25 Kompetensi dan Peluang Kerja Mahasiswa Psikologi Ter-update

25 Kompetensi dan Peluang Kerja Mahasiswa Psikologi Ter-update

January 25, 2017 Off By admin

25 Kompetensi dan Peluang Kerja Mahasiswa Psikologi Ter-updatePeluang Kerja – Mahasiswa psikologi saat ini sudah semakin banyak. Dan semakin banyak pula yang menanyakan, nantinya mahasiswa psikologi ini bisa apa sih di dunia kerja? Kira-kira hal apa saja yang dimiliki oleh mahasiswa psikologi nantinya setelah lulus menjadi seorang sarjana psikologi?

Setelah anda membaca uraian berikut ini, maka anda akan berbondong – bondong untuk masuk di jurusan psikologi. Karena dengan masuk di jurusan psikologi dan menimba ilmu di sana, maka anda akan memiliki banyak sekali kompetensi dan peluang kerja saat ini. Yuk simak beberapa peluang kerja dari mahasiswa psikologi berikut ini:

  1. Praktisi HRD

Peluang kerja yang pertama adalah praktisi HRD. Nah, ini merupakan hal yang sangat umum dan banyak dibicarakan semua orang. Salah satu peluang kerja dari mahasiswa psikologi adalah menjadi seorang praktisi di bidang HRD. Saat ini banyak sekali perusahaan membutuhkan lulusan ilmu psikologi untuk mengisi berbagai tempat di bagian HRD. Kebanyakan sih, mahasiswa psikologi ditempatkan dalam posisi recruitment, karena mahasiswa psikologi kan memang sudah paham dengan alat tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses rekrutment.

  1. Konselor

Nah, mahasiswa psikologi memang tidak memiliki ijin membuka praktek layanan psikologi. Tapi, mahasiswa psikologi juga memiliki peluang kerja  yang besar untuk menjadi seorang konselor. Biasanya, mahasiswa psikologi dapat bekerja di biro-biro psikologi, atau sekolah sebagai konselor. Karena sudah memiliki basic ilmu psikologi, maka dari itu menjadi seorang konselor tentu saja bukan perkara sulit lagi untuk mahasiswa psikologi bukan?

  1. Asisten Psikolog

Peluang kerja selanjutnya adalah asisten psikolog. Bagi lulusan psikologi, terutama Sarjana Psikologi, namun belum untuk lanjut ke Magister Profesi, mungkin menjadi asisten psikolog bisa menjadi salah satu hal yang anda lakukan. Dengan menjadi asisten psikologi, maka pengalaman anda di bidang psikologi akan bertambah, dan menjadi bekal anda untuk mengamalkan ilmu psikologi yang sudah anda pelajari semasa kuliah dulu.

  1. Peneliti

Peluang kerja ke 4 adalah peneliti. Nah, bagi anda yang penasaran dengan banyak hal yang berkaitan dengan ilmu psikologi, menjadi seorang peneliti sosial dan psikologi bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengembangkan ilmu psikologi menjadi lebih maju dan lebih luas berkat kontribusi anda. Anda bisa mengadakan seminar atau mempromosikan hasil penelitian anda di perusahaan, dinas sosial, atau organisasi tertentu.

  1. Terapis

Banyak yang menyangka kalau menjadi seorang terapis psikologi harus menjadi seorang psikolog terlebih dahulu. Namun sebenarnya, menjadi seorang terapis bisa dari berbagai disiplin ilmu kok. Karena anda adalah lulusan psikologi, maka akan lebih mudah mempelajari berbagai macam bentuk terapi psikologis. Contoh saja hipnoterapi, NLP, Family therapy, dan berbagai terapi psikologis populer lainnya bisa dipelajari dan dipraktekkan oleh siapa saja.

  1. Helper di trauma center

Di Indonesia mungkin trauma center belum terbentuk secara resmi, hanya muncul ketika terjadi suatu peristiwa yang menyebabkan munculnya trauma psikologis. Mahasiswa psikologi bisa ikut ambil bagian dalam pekerjaan ini. Bisa menjadi helper untuk membantu mereka yang mengalami trauma setelah bencana alam. Ini akan menambah pengalaman anda bekerja di bidang psikologi, dan pastinya akan membuat anda menjadi lebih bermakna.

