Orangtua Sebagai Role Model Anak: Baik Buruknya Anda Berprilaku, Maka Anak akan MengikutiOrangtua Sebagai Role Model Anak. Anak adalah individu yang gemar melakukan imitasi dan juga modeling. Salah satunya adalah peran orangtua sebagai role model dari anak. Secara naluriah, anak akan selalu mengikuti perilaku dan juga tindakan yang sering dilakukan oleh orangtua, ataupun orang yang lebih tua seperti kakaknya, atau pengasuhnya.

Orangtua harus mampu untuk menjaga sikap dan perilakunya di depan anak-anak. Hal ini disebabkan karena sebagai role model, anak akan mengikuti apapun perilaku dan sikap yang ditunjukkan oleh orangtuanya.

Ketika anda menunjukkan sikap tidak senang dan perilaku kekerasan, maka hal ini akan sangat mungkin ditirukan oleh si anak. Dan yang lebih parahnya lagi, anda sebagai orangtua mungkin tidak sadar bahwa si anak sudah mengimitasi perilaku dan sikap tersebut.

Penelitian Mengenai Perilaku Imitasi Anak dan Modeling

Ada sebuah penelitian sosial yang cukup terkenal di dalam ilmu psikologi sosial, yaitu penelitian yang dilakukan oleh Albert Bandura terhadap seorang anak kecil dan tayangan kekerasan di televisi.

Bandura menempatkan seorang anak pada satu ruangan dengan televisi. Dari televisi tersebut, dipertontonkan sebuah tayangan kekerasan berupa seorang anak yang sedang asik memukul-mukul boneka terus menerus.

Setelah tayangan selesai, si anak kemudian dibawa ke ruangan lainnya yang di dalamnya terdapat sebuah boneka yang mirip sekali bentuknya dengan boneka yang ada di dalam tayangan yang sudah ditonton oleh si anak tersebut. Setelah itu, si anak kemudian ditinggal sendirian hanya dengan ditemani boneka tersebut.

Melalui pantauan kamera tersembunyi, ternyata apa yang dilakukan si anak cukup mengejutkan. Si anak tersebut memperlakukan boneka itu sama persis dengan apa yang dia lihat di tayangan televisi. Boneka tersebut dipukul, dibanting, dan diinjak-injak.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seorang anak, akan melakukan apapun sesuai dengan apa yang dia lihat dan alami. Inilah yang dikenal dengan istilah modeling, atau banyak juga yang menyebutnya sebagai imitasi. Hal ini kemudian menjelaskan peran orangtua sebagai role model dari anak, dimana si anak akan mengikuti apapun perilaku yang dilakukan oleh orangtuanya. Artinya Orangtua Sebagai Role Model Anak adalah salah satu bukti empiris melalui penelitian tersebut.

Contoh dari Orangtua Sebagai Role Model Anak Misalnya, ketika anda sering merokok di depan anak anda, maka anda jangan pernah merasa heran ketika suatu hari nanti anak anda juga ikutan merokok. Ketika anda sering berbicara kasar, maka anda juga tidak perlu kaget apabila suatu kali anak anda akan sering berbicara kasar dengan siapapun.

Anak-anak sangat mudah untuk diprogram. Karena itu, orangtua sebagai role model dari anak juga harus mampu untuk memberikan contoh dan panutan yang baik. Orangtua harus mampu menjadi role model yang baik bagi anak. Apabila anda mampu menunjukkan perilaku baik di depan anak anda, maka anak anda niscaya akan menjadi anak yang baik. Namun apabila keburukan adalah hal yang sering anda tunjukkan, maka jangan heran dan jangan kaget apabila anda mendapati anak anda menjadi anak yang sering berperilaku buruk. Begitulah peran orangtua sebagai role model anak. By: Eduardus Pambudi