Metode Pembelajaran Efektif. Belajar di sekolah adalah salah satu hal yang akan dilalui oleh siapapun, termasuk anak-anak. Belajar disini yang dimaksud adalah bagaimana seorang anak mampu untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Hal ini tentu saja berkaitan dengan bidang akademis, mengingat prestasi akademis sangatlah penting menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan seorang anak di dalam sekolah.

Namun demikian, terkadang ada anak yang sulit untuk belajar, baik karena malas dan kekurangan motivasi, atau karena mereka memang memiliki kelemahan dalam belajar, matematika misalnya.

Kalau sudah begini, akan banyak orangtua yang “memaksa” supaya anaknya mengikuti les agar bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Namun demikian, hal ini terkadang menjadi bumerang, karena menyebabkan si anak menjadi terlalu lelah dan “penuh” dengan pelajaran, padahal anak-anak masih membutuhkan waktu bermain.

Metode Pembelajaran Efektif Untuk Anak

Lalu, seperti apa metode belajar yang efektif bagi anak yang mengalami kesulitan dalam belajar? Berikut ini adalah beberapa metode belajar yang efektif, yang kemungkinan bisa menjadi salah satu solusi bagi anak-anak yang mengalami masalah belajar.

  1. Belajar kelompok

Metode Pembelajaran Efektif Untuk Anak Yang Sulit BelajarMetode Pembelajaran Efektif yang pertama adalah dengn belajar kelompok. Belajar kelompok bisa menjadi salah satu metode belajar yang efektif, karena dalam metode belajar kelompok ini, anak-anak dituntut untuk aktif dalam belajar. Anak-anak akan merasa lebih senang ketika bisa belajar bersama dengan teman-temannya dibandingkan harus belajar sendirian.

Hal ini bisa saja membantu anak-anak agar lebih rajin belajar dan mampu menangani masalah kesulitan belajar yang dialami olehnya.

  1. Belajar sambil bermain

Bermain adalah salah satu hal yang umum dilakukan oleh anak-anak. Maka dari itu, bermain sambil belajar bisa menjadi salah satu metode belajar yang efektif untuk anak yang sulit belajar.

Maksudnya adalah, si anak akan dihadapkan pada permainan yang mampu menstimulasi proses kognitifnya dengan baik.

Pernah mendengar permainan ABC 5 Dasar? Nah ini adalah salah satu metode belajar sambil bermain. Alih-alih bermain tebak kata, si anak akan dituntut untuk mampu berkonsentrasi dan mengingat kembali informasi yang sudah pernah diperoleh dalam memenangkan permainan ini.

Permainan seperti kuis misalnya, juga bisa menjadi salah satu metode belajar sambil bermain yang bisa diterapkan pada anak. Hal ini selain akan menstimulasi kognitif, juga akan membantu si anak memiliki daya juang dan motivasi berprestasi yang tinggi dengan memenangkan permainan tersebut.

  1. Belajar dengan menggunakan prinsip pemberian hadiah dan hukuman

Anda juga bisa menerapkan metode belajar yang efektif berikutnya, yaitu pemberian hadiah dan hukuman. Jangan artikan hukuman sebagai hukuman secara fisik saja. Hukuman bisa berbentuk penghilangan stimulus yang disukai oleh si anak.

Misalnya si anak senang bermain game di smartphone. Ketika si anak malas belajar, maka waktu bermain si anak akan dikurangi. Ini juga merupakan suatu bentuk hukuman.

Nah, ketika si anak rajin dan mau belajar, maka jangan lupa memberikan hadiah. Bisa berupa mainan kesukaan, ataupun memberikan kesempatan bermain lebih lama lagi.

Hal ini akan meningkatkan motivasi anak untuk dapat belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya.

Nah, itu adalah 3 metode pembelajaran yang efektif untuk anak yang sulit untuk belajar. Selamat mencoba, dan semoga bisa berhasil anda lakukan untuk anak anda. Psikologi Mania