Mengetahui Penebab Rasa Tidak Percaya Diri

Nama : yati
Judul : karakteristik atau sifat kepribadian
Isi Konsultasi : Kurang nya percaya diri pada diri sendiri, dan jika orang memaksa selalu menuruti maunya orang tersebut, sehingga mengganggu perasaan sendiri, dan merasa sakit hati, orang yang seperti ini termasuk orang seperti apa ? Saya mengharapkan penjelasan nya, terima kasih

Jawaban: Semua orang sebenarnya memiliki masalah dengan istilah yang satu ini. Ada sebagian dari mereka tergolog orang yang merasa ia telah kehilangan rasa kepercayaan dirinya hampir di keseluruhan wilayah hidupnya. Mungkin saja hal tersebut terkait dengan masalah krisis diri, depresi, hilangnya kendali, merasa tak berdaya untuk menatap sisi cerah masa depan, dan lain sebagainya. Ada juga orang yang merasa belum pede ataupun percaya diri dengan apa yang telah dilakukannya ataupun dengan apa yang sudah ditekuninya.

Rasa tidak percaya diri yang anda alami tersebut pada akhirnya menjadikan anda sungkan untuk mengungkapkan apa yang menjadi fikiran anda. Sehingga setiap orang yang memaksakan kehendaknya pada akhirnya membuat anda tak pd untuk mengungkapkan ketidak setujuan anda, dan berakibat sakit hati yang rasa yang anda pendam tersebut. Ada baiknya memang, untuk mencoba berusaha mengungkapkan apa yang anda rasakan, tentunya dengan cara yang baik. Hindari untuk terbawa emosi dalam mengungkapkan pendapat anda tersebut.

Jika anda seorang siswa/ mahasiswa ataupun pekerja anda dapat mencobanya dengan memulai berlatih mengungkapkan setiap gagasan dalam suasana belajar mengajar untuk anda jika masih dalam status siswa ataupun mahasiswa. Namun apabila anda berstatus sebagai pekerja, anda dapat mencoba aktif mengungkapkan ide gagasan anda dalam sebuah rapat kecil tim kerja anda.

Psikologi Mania