Menghilangkan Gngguan Delusi Yang DialamiNama : Pandu XXXX
Judul : gangguan delusi (delusion disorder)
Isi Konsultasi : Selamat malam, langsung saja. sya ingin brtanya mengenai masalah gangguan delusi. akhir2 ini delusi yg pernah saya alami kumat lagi setelah beberapa bulan ada masalah yang kurang enak. kadang2 kumat waktu menjelang malam, sekitar jam 9malam ke atas. saya juga sering insomnia karena hal itu. mohon solusinya agar menekan/menghilangkan delusi yg saya alami. terima kasih

Jawab: Sebelum kita menjawab tentang delusi tersebut, ada baiknya untuk pembaca lain memahami, apa makna delusi itu sendiri. Delusi secara garis besar merupakan sebuah kondisi dimana seseorang tersbut meyakini bahwasanya sesuatu yang ia yakini tersebut merupakan hal yang benar adanya, meskipun pada kenyataannya hal tersebut sangat bertentangan di dunia nyata. Ia juga dapat di sebut sebagai waham.

Gngguan Delusi

Menurut sudut pandang Psikologi yang mengacu pada American Psychiatric Association dalam DSM IV delusi dikatakan sebagai “Kepercayaan keliru yang berlandas pada referensi  yang tidak sesuai mengenai realitas eksternal yang dipertahankan erat-erat, tidak peduli apapun keyakinan banyak orang dan tidak peduli apapun dasar-dasar dan bukti-bukti nyata tak terbantahkan yang menunjukkan kebalikannya.

Namun perlu diketahui bagi mas pandu dan siapa saja delusi di bagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah waham yang tidak masuk akal (bizarre delusion), dan waham yang masih logis dan masih mungkin terjadi di dunia nyata (non-Bizarre delusion). Untuk mas pandu dari apa yang di ceritakan mungkin belumlah terperinci atau mendetail, biasanya ketika terjadi delusi tersebut apakah ada suatu ketika terjadi ataupun tidak sama sekali terjadi. Yang kedua sudah berapa lama anda mengalaminya, juga belum begitu terperinci .

Namun ada kalanya untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu penanganan secara psikoterapi, pengobatan, dan self-help. Untuk melakukan beberapa cara tersebut penting untuk dilakukan oleh orang professional di bidangnya seperti para psikolog.

Namun jika anda belum sempat untuk datang ke psikolog, ada baiknya untuk mencoba mendekatkan meningkatkan kualitas spiritual anda dengan beribadah. Karena ketika kita cemas dan seolah-olah sedang terjadi sesuatu padahal kenyataannya tidak, sehingga membuat kita cemas maka segeralah untuk menyerahkan segalanya pada yang maha kuasa. Karena sebagai umat yang beragama, segala sesuatu tak akan mencelakakan kita selama taka da izin dan takdir dari-Nya.

Psikologi Mania

Psikologi Indonesia