  1. Social Worker

Social worker adalah pekerjaan yang berfokus pada kegiatan-kegiatan professional yang mana ia berfokus untuk membantu individu-individu, kelompok, dan juga masyarakat guna meningkatkan ataupun memperbaiki kemampuan mereka di dalam keberfungsian sosialnya serta menciptakan sebuah kondisi di dalam masyarakat yang memungkinkan mereka dalam mencapai tujuan.

Peluang para lulusan psikologi sangatlah besar di sini. Hal tersebut dikarenakan di dalam psikologi anda akan di ajari untuk memahami manusia. Dan tentunya setelah anda memahami manusia, akan mudah dalam melakukan pendekatan-pendekatan kepada merkea yang notabenenya akan berinteraksi dengan mereka.

  1. Bimbingan konseling

Mungkin bimbingan konseling saat ini memiliki jurusan tersendiri yang biasanya di kebanyakan universitas indonesia ia masuk ke dalam fakultas Ilmu keguruan dan ilmu pendidikan. Namun meskipun begitu saat ini jurusan psikologi masih banyak di butuhkan untuk mengisi posisi Bimbingan konseling di setiap sekolah-sekolah.

  1. Recruitment Officer

Untuk hal ini sudah tak asing lagi jika para lulusan psikologi kerap menjadi orang yang merekrut para pegawai baru. Jika anda masuk jurusan psikologi anda akan di latih dan di ajari mengenai alat-alat tes psikologi yang menunjang di dalam pekerjaan sebagai rekruter nantinya.

  1. BNN

Selain petugas kepolisian dan perawat, di dalam tubuh BNN sangat membutuhkan tenaga professional para psikolog untuk merawat para resident. Oleh sebab itu maka anda tak usah khawatir dan bingung dengan jurusan yang satu ini.

  1. Talent Management

Karena kemampuann para lulusan psikologi yang mampu untuk mempredikis kepribadian seseorang, maka banyak para perusahaan yang membutuhkan tenaga lulusan psikologi yang akan ditempatkan di posisi talent management.

Untuk diketahui bahwa talent management sendiri memiliki tugas untuk mengembangkan bakat-bakat dari para pegawai yang telah menjadi bagian dari suatu perusahaan. Bahasa lain dari Talent management itu sendiri adalah Human Capital Management (HCM)

  1. Penyiar Radio

Karena tuntutan berinteraksi dengan manusia saat belajar keilmuan psikologi, akhirnya para lulusan psikologi memiliki kemampuan yang baik dalam berinteraksi dengan manusia, lingkungan, dan adaptasi yang baik. Oleh sebab itu jika harus berbicara tidaklah sulit bagi mereka.

  1. Presenter televisi

Peluang kerja selanjutnya adalah peresneter televisi. Tak jauh berbeda dengan penyiar radio, tak sedikit mereka yang memiliki background psikologi yang masuk di ranah presenter televisi saat ini.

  1. Entertament

Entertainment atau penghibur juga menjadi salah satu keahlian tambahan para lulusan psikologi. Psikologi diidentikkan dengan beberapa pelatiah hypnotis yang mampu mempengaruhi pikiran orang dalam kondisi tidak sadar. Pertunjukan hypnotis ini sendiri menjadi nilai plus di dalam industry entertament. Baik itu d televisi maupun di setiap training.

  1. Reporter

Kemampuan ia dalam menyampaikan hasil analisis kepribadian, menjadikan para lulusan psikologi memiliki kemampuan yang aplikatif di bidang reportasi. Mereka akan mampu menyajikan informasi dengan baik layaknya memberikan gambaran interpretasi kepribadian setiap orang.

  1. Penulis

Menjadi penulis terkadang tidak harus dari jurusan sastra. Bahkan menjadi penulis pun banyak dari orang yang memiliki background di bidang psikologi. Salah satunya ya penulis ini sendiri 😀

  1. Digital Preneur

Peluang kerja yang ke 17 adalah digital preneur. Di era digital saat ini, mereka yang gesit, tentu akan menyadari betapa besarnya peluang bisnis di dunia industry digital. Tak heran saat ini bermunculan startup yang menawarkan jasa, dan solusi terbarukan. Ranah psikologi pun tak kalah dengan beberapa varian kreatifnya menjadikan media sebagai ladang bisnis yang gurih dan sedap.

