Minat dan Bakat: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Suatu HalApabila membicarakan minat dan bakat, maka kita tidak bisa lepas dari bagaimana seseorang bisa memiliki minat terhadap bidang tertentu. Sebenarnya apa saja sih bisa mempengaruhi minat dan bakat seseorang? Apakah iya hanya bakat bawaan saja yang bisa mempengaruhi minat seseorang, seperti misalnya seorang yang berbakat di bidang musik, maka akan sangat minat dengan dunia musik? Ataukah ada faktor lainnya yang bisa mempengaruhi munculnya minat seseorang terhadap suatu hal? Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat dan bakat seseorang:

  1. Faktor bawaan/gen

Faktor bawaan atau gen memang merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi bakat dan minat seseorang. anak dengan orangtua seorang musisi dan mengalir bakat musik, makan akan lebih tinggi kemungkinannya menjadi seorang pemusik juga, dan memiliki minat tinggi terhadap dunia musik, ataupun dunia seni.

Hubungan antara gen dan faktor bawaan terhadap minat individu sudah banyak diteliti, dan hasilnya adalah memang benar bahwa faktor bawaan alias faktor genetic memang bisa mempengaruhi minat seseorang terhadap suatu hal.

  1. Faktor dari luar

Selain faktor bawaan, faktor dari luar diri individu itu sendiri juga dapat mempengaruhi bakat dan minat seseorang. contohnya adalah dari lingkungan sosial, dimana lingkungan sosial dapat membentuk bakat dan minat seseorang. Misalnya saja seseorang tinggal di lokasi yang dekat dengan lingkungan tentara. Maka besar kemungkinan seseorang akan memiliki minat yang kuat terhadap dunia militer.

Tiga Faktor Yang Mempengaruhi Minat dan Bakat

Selain dua faktor tersebut, ada tokoh lainnya, yaitu Crow dan Crow yang menyebutkan beberapa faktor lainnya yang bisa mempengaruhi minat individu terhadap suatu hal. Berikut ini adalah tiga faktor lainnya yang bisa mempengaruhi minat dan bakat seseorang :

  1. Faktor dorongan dari dalam

Faktor dorongan dari dalam ini berkaitan erat dengan faktor yang berhubungan dengan diri individu itu sendiri. Faktor ini juga erat kaitannya dengan faktor bawaan, seperti misalnya keturunan atau faktor genetik.

  1. Faktor motif sosial

Crow dan Crow mengatakan bahwa faktor lainnya yang bisa mempengaruhi minat dan bakat seseorang adalah karena adanya motif sosial. Dimana seseorang ingin mendapatkan suatu penghargaan di lingkungan mereka, ingin terlihat baik, ataupun ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu. Motif sosial ini bisa menjadi salah satu faktor kuat yang mempengaruhi minat dan bakat seseorang.

  1. Faktor emosional

Faktor lainnya yang bisa mempengaruhi minat dan bakat seseorang adalah faktor emosional. Faktor ini berhubungan dengan bagaimana intensitas seseorang dalam menaruh perhatian terhadap kegiatan atau aktivitas tertentu. Misalnya saja seorang yang tadinya tidak mengerti musik sama sekali, menjadi minat terhadap dunia musik karena mendengarkan lagu atau musik yang menyentuh hati. Atau seseorang berminat terjun ke dalam ilmu sosial karena merasa bahwa masih banyak orang yang butuh bantuan secara sosial, dan diperlakukan layak.

Itu adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat dan bakat seseorang. Kira-kira, darimana anda mendapatkan minat dan bakat anda? Apakah minat dan bakat anda diperoleh dari faktor bawaan, atau faktor lainnya? By: Eduardus Pambudi


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia

1 Comment

Comments are closed.