Merasa Kesepian? Ini Dia Cara Menghilangkan Kesepian Yang Bisa Anda Lakukan

Merasa Kesepian? Ini Dia Cara Menghilangkan Kesepian Yang Bisa Anda Lakukan

December 19, 2016 Off By admin

Merasa Kesepian? Ini Dia Cara Menghilangkan Kesepian Yang Bisa Anda LakukanCara Menghilangkan Kesepian – Kesepian merupakan salah satu hal yang seringkali muncul di dalam hidup kita. Tidak jarang kita merasakan kesepian begitu saja, tanpa ada alasan yang jelas, atau kesepian karena mengalami suatu fase-fase kehidupan, seperti perubahan status sosial ekonomi, kehilangan orang yang disayangi, dan sebagainya.

Apa Itu Kesepian?

Kesepian atau loneliness adalah adalah sebuah perasaan tidak puas dan rasa kehilangan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara bentuk hubungan sosial yang diinginkan individu dengan hubungan sosial yang dimiliki oleh individu.

Terdapat dua bentuk kesepian, yaitu dalam hal kualitas dan juga kuantitas. Kekurangan secara kualitas terjadi jika individu merasa bahwa hubungan sosial yang dimilikinya hanya bersifat superficial atau dirasa kurang memuaskan. Sedangkan kekurangan secara kuantitas terjadi jika individu memiliki sedikit atau tidak memiliki teman yang diinginkannya

Selain itu, kesepian juga bisa dikategorikan ke dalam dua bentuk, yaitu:

  1. Social Loneliness

Merupakan loneliness dimana individu merasa bahwa dirinya tidak puas dengan hubungan sosial yang ada saat ini. Individu cenderung merasa kesepian karena kurangnya jaringan sosial dengan teman dan kenalan lainnya untuk melakukan kegiatan serta aktivitas yang menarik.

  1. Emotional Loneliness

Merupakan bentuk loneliness dimana individu merasa kesepian dan tidak puas karena kurangnya dan terbatasnya kelekatan, kedekatan, dan ikatan hubungan emosional yang intim. Emotional loneliness bisa disebabkan oleh hubungan yang tidak memuaskan, atau juga tidak memiliki pasangan.

Cara Menghilangkan Kesepian

Sebelum anda memahami cara menghilangkan kesepian, maka paling tidak anda harus mengetahui terlebih dahulu kesepian seperti apa yang melanda diri anda. apakah anda merasa kesepian karena adanya kekurangan kuantitas, atau kekurangan kualitas? Selain itu, anda juga harus tahu, apakah anda mengalami kesepian yang sifatnya sosial atau kesepian yang sifatnya emosional.

Bagi anda yang mengalami kesepian karena kurangnya kuantitas, maka Cara Menghilangkan Kesepian dapat dilakukan salah satunya adalah media sosial bisa menjadi salah satu wadah yang tepat. Di media sosial anda bisa memiliki relasi yang sangat banyak, yang akan membantu anda mengatasi masalah kesepian karena faktor kuantitas, alias relasi sosial yang kurang banyak.

Apabila anda mengalami kesepian karena faktor kualitas, maka anda bisa mencoba untuk lebih meningkatkan intensitas komunikasi anda dengan orang lain. Misalnya saja anda menjalin hubungan yang lebih kuat lagi dengan sahabat anda, bertamasya bersama, travelling, bermain bersama, berkumpul, dan sebagainya. Tidak perlu banyak, karena yang diutamakan adalah bagaimana kualitas dari hubungan anda dengan sahabat anda.

Bagi anda yang mengalami emotional loneliness, anda bisa mencari teman mengobrol baru yang bisa menghapuskan rasa kesepian emosional di dalam diri anda. bisa juga mencari pasangan baru, atau sahabat baru, apabila anda merasa kesepian karena pasangan dan sahabat anda meninggalkan anda.

Untuk masalah social loneliness, anda bisa melakukan suatu hal yang baru, aktivitas baru, atau suatu kegiatan yang ramai dan bisa dilakukan bersama-sama, dalam jumlah peserta yang banyak. Misalnya saja mengikuti pengajian, kegiatan keagamaan, mengikuti komunitas tertentu, melakukan kegiatan olahraga bersama, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kesepian yang bisa anda lakukan. Jadi, sudah tahukah anda kesepian seperti apa yang ada di dalam diri anda, dan bagaimana cara mengatasi kesepian yang muncul di dalam diri anda? By: Eduardus Pambudi