Salah satnya mungkin kita dapat melihat jasa layanan psikolog online dan lain sebagainya.

  1. Social Media Specialist

Social media specialist memiliki tugas dalam melakukan pengelolaan social media dan melakukan beberapa analisis trend, yang mana hasilnya tersebut memberikan kontribusi dan keuntungan dari perusahaan lewat sosial media. Kebiasaan dari mahasiswa psikologi yang senang untuk menganalisis perilaku seseorang akhirnya, dapat menjadi penunjang di ranah social media specialist yang kerjaannya selalu “kepoin” aktivitas di sosial media.

  1. SEO Specialist

Kemampuan riset mahasiswa psikologi membuat mereka pun juga cakap dalam melakukan riset agar sebuah kampanye di sebuah halaman website agar mampu teroptimasi hingga terlihat di google page one.

  1. Politisi

Peluang kerja selanjutnya dengan menjadi politis. Siapa bilang lulusan psikologi tak mampu menjadi politis? Seorang lulusan psikologi memiliki beberapa keunggulan jika menjadi politisi. Dahulu sewaktu menjadi mahasiswa saja beberapa mata kuliah mendidik para mahasiswanya untuk dapat terjun langsung ke lapangan dan melakukan penelitian. Tak Cuma itu di setiap penelitian mereka di asah kemampuannya untuk melakukan observasi dan wawancara. Masih kurang? Jika masih kurang alasan selanjutnya adalah, para lulusan psikologi di tuntut untuk mampu mendengarkan klien saat mereka terjun di dunia professional. Klien aja di dengar keluhannya, apalagi konstituennya hehehe. Cakap mendengar dan lebih adem menyikapi kritikan. Kritikan datang tak lantas dituduh makar kali ah, toh mereka rakyat yang lagi berkeluh kesah.

  1. Psikologi Forensik

Bidang psikologi di ranah hukum saat ini kian dirasakan manfaatnya. Di antaranya adalah mengungkapkan sebuah peristiwa di ranah hukum. Sehingga dari hasil tersebut dapat di jadikan sebuah acuan dalam menentukan hukuman yang tepat. Ini dia peluang yang dapat di masuki oleh para lulusan psikologi.

  1. Growth Hacking Specialist

Growth hacking merupakan teknik marketing perusahaan – perusahaan startup d bidang teknologi dengan kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan juga metrik – metric sosial guna menjual sebuah produk dan juga mendapatkan pemberitaan atau publikasi. Bekal yang telah di pelajari semasa kuliah maka para lulusan psikologi cerdik untuk mlihat perilaku manusia yang menjadi target pemasaran.

  1. Dosen

Apapun jurusan mu maka untuk menjadi dosen di bidang yang kamu geluti sangat mungkin. Selama pendidikan mu linier antara s1, s2, s3 mengapa tidak. Begitu pula psikologi. Menjadi dosen psikologi sangat menyenangkan loh, meskipun beberapa tugas terkadang membuat para dosen tidak bisa bersantai-santai ria di sepanjang hari.

  1. Polisi

Menjadi polisi pun sangat memunkinkan dengan kapasitas anda sebagai lulusan psikologi. Bahkan di bidang-bidang tertentu di kepolisian sangat membutuhkan tenaga psikologi. Salah satunya adalah bidang penyidikan.

  1. Tentara

Peluang kerja terakhir adalah tentara. Tentara pun begitu pula, dengan masuk tentara maka anda yang berasal dari bidang psikologi akan semakin tereksplore kemampuan anda menguasai medan dan manusia.

Itulah kompetensi dan 25 peluang kerja para lulusan psikologi. Anda tertarik dengan 25 peluang kerja tersebut? Mumpung pendaftaran ujian sleksi masuk universitas belum di mulai, persiapkan saat ini juga dan dapatkan kesuksesan anda. Jadi, jangan khawatir, karena ruang lingkup dari ilmu psikologi itu sangat luas kok. By: Muhamad Fadhol Tamimy