Menghadapi Pertengkaran Dengan Bijaksana Untuk Pasangan KekasihMenghadapi Pertengkaran Dengan Bijaksana – Menjalin sebuah hubungan memang tidaklah selamanya mulus dan lurus, akan ada di satu waktu pertengkaran yang muncul di antara keduanya. Pertengkaran yang terjadi ibarat sebuah bumbu penyedap di dalam hubungan. Namun membiarkan pertengkaran tersebut bukanlah sebuah solusi yang tepat, perlu adanya penyikapan secara arif dan bijaksana.

Menghadapi pertengkaran dengan bijaksana

Pertengkaran sendiri dapat berakhir dengan damai apabila keduanya saling mengerti satu sama lainnya. Namun tidaklah banyak orang yang memiliki sifat tersebut, kebanyakan dari mereka merupakan pasangan yang selalu ingin dimengerti dan menang sendiri, sehingga hubungan mereka bukan malah bertambah baik namum justru malah kian berantakan.

Jika hal ini dibiarkan dengan keteguhan untuk mempertahankan argumen dan pendirian masing-masing, maka jalan terbaik yang dapat mereka ambil yaitu perpisahan. Namun apabila ada satu pihak yang mampu untuk mengerti dan mengalah, kemungkinan hubungan ini akan berakhir dengan bahagia tanpa adanya momen perpisahan.

Berikut ini adalah kiat untuk menghadapi pertengkaran dengan pasangan secara bijaksana

  • Menumbuhkan Rasa Saling Pengertian

Pengertian antara satu dengan yang lainnya diperlukan dalam sebuah hubungan. Dengan saling pengertian maka kita akan sadar, bahwasanya setiap permasalahan tentu akan ada solusi untuk menyelesaikannya. Hindari untuk terpancing oleh emosi yang masih bercokol di dalam hati, karena emosi hanya akan membawa ke arah permasalahan yang lebih berat lainnya.

  • Cobalah Untuk Menerima Perbedaan

Pertengkaran yang terjadi kebanyakan di sebabkan oleh perbedaan, sehingga perbedaan yang tidak disikapi dengan bijak ini dapat memunculkan pertikaian dalam hubungan. Dengan mencoba untuk memahami perbedaan, berarti anda telah memperindahnya. Karena setiap manusia diciptakan berbeda oleh Tuhan untuk saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Dengan memahami perbedaan sama dengan memperindah kehidupan.

  • Berikanlah Waktu Tenang

Jika pasangan anda telah dalam keadaan emosi yang memuncak, maka sebaiknya anda untuk tidak menghubunginya terlebih dahulu. Karena dalam kondisi emosi yang sedang tinggi, alasan hingga anjuran baikpun akan terkesan sebuah perlawanan. Namun apabila kondisi emosi telah mereda di situlah saat anda harus segera untuk menjelaskan perbedaan yang ada.

  • Hindari Untuk Saling Menyalahkan

Langkah terakhir untuk menyikapi pertengkaran dengan bijak adalah tidak saling menyalahkan satu dengan yang lainnya. Saling menyalahkan justru malah membuat kacaunya hubungan, bahkan menyulut pertengkaran secara fisik dan ujung-ujungnya tindak kriminal yang akan diperbuat. Menahan diri dengan diam lebih baik daripada mencaci maki dan saling menyalahkan. Bicaralah dengan komunikasi dan perkataan yang baik-baik, karena pada dasarnya manusia diciptakan dengan kemudahan untuk memahami hal-hal yang baik. Itulah beberapa cara menghadapi pertengkaran dengan bijak untuk pasangan kekasih. By : Muhamad Fadhol Tamimy