Mulai Loyo Mengajar? Perhatikan Hal Berkut Ini Sebelum MengajarMengajar – Semangat memang bisa naik dan turun pada diri seseorang atau bahkan hal ini terjadi pada diri Anda sendiri. Terkadang, Anda begitu semangat mengerjakan segala sesuatu namun ada kalanya Anda benar-benar lelah dan tidak bersemangat melakukannya. Saat sedang semangat, Anda bisa menyelesaikan banyak hal, banyak tugas, dan banyak tuntutan dalam waktu beberapa hari atau bahlan menyelesaikannya dalam waktu satu hari. Akan tetapi, coba lihat jika Anda sedang tidak semangat, Anda tidak akan bisa menyelesaikan semuanya dalam waktu yang cukup singkat.

Mengajar merupakan kegiatan yang monoton untuk sebagian orang apalagi jika Anda adalah seorang tenaga pengajar baik di tempat kursus atau di sekolah. Ketika mengajar, apa yang akan Anda temui? Ya, setiap hari bertemu dengan murid yang itu-itu saja, di ruangan yang itu-itu saja, dan melakukan hal itu-itu saja. Kegiatan dan tempat yang monoton akan membuat psikologi terganggu karena tubuh dan pikiran seperti sedang terkurung di suatu tempat, seperti merasa bosan, dan loyo. Lalu, jika Anda sedang loyo ketika mengajar, apa yang perlu Anda lakukan? Lakukan tips berikut.

  1. Kondisi Prima

Mensana in corpore sano Anda pasti pernah mendengar kalimat tersebut bukan? Ya, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang kuat pula. Dari kalimat tersebut, Anda pasti sudah tahu apa yang perlu dilakukan ketika loyo. Cobalah untuk memperbaiki pola kegiatan agar tubuh tidak merasa terkekang dengan kegiatan yang itu-itu saja. Coba juga untuk berolahraga. Ketika berolahraga, beban pikiran akan berkurang dan segar kembali usai berolahraga. Hal tersebut terjadi karena banyaknya oksigen yang masuk ke dalam otak sehingga tubuh dan pikiran terasa lebih segar. Menjaga kondisi tubuh untuk selalu prima akan menghindarkan diri dari rasa loyo.

  1. Gaya Mengajar

Cobalah mencari gaya baru dalam megajar seperti mengubah kondisi. Jika Anda selalu berada di depan kelas dan menjadi pusat dari kegiatan yang ada di kelas, saat ini cobalah untuk memberikan kesempatan bagi murid Anda menjadi pusat dari kegiatan di dalam kelas. Berikan mereka porsi lebih besar di dalam kelas dan jadilah fasilitator bagi mereka.

  1. Kelola Kelas dengan Baik

Cobalah mengelola kelas dengan baik mulai dengan tempat duduk, hiasan di dinding, hingga bagaimana mengondisikan murid. Jangan bersikap acuh tak acuh dengan kelas, kelola kelas Anda dengan baik dan cocokkan dengan kepribadian kelas Anda. Buat murid dan Anda sendiri ketika memasuki kelas menjadi lebih semangat untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar.

Loyo atau lemas yang cenderung malas untuk melakukan sesuatu adalah efek negatif dari tubuh dan pikiran yang terlalu lama melakukan aktivitas yang sama dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus sering menyegarkan pikiran dan tubuh. By: Tri Indarti