Menguatkan Diri Untuk Menghadapi Trauma Masa Lalu Yang Kelam

Menguatkan Diri Untuk Menghadapi Trauma Masa Lalu Yang Kelam

March 1, 2017 Off By admin

Menguatkan Diri Untuk Menghadapi Trauma Masa Lalu Yang KelamNama : Ti
E-mail : clxxxria@gmail.com
Judul : Cara menghadapi Trauma masa lalu
Isi Konsultasi : Saya pernah mengalami pelecehan seksual oleh kakak kandung saya cowok beda 4 th dg saya sewaktu kecil. Bibir saya sering dicium dan payudara saya per ah dipegang dan diremas jg. Selain it saya jg punya sepupu cewek beda 2 th dg saya. Saya sering diajak bermain bersama. Namun dia melakukan permainan yg menurut saya jg merupakan pelecehan seksual. Sy br menyadari hal ini ketika sy sudah mulai SMP SMA. Saya tidak pernah cerita ke ortu saya. Saya sering erbayang ketika ngelamun. Apa yg harus saya lakukan?

Jawaban

Cara menghadapi trauma masa lalu – Untuk mba ti sebelumnya saya mendoakan mba ti, semoga bisa menjadi orang yang penuh semangat dan tetap mengerjakan kebaikan.

Pengalaman yang buruk atau trauma masa lalu yang anda alami tentu menjadi hal yang sangat berat untuk anda. Terlebih apa yang anda alami tersebut menyangkut harga diri dan juga kehormatan. Dimana pelakunya justru orang yang dekat dengan Anda. Memang tidak mudah untuk melupakan begitu saja peristiwa atau kejadian tersebut.

Cara menghadapi trauma masa lalu

Saran saya agar mba ti dapat melupakan kejadian tersebut adalah yang pertama adalah memaafkan masa lalu anda. Siapapun itu.

Sulit?

Tentunya hal tersebut butuh proses yang tidak mudah. Perlu usaha, niat dan juga keikhlasan dalam hati, dalam diri, dan nurani.

Mengapa harus memaafkan?

Karena memaafkan adalah kunci membuka jalan menuju kebahagiaan. Terhalangnya suatu kebahagiaan manusia salah satu penyebabnya adalah masih terjaganya kebencian dalam diri. Baik itu kebencian yang telah lama ada, maupun kebencian yang baru saja ada.  Dengan memaafkan kebencian yang selama ini di pendam dalam hati, semoga hati lebih ringan untuk memandang setiap orang.

Karena tidak dapat kita pungkiri bahwa, kebencian yang ada dalam diri kita terhadap orang tertentu, terkadang membuat kita menggeneralisir orang lain yang sebetulnya tidak ada sangkut pautnya dengan kejadian bahwa ia akan melakukan hal serupa terhadap diri kita.

Saran saya yang kedua saat anda sudah mampu memaafkan, cobalah untuk bersikap tegas pada diri anda. Ketegasan yang dimaksud adalah, ungkapkan rasa ketidak setujuan yang anda rasakan, jika anda tidak menyukai hal-hal tertentu menyangkut dengan perlakuan orang lain terhadap diri anda. Singkrikan rasa tidak enakan dalam diri Anda yang cendrung membohongi diri anda sendiri. Tentunya segala pendapat disampaikan dengan baik dan penuh kesantunan. Jika anda emosi dalam menyampaikan pendapat atau ketidaksukaan anda, sebaiknya menyingkir dahulu hingga kondisi emosi anda stabil. Setelah stabil barulah anda dapat mengungkapkan pendapat sesuai dengan apa yang menjadi ketidaksetujuan tersebut.

Yang kedua yang harus anda lakukan adalah, perbanyak kegiatan-kegiatan yang positif. Kegiatan yang membuat anda sibuk dan tidak sempat memikirkan hal-hal masa lalu yang buruk.

Anda dapat mencoba dengan mengikuti berbagai kerja bakti sosial, atau ikut dengan relawan-relawan yang membantu masyarakat lain. Dengan membantu, maka banyak sekali hal-hal positif yang akan anda dapatkan dan rasakan. Diantaranya yaitu, menemui banyak orang yang keadaannya lebih tidak beruntung. Saat anda dapat merasakan ketidak beruntungan yang mereka rasakan, saat itulah rasa syukur akan mulai menguat.

Tak hanya itu saja, dengan mengikuti beragam kegiatan, kita pun akan mendapatkan kenalan baru yang pasti tentunya kita dapat belajar dari mereka, pengalaman mereka, hingga kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Ambil hal positif atau kelebihan yang mereka miliki, selanjutnya anda dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya adalah menguatkan kondisi spiritual kita. Dekatkanlah diri pada sang pencipta dengan memperbanyak beribadah. Dengan memperbanyak untuk beribadah maka usaha kita untuk menjadi lebih baik dari masa lalu yang kelam akan semakin mudah.

Dan percaya dirilah. Percaya diri anda dan yakini bahwa anda adalah orang yang istimewa. Munculkanlah kepercayaan diri tersebut agar energy positif dalam diri akan keluar dan mengembang. Saat energy positif anda telah muncul, maka hal tersebut yang akan membuat anda berbeda dari orang yang lain. Hingga orang-orang di sekitar anda menyukai anda. Semoga ana dapat menghadapi trauma masa lalu yang dirasakan dapat teratasi dan hal ini dapat memberikan manfaat. Psikologi Mania