Menjadi Manusia Yang BerdedikasiManusia yang berdedikasi – Sang waktu akan terus berganti, ia akan selalu diiringi oleh perubahan yang kadang tak tersadari. Mereka yang sadar tentulah akan selalu memperbaiki diri, namun mereka yang lalai dan terlupa justru akan berbangga diri dengan hal-hal yang sifatnya duniawi.

Dalam perjalanan hidup ini ada 3 hal yang bisa kita jadikan tolak ukur bahwa seseorang telah meraih kesuksesan. Yang pertama adalah ia merasa cukup dengan apa yang telah ia miliki, yang kedua ia mampu berbahagia dalam setiap kesempatan, dan yang terakhir ia mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

3 hal di atas tampaknya menjadi spriti tersendiri bagi perjalanan situs psikoma.com. Telah banyak waktu yang di jalani guna menghadirkan berbagai content secara gratis yang dapat dinikmati oleh masyarakat indonesia. Tak cukup sampai pada layanan content informasi saja, teman-teman pun menanggapi konsultasi psikologi online gratis, walaupun memang masih banyak kekurangan disana-sini.

Saya mengenal seseorang mahasiswi dimana ia memiliki daya juang yang begitu tinggi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ajaibnya keterbatasan ekonomi tersebut tak membuatnya patah semangat untuk berusaha untuk memenuhi kebutuhan (sehari-hari, kuliah, membayar kos) dan tak lupa membantu orang lain dengan hasil usahanya sendiri.

Saya terkesan dimana banyak sekali mahasiswa seumuran dirinya yang masih bergantung kepada orang tuanya, bahkan mengeluh hanya karena orang tuanya memberikan jatah lebih sedikit dibandingkan bulan sebelumnya. Waktu bersenang-senang nongkrong untuk sekedar shopping di mall, maupun nongkrong di café-café seperti rekan-rekannya mahasiswa-mahasiswi lain pun ia alihkan untuk membuat aneka content jualan toko online.

Oh iya ngomong-nogmong saya pun mengikuti aktivitas toko onlinenya yang saya rasa memang menarik visualisasinya dan harganya kompetitif. Sangat kreatif dengan memanfaatkan feed yang rapi. Saya rasa ia begitu berdedikasi pada apa yang ia lakukan, saya rekomendasikan anda untuk dapat melihat atau bahkan terhubung untuk membeli dari dirinya agar anda tau bagaimana kejujuran dirinya dalam berdagang. Anda bisa lihat di TOKO AII

Pemuda lain yang saya kenal semenjak zaman kuliah dulu di tahun 2011 lalu juga memiliki kepribadian yang tak kalah mengagumkan ditengah keterbatasannya. Ia pun tak lebih baik dari mahasiswi kenalan saya sebelumnya, ia bahkan memiliki problem permasalahan keluarganya. Dan ujung-ujungnya terkendala masalah ekonomi pula.

Akibatnya dahulu ia tak dapat menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya. Meskipun begitu telah banyak karya yang di ciptakannya, bahka ia juga menjadi salah satu orang penting di beberapa organisasi semasa kuliah. Kini ia pun menjadi tulang punggung keluarganya untuk menyokong ibu dan adik-adiknya.

Ia memiliki kemampuan yang luar biasa di bidang koding, desain. Ia beberapa kali tak segan membantu saya dalam membuat beberapa desain. Dan yang lebih buat takjub ia pun tak meminta bayaran. Pun begitu pula saat ia diminta tolong untuk membantu beberapa organisasi non profit, ia siap sedia. Begitu berdedikasi ia dengan memberi manfaat bagi orang lain.

Maka jika ada ungkapan bijak “Bagaimana anda memberi, sebanyak itu pulalah anda menerima”. Saat ini tercatat ia telah mendapatkan pekerjaan dan peran yang menurut saya bagus, dimana banyak rekan dirinya yang lulus kuliah duluan, namun ternyata belum jua mendapatkan pekerjaan. Ia saat ini dipercaya sebagai coordinator KNRP paser, dan mengabdikan diri di salah satu sekolah Islam terpadu kabupaten Passer.

Ingat lakukanlah semampunya bukan semaunya. Dengan begitu tak hanya menguntungkan anda, namun dengan apa yang anda lakukan juga mampu untuk mengangkat value dari orang lain yang membutuhkan.

Berapa banyak orang yang berbangga diri mendapatkan keuntungan dari tanpa memikirkan sanak saudara saudari yang menyokong keberhasilan dirinya. Berapa banyak pula orang yang fokus mengejar duniawi tanpa ia sadar waktunya hanya terbuang sia-sia untuk mengejar hal yang sewaktu-waktu menghilang tanpa ia sadari.

Namun hanya sedikit orang yang dapat berdedikasi dan berkontribusi bagi saudar-saudari nya hingga akhirnya sang kuasa memberi kesempatan dengan limpahan rezeky tak terperi Salam sukses di mengawali tahun dan hari semoga kita mampu menjadi manusia yang berdedikasi. (Samarinda, 1 Januari 2018)

 

Muhamad Fadhol Tamimy

Penulis merupakan co-founder psikoma, penulis buku “Sharing-mu, Personal Branding-mu”