Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Menghilangkan Pikiran NegatifNama : joshu
Judul : Im so cool
Isi Konsultasi : Bagaimana mnumbuhkan rasa percayadiri yg konsisten dan bgaimn mnghilangkn pikiran ngtif. Bgaimn agr mood ttp konsinten tdk brubah2, tengkiu..

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Jawaban: Kepercayaan diri merupakan sikap yang mencerminkan keberanian dalam sebuah tindakan. Telah diketahui bahwa, kepercayaan diri tersebut, adalah kunci dari segala kunci dalam mencapai jenjang keberhasilan dalam melakukan segala hal. Tanpa adanya rasa kepercayaan diri, tentu hasil yang telah di usahakan selama ini tak akan mampu memperlihatkan hasil yang optimal. Dengan kepercayaan diri pun kita akan lebih di hargai oleh orang di sekitar kita.

Untuk itu maka, kepercayaan diri menjadi hal yang urgen untuk kita miliki. Berikut ini adalah tips untuk meningkatkan kepercayaan diri kita.

  1. Pakaian Yang Pantas

Pakaian yang anda gunakan akan sangat mempengaruhi dari performance anda. Pakaian pun diketahui memiliki pengaruh terhadap diri anda dalam hal kepercayaann diri. Oleh karena itu maka, sebaiknya anda pakaian yang nyaman untuk dikenakan dan mampu meningkatkan kepercayaan diri ketika sedang berinteraksi.

2. Berjalan Cepat

Anda akan dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan menaruh semangat pada setiap langkah anda. Berjalan 25% lebih cepat, diketahui mampu membuat anda terlihat percaya diri, begitu pula dengan perasaan anda yang nampak confident.

Postur Yang Baik

Cara kita dalam membawakan diri diketahui mampu menggambarkan siapa diri kita. Berdiri tegak, jaga kepala anda, dan buatlah kontak mata dengan mantap. Anda akan membuat kesan yang terlihat positif terhadap orang lain dan anda pun secara otomatis merasakan kemunculan dari kepercayaan diri itu sendiri.

3. Mempromosikan Diri Sendiri

Tulislah sebuah kata motivasi singkat yang akan menekankan kelebihan dan juga cita-cita anda. Berlatihlah untuk membicarakannya di depan cermin dengan suara yang keras. Di saat itulah anda akan memberikan afirmasi positif terhadap diri anda dan pada akhirnya kata-kata positif tersebut mampu untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

4. Bersykur

Sisihkanlah waktu yang anda miliki untuk merenungkan setiap hal yang memang perlu untuk anda syukuri. Ingatlah kembali bahwa kesuksesan anda, keterampilan unik yang anda miliki, serta pengalaman positif lainnya adalah hal yang wajib untuk anda syukuri. Dengan bersyukur, maka segala hal yang anda miliki saat ini adalah kontribusi dari kekuatan tak terlihat, yang di anugrahkan pada diri anda oleh sang pencipta.

5. Memuji Orang Lain

Tolaklah segala hal dari bentuk gosip dan berusahalah untuk membangun hubungan baik dengan orang di sekitar anda. Pujilah orang yang ada di sekitar anda, maka orang yang anda puji tersebut akan memberikan energi positif pula berupa dukungan, sehingga anda pun akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang berlipat ganda.

6. Duduk Di Barisan Depan

Kampus, kantor, atau berbagai hal tempat pertemuan lainnya untuk selalu duduk di bangku paling depan. Biasanya rata-rata orang, akan lebih suka duduk di barisan terbelakang. Hal ini merupakan cerminan dari minimnya kepercayaan diri orang tersebut. Anda dapat menyingkirkan rasa kurang percaya diri tersebut, dengan mencoba untuk selalu duduk di depan. Dengan begitu maka, rasa kepercayaan diri anda pun akan terasah dengan baik.

7. Aktif Berbicara

Banyak orang yang tak ingin berbicara dalam sebuah diskusi kelompok. Hal tersebut dikarenakan, mereka takut untuk mengundang pikiran negatif dari orang lain, manakala ia salah dalam berucap atau terlihat bodoh di depan orang lain. Padahal, ketakutan ini sebetulnya tidak dapat dibenarkan. Pada umumnya orang akan jauh lebih menerima, setiap pendapat yang kita berikan. Maka daripada itu, upayakanlah untuk selalu berbicara, walau hanya sekali saja dalam sebuah diskusi. Keberanian anda akan berkembang dan akan tampil manakala hal tersebut diasah sedini mungkin.

8. Tetap Bugar

Apabila anda tak bugar, maka anda akan merasa tidak nyaman, dan tidak menarik. Dengan berolahraga maka kebugaran yang anda miliki akan muncul, dan ketika kebugaran tersebut muncul, tentunya anda akan menjadi pribadi yang energik. Faktor energik inilah yang menjadi salah satu penentu kepercayaan diri yang kita miliki.

9. Fokuslah Pada Kontribusi

Jika anda berhenti untuk berpikir tentang diri sendiri dan berkontribusi bagi orang lain, maka anda secara alamiah melupakan kekurangan yang anda miliki. Semakin banyak anda berkontribusi bagi orang di sekitar anda, maka anda pun akan semakin merasakan dapak positif berupa luapan rasa percaya diri yang tinggi.

Selain itu Untuk membiasakan diri berfikir positif dengan memandang segala sesuatu dari semua aspek, dengan begitu anda pun akan dapat memahami setiap pendapat yang disampaikan oleh orang lain, maupun apa-apa saja yang tak sesuai dengan keinginan anda. itulah hal yang dapat dilakukan untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

 

Psikologi Mania