Pemimpin Adalah Manajer Bagi Yang Mereka Pimpin

Pemimpin Adalah Manajer Bagi Yang Mereka Pimpin

December 18, 2016 Off By admin

Pemimpin Adalah Manajer Bagi Yang Mereka PimpinPemimpin– Mendengar simbol kepemimpinan kita akan mendengar beragam tanggapan, baik itu tanggapan baik maupun tanggapan buruk. Atau mungkin kita sendiri telah banyak sekali berbicara, maupun membaca artikel, dan bahkan melihat jumlah yang sangat luar biasa banyaknya artikel di internet maupun buku yang membahas tentang kepemimpinan dan manajemen.

Ini semua tentu memiliki funngsi yang berbeda beda, antara seorang pemimpin dan manajer. Akan tetapi pemimpin perlu tahu banyak hal tentang cara menjalankan sebuah manajemen dan juga manajer perlu mengetahui makna sebuah kepemimpinan.

Kepemimpinan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, sebanyak 98% perusahaan di Amerika telah mempekerjakan kurang dari seratus orang. Mayoritas yang terbesar di antaranya adalah dari perusahaan-perusahaan yang ada mempekerjakan kurang dari lima puluh karyawan.

Hal ini berarti peranan seorang pemimpin dan juga manajer seringkali jatuh pada pundak orang yang sama. Dengan melihat fakta yang demikian maka adalah sebuah hal yang mutlak agar setiap mereka untuk mengetahui cara memimpin sekaligus menjalankan fungsi-fungsi dari tugas seorang manajer. Ini pun berlaku di lingkungan keluarga.

Di dunia bisnis, seorang manajer berada pada parit dan garda terdepan, yang mengotori tangannya. Dia menangani berbagai macam tanggung jawab seehari-hari, untuk mengurus anak buah dengan cara yang efektif.

Dia berkewajiban untuk memastikan bahwa apa yang memang perlu dilakukan diapun akan melakukan dengan cara yang efektif dan tepat pada waktunya.

Sebaliknya seorang pemimpin akan memberikan dorongan pada manajer, sementara manajer sendiri menjalankan program program dari pemimpin.

Pemimpin memiliki pancaran wibawa yang mana sering kali menyertai fungsi sebagai seorang kepala organisasi. Sedangkan seorang manajer memperlihakan cacatnya dalam interaksi sehari-hari dengan para anak buahnya, dan menggunakan aspek disiplin bila perlu. Itu merupakan salah satu alasan mengapa seorang pemimpin harus secara penuh mendukung manajer dan juga perannya. Sehingga seluruh anggota tim akan mendapatkan pesan sepenuhnya.

Pemimpin pun juga harus paham bahwasanya cara ia untuk memperlakukan manajer merupakan suatu cara manajer akan memperlakukan anak buahnya, dan juga cara orang-orang di bawahnya untuk memperlakukan para pelanggannya kelak.

Dalam sebuah kondisi situasi yang ideal, seorang pemimpin akan menjalankan fungsi manajer lebih efektif. Pemimpin memberikan pada manajer sebuah tanggung jawab disamping wewenang di tangannya, dukungan, dan juga dorongan semangat.

Maka daripada itu, amanlah bagi kita untuk mengatakan bahwa mereka seorang pemimpin adalah percikan kembang api dorongan semangat yang dapat menyulut suluh semangat dan harapan bagi seorang yang lainnya di dalam struktur organisasi. Sampai pada saatnya nanti mereka yang berada di bawah anda meneruskan pada orang yang lainnya.

Kalau ana memiliki aspirasi untuk sebuah kedudukan kepemimmpinan, maka laksanakanlah gagasan yang telah anda miliki tersebut.

Kita semuanya di bentuk oleh apa yang telah diharapkan dari orang lain. Kehidupan kita pun meningkat ataupun merosot menurut apa yang telah diyakini oleh orang lain tentang bagaimana diri kita dan apa yang dapat kita lakukan. Sesungguhnya apa yang telah dipikirkan oleh orang lain tentang diri kita sering kali lebih penting dan juga lebih berpengaruh daripada apa yang telah kita pikirkan sendiri tentang diri kita pribadi By: Muhamad Fadhol Tamimy