Pendekatan Di dalam Ilmu Psikologi SosialPendekatan Di dalam Ilmu Psikologi Sosial – Psikologi adalah sebuah ilmu yang memiliki pendekatan-pendekatan empiris, sama seperti halnya dengan cabang ilmu pengetahuan lainnya. Ilmu psikologi ini telah memenuhi beberapa kriteria agar dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu pengetahuan. Beberapa hal tersebut yaitu :

  • Memiliki Obyektivitas: Artinya bahwa psikologi ini bebas dari kajian yang memiliki sifat bias.
  • Akurasi: Kajian Psikologi memiliki sifat yang bebas dari pada kesalahan. Memiliki ketelitian dan ketepatan dalam setiap kajian ilmunya
  • Skeptisme: skeptisme merupakan sifat yang hanya dapat menerima apabila penemuan dalam kajian psikologi tersebut telah dilakukan verivikasi kebenarannya.
  • Berpikiran terbuka: Mengubah suatu pandangan apabila hal tersebut tidak terbukti kebenarannya. Karena memang dalam ilmu pengetahuan ataupun kajiannya tak mengenal kata absolutisme sebuah hukum dan teori. Dia dapat berubah seiring perkembangan zaman. Sifat berpikiran terbuka inilah yang melengkapi psikologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan.

Pendekatan Di dalam Ilmu Psikologi SosialIlmu psikologi ini memiliki cabang keilmuannya. Salah satu cabang keilmuan di dalam Ilmu psikologi yakni psikologi sosial. Pendekatan psikolog sosial menitik beratkan pada konsep pemikiran tentang sifat seorang manusia yang di sebabkan oleh hasil interaksi dengan individu dengan individu ataupun individu dengan masyarakat (kelompok).

Tentu sebagai seorang psikolog sosial memiliki ketertarikan untuk membahas hal-hal mengenai faktor dan konteks pemikiran sosial pada individu. Selain itu ilmu psikologi sosial memiliki pendekatan khas yang dibagi kedalam dua pendekatan hal. Kedua hal pendekatan tersebut menyangkut  tentang tingkah laku seorang manusia

  1. Psychological Social Psychologi

Pendekatan ini menitikberatkan pada aspek behavioral perspective dan juga cognitive perspective. Behavioral perspective atau yang disebut dengan prespektif tingkah laku merupakan prespektif yang mengkaji stimulus manusia secara langsung dan dapat diterima sebagai proses-proses belajar. Teori yang mendasarinya yaitu teori operant behavior theory and reinforcement, social exchange theory dan juga social learning theory.

Sedangkan di dalam prespektif kognitif ini memiliki kegiatan yang di dalamnya ada proses berpikir dari seorang manusia yang kemudian membentuk suatu skema di dalam kepribadiannya. Teori yang menjadi dasar adalah theory life space, contemporary dan  cognitive theory.

  1. Sociological Social Psychology

Dalam pendekatan ini terdapat dua kajian seperti pada kajian structural perspective dan juga interactionist perspective. Structural perspective yaitu membahas tentang individu yang melakukan perilaku tertentu karena struktur dari masyarakat yang telah menuntutnya untuk melakukan perilaku tersebut. Seperti contohnya kita sebagai masyarakat indonesia yang selalu dituntut dengan perilaku adab dan sopan santun.

Pendekatan Di dalam Ilmu Psikologi SosialInteractionist perspective, meskipun kita mengetahui standar yang ada di dalam masyarakat namun bukan berarti kita akan menampilkan secara utuh tingkah laku di dalam masyarakat tersebut. Itulah beberapa ulasan singkat tentang pendekatan di dalam ilmu psikologi sosial, semoga bermanfaat. Muhamad Fadhol Tamimy @tamimy