Menghadapi Orang Yang Lagi Emosi

Menghadapi seseorang yang sedang di hampiri rasa emosi akibat peristiwa tidak mengenakan tentu tak semudah ketika menghadapi orang yang sedang dalam keadaan bahagia ataupun senang. Menghadapi orang yang tengah emosi memerlukan trik dan tips khusus, agar sukses meluluhkan hatinya.

Dalam artikel berikut ini akan dibahas tentang strategi dalam menghadapi ornag yang tengah di landa emosi tinggi. Berikut adalah uraian selengkapnya.

  1. Mendengarkan Terlebih Dahulu

Langkah awal ketika sedang menghadapi orang yang tengah emosi adalah mendengarkan apa yang ia katakan. Ketika orang dalam keadaan emosi tentu memiliki perasaan untuk meluapkan ekspresinya dengan aneka macam cara, entah itu berteriak, memukul sesuatu, hingga menyalurkannya kepada orang lain yang tak ada hubungannya sama sekali dengan cara mengomelinya.

Jika anda berada dalam posisi tersebut maka dengarkan saja apa yang menjadi omelannya. Dengan mendengarkan maka kita akan mampu untuk memahami mengapa ia menjadi emosi. Ketika kita sudah memahaminya maka kita akan lebih mudah untuk bersikap dalamĀ  menghadapinya. Selain itu dengan mendengarkannya, maka dia yang sedang emosi akan merasa diperhatikan. Sudah fitrah manusia ketika ia diperhatikan ia akan berbalik simpati dan menghormati kita.

Jangan mencoba untuk memotong pembicaraan yang sedang ia lakuka. Karena dengan memotong pembicaraan tersebut, justru membuat ia semakin marah, karena hal tersebut dianggap suatu penantangan terhadap otoritasnya. Mereka yang merasa ditantang otoritasnya akan lebih offensife terhadap diri kita.

  1. Bersikap Tenang

Menghadapi segala sesuatu diperlukan ketenangan. Termasuk ketika menghadapi orang yang tengah emosi. Dengan sikap tenang maka pikiran pun akan tenang dan meminimalkan sikap gegabah terhadap situasi. Sikap tenang menghadapi orang yang tengah emosi ini pun dapat menimbulkan keuntungan diantaranya adalah kemampuan untuk mengambil sikap tanpa menyakiti hatinya.

  1. Posisikan Diri Anda Untuk Sejajar Atau Sedikit Lebih Rendah

Ketika sedang berkomunikasi dengan orang yang tengah emosi dalam bentuk kemarahan, maka usahakan posisi anda untuk sejajar terhadapnya. Jangan mencoba untuk berada di posisi lebih tinggi. Semakin anda berusaha untuk melebihkan posisi anda terhadapnya justru dapat meningkatkan emosi yang lagi marah. Orang yang marah dalam keadaan berdiri, akan lebih berkurang ketika kita berhasil mendudukanya dengan cara perlahan.

  1. Senyum dan Bersabar

Selalu untuk tersenyum menghadapi segala sesuatu adalah hal yang baik daripada anda menunjukkan ekspresi ketidaksukaan. Dan yang terakhir adalah bersabar. Mereka yang bersabar dalam menghadapi orang yang tengah dalam keadaan emosi akan mudah untuk meluluhkan hatinya

Itulah bebrapa trik untuk menghadapi orang yang tengah dalam keadaan emosi, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk di share untuk memberikan pengaruh kebaikan terhadap semua yang membaca. Muhamad Fadhol Tamimy