Merasa Sendiri dan Putus Asa. Apakah Saya Mengalami Gangguan Jiwa?

Merasa Sendiri dan Putus Asa. Apakah Saya Mengalami Gangguan Jiwa?

October 26, 2016 Off By admin

Merasa Sendiri dan Putus Asa. Apakah Saya Mengalami Gangguan Jiwa? Nama : Hodijah
E-mail : 91dhexxx@gmail.com
Judul : Merasa sendiri dan putus asa (Apakah saya mengalami gangguan jiwa?)
Isi Konsultasi : Dok saya mau tanya saya seorang pelajar saya sering mengalami rasa tidak memiliki teman dan jika saya mengalami masalah sedikit apa pun saya sering putus asa dan lebih memilih menyendiri serta menangis yang berlebihan dan saya juga sering mengalami rasa sakit yang mendalam dari masalah yang saya alami saya bingung apa yang harus saya lakukan jika saya seperti ini terus menerus apakah saya dapat di katakan mengalami gangguan kejiwaan mohon penjelasannya trima kasih

Jawaban

Hai Hodijah, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya.

Apakah Saya Mengalami Gangguan Jiwa ?

Mengenai gangguan kejiwaan, mungkin terlalu dini untuk menyimpulkan hal seperti itu, karena gangguan jiwa atau gangguan kejiwaan membutuhkan serangkaian proses pemeriksaan psikologis yang mendalam dan cukup banyak. Jadi untuk hal tersebut kita tidak dapat langsung menyimpulkan apakah anda mengalami gangguan jiwa.

Mengalami Rasa Tidak Memiliki Teman

Yang dimaksud oleh anda mengenai rasa tidak memiliki teman ini seperti apa? Apakah anda memang sulit mendapatkan teman, tidak ada yang mau berteman dengan anda, atau anda memiliki teman tapi merasa tidak dianggap oleh teman anda?

Sulit mendapatkan teman, biasa muncul pada mereka yang memiliki kepribadian introvert. Mereka yang introvert cenderung pendiam dan sulit untuk bergaul, berbanding terbalik dengan orang yang ekstrovert. Nah, apabila masalah anda seperti ini, maka anda tidak salah kok, karena memang kepribadian anda cenderung ke arah introvert, karena itu anda mungkin sulit untuk mendapatkan teman.

Lalu, apabila anda merasa tidak ada yang mau berteman dengan anda, dan memiliki teman namun merasa tidak dianggap oleh teman anda, mungkin anda memiliki karakter pribadi yang kurang cocok dengan teman-teman anda, sehingga tidak terjalin “resonansi” yang baik. Jadi mungkin memang anda belum menemukan teman yang cocok, bukan berarti anda tidak bisa berteman dengan orang lain.

Lalu, apa yang harus dilakukan kalau memang sulit mendapatkan teman? Saran terbaik adalah abaikan kekurangan anda, dan fokus pada potensi dan kelebihan anda. Daripada anda capek-capek mencari teman, atau bersedih karena tidak ada yang mau berteman dengan anda, maka lebih baik anda fokus pada bakat, potensi, kelebihan, atau apapun hal positif yang ada di dalam diri anda. Ingat, sejahat-jahatnya seorang penjahat, dia juga memiliki kebaikan. Anda pun begitu, pasti memiliki sesuatu hal positif di dalam diri anda. Tugas anda adalah menemukan hal positif di dalam diri anda dan mengembangkannya.

Sering Putus Asa Dan Menangis Ketika Mengalami Masalah

Masalah yang dialami seperti apa kecilnya? Dan apakah berpengaruh dengan kehidupan dan aktivitas sehari – hari anda? Misalnya karena masalah kecil, anda menjadi tidak bisa tidur, kesehatan menurun, dan sebagainya? Apabila tidak, tenang saja, karena mungkin menangis dan juga menyendiri adalah strategi coping anda terhadap stress.

Menyendiri, bisa menjadi salah satu hal yang akrab dengan diri anda karena mungkin anda memang memiliki kecenderungan kepribadian introvert. Namun jangan khawatir, karena strategi coping orang adalah bermacam-macam dan bervariasi. Apabila anda merasa tidak nyaman dengan kondisi anda yang menyendiri dan menangis ketika mengalami masalah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan misalnya :

  1. Bermain game sendirian
  2. Berjalan-jalan
  3. Berteriak kencang-kencang di gunung atau tempat sepi
  4. Menyalurkan hobi dan kemampuan yang anda miliki.

Jadi, kapanpun anda merasakan hal tersebut, sedih, sakit hati atau apapun itu, selalu ingat bahwa anda masih memiliki kemampuan yang lebih. Ada potensi di dalam diri anda yang bisa anda kembangkan. Mengembangkan potensi juga bisa menjadi salah satu strategi coping. Banyak loh orang-orang yang mampu menyalurkan masalah psikologisnya ke dalam karya-karya yang menarik dan bagus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Psikologi Mania