Metode Belajar Dan Tips Belajar Supaya Bisa Menyerap Pelajaran Dengan CepatNama : tria agustina
E-mail : triaagustina@ymail.com
Judul : keterlambatan belajar ( Metode Belajar )
Isi Konsultasi : Assalamulaikum wr wb ,maaf mengganggu disekolah kami banyak erganggu yang pertama saya sering strees dan keterbelmabatan belajar diantara temana saya,dan saya sangat kepikirian sekali,bagaimana cara menanganginan agar materi peljaran ersebut semua bisa nyerap dan cepat diingat kak, Terimaj kasih

Jawaban

Hai Tria Agustina, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya.

Mengenai masalah yang dialami oleh Tria, apakah bisa lebih spesifik lagi mengenai masalah keterlambatan belajarnya ini? Dan kalau boleh tahu, apakah masalah keterlambatan belajar ini sudah lama terjadi, ataukah baru-baru ini saja terjadi? Dan kalau boleh tahu, saat ini anda berusia berapa dan berada di kelas berapa?

 Metode Belajar

Mengapa saya bertanya demikian, karena dalam masalah belajar dan keterlambatan belajar, bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keterlambatan belajar yang mungkin dialami oleh Tria, seperti misalnya:

  1. Masalah perkembangan kognitif
  2. Masalah psikososial (seperti banyak pikiran dan stress), kemudian merambat ke masalah belajar
  3. Faktor genetik, dimana masalah belajar juga mungkin pernah terjadi pada orangtua anda
  4. Faktor mata pelajaran yang memang tidak cocok dengan kondisi anda.

Salah satu tips metode belajar efektif yang mungkin bisa anda coba adalah mengaplikasikan  Metode Belajar dengan  metode behavioral. Anda bisa menggunakan prinsip reward and punishment dalam belajar. Misalnya saja, ketika anda berhasil menghafal dan belajar satu mata pelajaran, anda diberikan uang jajan tambahan, dan sebagainya. Anda juga mengadopsi tips belajar efektif yang sudah pernah dibahas di dalam artikel psikologi di Psikoma.com.

Beberapa metode belajar akan berhasil jika dalam metode belajar yang dilakukan secara konsisten dengan mengikuti beberapa fase. perlu diketahui pula, bahwasanya jika mengajarkan anak belajar agar memahami segala sesuatu membutuhkan kesabaran yang ekstra dan penuh ketulusan.

Perlu dicatat, metode belajar ini akan efektif apabila anda melibatkan orang lain sebagai pengawas, bisa orangtua, teman, saudara dan lain sebagainya. Selamat mencoba dengan Metode Belajar , dan semoga bermanfaat. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia