Menyikapi Emosional Yang Memuncak dan Tak Dapat Dikendalikan

Nama : xxxx Rokhim
Judul : Emosional
Isi Konsultasi : Selamat siang Nama saya Abdul Umur 21tahun Gol darah O Saya seorang muslim Saya ini orangnya susah untuk memulai komunikasi dengan orang yg baru ketemu/baru kenal Saya tidak terlalu suka dengan keramaian, Saya juga terkadang merasa takut yg berlebihan terhadap sesuatu yg tidak jelas, Saya mau tanya Dari kecil saya itu orangnya dikatakan KERAS , Mudah emosi dan mudah sakit hati,tetapi emosi saya jarang terlampiyaskan / saya pendam termasuk rasa skait hati,sehingga suatu hari bisa terasa lagi Bagaimana menyikapi keadaan diri saya agar lebih terbuka dan bersifat ikhlas agar hidup lebih tenang dan bahagia, Apakah emosi yg saya pendam berdampak buruk buat kesehatan saya, Sebelumnya terimakasih

Menyikapi Emosional Yang Memuncak dan Tak Dapat Dikendalikan

Jawaban: Trimakasih sebelumnya untuk mas Rokhim. Emosi yang tertahankan dan selalu dipendm memang akan menjadi problem bagi diri sendiri manakala emosi tersebut telah terakumulasi. Untuk itu penting untuk dicermati bahwa pada saatnya nanti, emosi yang telah lama di pendam tersebut berpotensi menumpuk bagai bola salju, semakin lama semakin membesar. Dan ketika hal tersebut tak mampu lagi untuk diredam, maka permasalahan tersebut akan meledak yang mengakibatkan pelampiasannya tak mampu terkontrol lagi. Dan hal tersebut biasanya cenderung bersifat negatif.

Emosi yang dipendampun juga memiliki potensi untuk mengarah pada kondisi kesehatan secara fisik dan psikologis. Beberapa hal yang dapat muncul diantaranya yaitu; stress, sakit kepala, perasaan mual seperti ingin muntah, hingga gangguan pencernaan. Perlu ditangani secara serius jika hal tersebut telah terlanjur mengarah ke bentuk penyakit secara fisik, penanganannya pun harus melalui dokter dan para psikolog.

Untuk menyikapi kondisi emosi yang anda alami tersebut, adakalanya mencoba untuk mencurahkan segala keluh kesah anda terhadap rekan yang sekiranya dapat dipercaya. Entah itu orang tua, kerabat, sahabat, maupun teman dekat anda saat ini. Carilah orang yang memang benar-benar mampu untuk menjaga rahasia anda dengan baik, selain itu carilah ia yang memang juga dapat memberikan nasehat membangun bagi anda untuk hal-hal yang baik.

Hal tersebut penting untuk dilakukan karena, dengan berbagi keluh kesah dan ada rekan yang mendengarkannya, maka unek-unek yang selama ini anda pendam akan tersalurkan kepada orang yang tepat.

Selain itu cara untuk meredam emosi dapat dilakukan dengan mengatur pernafasan, ketika emosi anda tengah memuncak. Istighfar dan sesegeralah untuk berwudhu untuk meredam emosi anda. Dengan begitu selain emosi anda sedikit mereda, juga bermanfaat untuk mendinginkan suasana. semoga dapat diaplikasikan cara untuk Menyikapi Emosional Yang Memuncak dan Tak Dapat Dikendalikan

 

Psikologi Mania