Metode Problem Solving, Sebuah Metode Sederhana Mengatasi MasalahMetode Problem Solving. Masalah adalah salah satu hal yang banyak menimpa kita semua, dan pastinya anda juga sering mengalami masalah. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah anda, mulai dari melakukan pendekatan coping strategy, melakukan relaksasi dan melakukan metode-metode lainnya yang bisa anda lakukan.

Problem Solving atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah pemecahan masalah adalah salah satu metode yang cukup efektif dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghadapi permasalahan – permasalahan yang sedang anda hadapi. Apa itu metode problem solving? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengenal Metode Problem Solving

Metode problem solving ini dapat membantu anda menghadapi masalah-masalah, dimana akan membantu anda untuk menghadapi masalah tersebut secara sistematis dan rasional, sehingga anda tidak terpancing untuk melakukan tindakan yang impulsif.

Contohnya, ketika anda sedang kesal, maka anda seringkali memukul orang lain. Ini adalah suatu tindakan impulsif dan tanpa adanya proses berpikir secara rasional. Metode problem solving ini akan membantu anda untuk mampu berpikir secara sistematis, dan mencegah tindakan – tindakan yang sifatnya impulsif dan tidak rasional.

 

Memulai Metode Problem Solving

Untuk memulai menggunakan metode problem solving ini pertama kali adalah, anda harus menyadari, bahwa suatu masalah bisa dihadapi apabila anda mampu berpikir secara sistematis, dan terstruktur, bukannya dengan bertindak secara impulsif dan tanpa pikir panjang. Metode ini juga akan membantu anda untuk secara cepat mengidentifikasi cara terbaik untuk memecahkan masalah yang sedang anda hadapi.

Setelah itu, anda harus bisa untuk memahami, sebenarnya masalah apa yang sedang muncul pada diri anda. anda harus memahami, kapan masalah tersebut muncul, dan bagaimana biasanya anda bertindak menghadapi masalah tersebut. Contohnya, anda sering bertengkar dengan cara memukul orang lain. Anda terlebih dahulu harus memahami, hal apa yang menyebabkan perilaku memukul orang tersebut muncul. Apakah karena marah, kesal diejek, atau karena hal lainnya.

Proses ketiga, setelah anda memahami masalah yang anda hadapi, anda harus belajar untuk membuat dan melihat pilihan – pilihan pemecahan masalah yang mungkin untuk anda lakukan, berikut dengan dampak – dampak yang mungkin ditimbulkan. Misalnya, ketika anda diejek oleh orang, anda bisa memilih pemecahan masalah seperti :

  1. Memukulnya

  2. Menjauhinya

  3. Mendiamkannya

  4. Memaafkannya

  5. Menyerangnya

  6. Membalasnya

Dari 6 pilihan tersebut, anda harus bisa untuk melihat apakah perilaku tersebut berdampak buruk atau baik. Apa konsekuensinya apabila anda melakukan keenam pilihan cara memecahkan masalah tersebut?

Terakhir, setelah anda mampu untuk melihat dampak dan konsekuensi dari pemecahan masalah tersebut, anda harus memilih salah satu dari pilihan tersebut, yang memiliki konsekuensi dan dampak yang positif, atau minimal tidak menimbulkan kegaduhan yang mengganggu. Setelah itu, anda bisa mengimplementasikan keputusan anda setiap kali anda mengalami masalah.

Nah, bagaimana? Cukup mudah dan juga sederhana bukan metode problem solving ini? Anda bisa menggeneralisasikan pemecahan masalah yang cocok dengan anda, dan tentunya harus tetap mempertimbangkan dampak dan juga konsekuensi dari pilihan yang akan anda ambil. Selamat mencoba.

 

By: Eduardus Pambudi