Metode Meredam Dampak Rasa Curiga Dan Kekhawatiran Yang Berlebihan

Nama : Riskan

Judul : Rasa curiga dan kekhawatiran yang berlebihan

Isi Konsultasi : Saya mau konsultasi tentang kejiwaan yang sering ku alami. Beberapa bulan ini hidup saya selalu di landa rasa khawatir dan ketakutan. Jika ada sesuatu hal yang melihatku ataupun bertatap mata maka kekhawatiranku akan di musuhi sangat besar dan disitu kadang saya memikirkan dari hal kecil sampai jadi kejadian besar seperti cuma nginjak kakinya hingga kupikirkan gimana setelahnya blblabla dan kita akan saling membunuh.begitupun setelah rumah kecurian setiap malam saya tidak bisa tidur seperti dalam trauma besar dan selalu mencurigai beberapa orang jika dia akan mencuri. Setiap ada yang aku rasa ndk suka dengan sya akan selalu kepikiran aneh. Kedua adalah ketika ada orang yang terlihat menatapku akan selalu terlihat rasa takut terus menerus tapi ketika yang menatap saya jauh dari kota atau kota lain keberanian saya begitu besar. Ini mungkin diakibatkan saya takut jika bertengkar di dekat wilayah atau kampung mereka akan mengincar orang orang yang kusayang. Makanya ketika ada yang terlihat mencoba menyerangku adalah cuma ketakutan yang selalu kudapatkan. Please saya mau menguatkan hatiku. Saya cuma mau tidur nyenyak mau jalan di luar rumah dan bersosialisasi seperti biasa.

Jawaban: Untuk anda merasa khawatir terhadap segala sesuatu ataupun orang lain merupakan suatu hal yang lumrah terjadi. Namun akan berbeda jika hal tersebut telah sampai pada traf yang berlebihan hingga khawatir dengan alasan yang irrasional. Mungkin apa anda alami tersebut masih butuh assesmen lebih lanjut untuk memastikan gangguan yang anda alami tersebut. Namun berdasarkan uraian singkat yang anda ceritakan di atas hal tersebut merupakan ciri-ciri dari gangguan paranoid.

Yang mana telah diketahui bahwa ganggun paranoid ini merupakan salah satu bentuk gangguan kepribadian yang masuk ke dalam golongan aneh / bizarre. Gangguan kepribadian paranoid merupakan gangguan kepribadian yang mana penderitanya mengalami kondisi kecurigaan yang berlebihan yang berlangsung lama dan cenderung menetap.

Ada beberapa kategori DSM yang dapat menentukan apakah seseorang mengalami gangguan kepribadian paranoid, yaitu :

  1. Menduga, tanpa dasar yang cukup bahwa ada orang lain yang ingin atau sedang memanfaatkan, membahayakan, ataupun mengkhianati dirinya.
  2. Terfokus atau preokupasi terhadap keragu – raguan yang jelas – jelas tidak pada tempatnya terutama mengenai kejujuran dan juga loyalitas dari teman ataupun rekan kerja
  3. Tidak mau menceritakan rahasia, karena takut bahwa rahasia tersebut akan digunakan secara jahat untuk melawan atau menyakiti dirinya
  4. Membaca atau mendefinisikan arti yang merendahkan ataupun mengancam dirinya pada situasi yang biasa. Misalnya, ketika bertemu orang lain, dan orang lain menyapa dirinya, mereka yang mengalami gangguan kepribadian paranoid bisa saja mereasa bahwa setelah bertegur sapa, orang itu akan mengambil pisau dan membunuhnya.
  5. Menanggung rasa dendam secara persisten
  6. Merasa bahwa karakter atau reputasinya diserang, dan dengan cepat melakukan pembalasan.
  7. Memiliki kecurigaan yang berulang tanpa pertimbangan

Dari 7 kategori yang disusun di dalam DSM, seseorang akan didiagnosa memiliki gangguan kepribadian paranoid, apabila terdapat 4 atau lebih symptom yang muncul yang terdapat dalam kategori tersebut.

Saran dari kami jika, hal yang anda alami saat ini mencapai pada taraf yang berat hingga sampai pada mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya anda untuk datang ke psikolog terdekat. Karena nantinya anda akan di tangani secara langsung dan mendetail.

Psikologi Mania