Metode Life Journal, Terapi Mudah dan Efektif Untuk Melepaskan EmosiMetode Life Journal. Emosi merupakan salah satu mesin penggerak manusia. Banyak sekali perilaku dan juga sikap yang ditunjukkan oleh manusia yang dipengaruhi oleh kemunculan emosi, baik itu emosi yang sifatnya positif, maupun negatif.

Oleh karena itu, kemampuan seseorang dalam meregulasi dan juga mengatur emosinya sangat penting. Namun, yang menjadi permasalahan adalah banyak orang yang bahkan belum mampu menyadari emosi yang menyelubungi diri mereka sendiri, dan tentu saja hal ini dapat membuat mereka sulit untuk melepaskan emosi yang mengganggu. Dan bukan tidak mungkin anda juga sering merasakan hal tersebut.

Bagaimana Melepaskan Emosi Dengan Baik?

Bagi anda yang mungkin seringkali diliputi oleh emosi negatif, seperti misalnya rasa bersalah, sedih, kecewa dan sebagainya, maka emosi tersebut harus bisa dilepaskan dari diri anda, agar tidak menyebabkan munculnya masalah psikologis, misalnya depresi atau stress. Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan, untuk melepaskan emosi, mulai dari relaksasi, meditasi, yoga, melakukan hobi, berteriak, melaksanakan coping strategi, dan melakukan terapi-terapi ringan.

Salah satu metode terapi ringan yang bisa menjadi pilihan anda adalah metode life journal. Apa itu life journal, dan bagaimana penerepannya? Yuk simak lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu Metode Life Journal?

Metode life journal merupakan sebuah metode pelepasan emosi yang cukup efektif, terutama bagi anda yang senang dengan kegiatan menulis dan juga membaca. Life journal bisa dikatakan sebagai sebuah autobiografi, yaitu cerita mengenai perjalanan hidup anda sendiri, yang sudah melalui berbagai macam kejadian, baik itu kejadian yang buruk maupun kejadian yang menyenangkan. Semua event – event dalam hidup anda bisa anda masukkan ke dalam life journal anda.

Bagaimana Memulai Membuat Life Journal?

Untuk memulainya, cukup mudah. Anda bisa memilih untuk memulai dari mana saja, terserah anda. Mungkin anda bisa memulainya dari masa kecil anda, dimana anda adalah seorang anak kecil yang polos dan senang bermain, berkumpul dengan keluarga dan juga teman.

Atau anda ingin memulainya dari event yang membuat anda bahagia, seperti misalnya hari pernikahan, kelulusan, dan sebagainya. Apabila anda ingin memulai dari sesuatu yang membuat anda sedih juga tidak apa apa. Mungkin anda bisa memulai di saat anda sedang kehilangan semangat, kehilangan orang terdekat, ataupun merasa tertekan dengan beban hidup.

Yang terpenting dalam Metode life journal adalah bagaimana anda mampu menyadari, segala bentuk kejadian, emosi yang muncul, dan juga persepsi anda terhadap kejadian tersebut.

Hal ini akan membantu anda terlarut dalam kesenangan membuat sebuah life journal, dan secara perlahan akan membantu anda melepaskan emosi yang mungkin tadinya sulit dan tidak mampu anda keluarkan dengan berbagai macam cara.

Satu lagi, anda juga tidak perlu memberikan urutan kejadian yang tepat. Anda bebas memberikan urutan kejadian sesuai dengan keinginan anda, tanpa batasan dan juga tanpa harus menggunakan ejaan yang disempurnakan.

Gunakan bahasa anda sendiri, yang anda sukai, agar anda lebih bebas dalam mengekspresikan emosi yang anda rasakan.

Bagaimana? Menarik bukan? Bagi anda yang senang menulis, pastinya hal ini akan sangat cocok untuk anda. Apakah anda sudah berminat untuk membuat life journal anda sendiri untuk melepaskan emosi-emosi negatif yang ada di dalam diri anda?

By: Eduardus Pambudi