kaitannya dengan perilaku manusia. Karena itulah psikologi banyak ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa penerapan dari ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Pola asuh orangtua

Mungkin sudah banyak yang menyadari bahwa pola asuh orangtua adalah bagian dari penerapan ilmu psikologi. Bagaimana memperlakukan anak, bagaimana harus bersikap di hadapan anak, dan bagaimana cara mendidik anak dengan baik adalah sebagian kecil dari penerapan ilmu psikologi di dalam keluarga, terutama dalam hal pola asuh.

Pola asuh memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan psikologi anak-anak, dan juga perkembangan mental anak-anak. Dengan pola asuh yang tepat, maka anak-anak dapat berkembang secara optimal

  1. Desain produk

Pernahkah anda mempertanyakan mengapa sebuah produk memiliki ciri-ciri khusus, seperti misalnya warna yang menarik, dan sebagainya? Atau bagaimana sebuah kemasan produk memiliki desain tertentu?

Hal ini berkaitan erat dengan salah satu terapan dari ilmu psikologi, desain, dan juga ergonomi. Pembuatan desain dari sebuah produk sudah melewati berbagai perhitungan yang matang, sehingga membuat konsumen secara psikologis tertarik dengan produk tersebut. Itulah sebabnya ada saja produk yang mungkin tidak berkualitas, namun tetap banyak pembeli karena memiliki desain produk yang menarik.

  1. Sikap dan Perilaku Sehari-hari

Hal lainnya yang merupakan penerapan dari ilmu psikologi di dalam kehidupan sehari-hari adalah sikap dan perilaku, termasuk juga kepribadian, watak dan juga kondisi emosi seseorang.

Semua hal tersebut adalah bagian dari penerapan ilmu psikologi di dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak anda sadari. Misalnya, ketika anda bertemu dengan orang yang tidak anda sukai, secara otomatis anda akan menunjukkan sikap tidak senang. Atau ketika anda sedang marah, anda akan menunjukkan perilaku merusak dan terus mengomel. Secara tidak sadar, itu semua adalah penerapan psikologi di dalam kehidupan anda

  1. Persepsi

Apa yang anda pikirkan ketika anda melihat orang dengan setelan jas lengkap, dan juga rapi? Pasti anda langsung berpikir bahwa orang tersebut adalah orang yang kaya, pintar, hebat, pejabat, dan sebagainya. Inilah yang disebut dengan persepsi.  Secara tidak langsung, mereka yang menggunakan setelan jas yang rapi akan dianggap tinggi derajatnya, dan dianggap sebagai orang yang dipercaya. Persepsi inilah yang mendasari mengapa banyak orang sangat memperhatikan penampilan mereka.

Nah, itu adalah sedikit dari penerapan ilmu psikologi di dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, psikologi adalah sebuah ilmu yang memang selalu ada di dalam berbagai aktivitas manusia. Karena itu, mempelajari psikologi, meskipun hanya sedikit adalah suatu hal yang sangat penting, karena menyangkut perilaku dan kehidupan kita sehari-hari. By: Muhamad Fadhol Tamimy