Mengenali Gejala Gangguan Psikologis Pada RemajaGangguan Psikologis Pada Remaja. Ganguan psikologis mungkin pernah kita alami. Remaja yang mengalami gangguan psikologis tidak menunjukkan gejala yang aneh. Karena para remaja masih dapat berfikir, berkata-kata, bertindak, dan berkomunikasi secara normal. Gangguan psikologis ada dua macam yakni naurose atau gangguan jiwa yang ringat dan psychose atau gangguan jiwa pada taraf yang berat.

Neurose seperti rendah diri, rasa kuatur yang berlebih, cemas, takut tidak beralasan, tersinggung, putus asa, mudah marah dll. Sedangkan pada psychose seperti histeria, tidak ada integritas dll. Untuk itu orang terdekat sang remaja harus benar-benar memperhatikan perkembangan serta perubahan prilaku yang sedang di alaminya. Untuk itu artikel ini akan membahas tentang gejala gangguan psikologis pada remaja. Berikut ulasan lengkapnya :

  1. Perubahan Mood yang berlangsung lama

Gejala gangguan psikologis pada remaja yang pertama ialah perubahan mood yang memakan waktu lama yang lebih dari dua minggu, dan jika ini terjadi maka bisa jadi indikator kuat terjadi gangguan. The National Institute Of Mental Health mengatakan bahwa perilaku yang sangat gembira dan perasaan depresi bisa jadi adalah gejala bipolar.

  1. Tidak Konsentrasi

Gejala gangguan psikologis pada remaja yang kedua ialah, kurangnya konsentrasi pada remaja. Remaja yang kurang berkonsentrasi dari sebelumnya bisa  dicurigai mengalami gangguan psikologis. Contohnya saja ketika melakukan aktivitas sehari-hari dan sedang menimba ilmu di sekolah.dan akhirnya berdampak pada prestasinya di akademik.

  1. Mengalami tekanan batin

Gejala ganguan psikologis pada remaja yang ketiga ialah mengalami tekanan batin yang. Tekanan batin akan di alami oleh remaja yang mengalami gangguan psikologis, tidak terlalu terlihat saat remaja mengalami hal tersebut. Namun remaja akan terlihat murung, diam dari biasanya dan menarik dirinya pada lingkungan sosial.

  1. Menjadi sering tersinggung

Gejala yang ketiga ialah, mudah tersinggung pada remaja yang mengalami gangguan psikologis. Ketika mengalami gangguan spikologis remaja akan sensitif terhadap beberapa kondisi, ia akan mudah sekali untuk tersinggung terhadap hal yang sebenarnya kecil atau yang tidak menyenangkan bagi dirinya.

  1. Suasana hati yang berubah-ubah

Gejala yang ke empat ialah ketika remaja sedang mengalami gangguan psikologis gejala selanjutnya ialah suasana hati yang berubah-ubah terkadang gembira, namun tiba-tiba down dan berlangsung cukup lama. Apabila terus berlangsung, maka berpotensi remaja mengalami gejala penyakit bipolar.

  1. Pikiran yang selalu buruk terhadap apapun

Berprasangka buruk terhadap apapun yang ada disekitarnya merupakan gejala gangguan psikologi pada remaja. Jika remaja mengalami hal ini makan ia akan kurang dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Pikiran buruk tersebut yang pada dasarnya datang karna diri sendiri yang yang selalu berprasangka buruk.

  1. Takut tidak beralasan

Gejala gangguan psikologis pada remaja yang selanjutnya remaja merasa takut yang berlebihan. Rasa takut di dan mempunyai  kadar ketakutan masing-masing miliki setiap individu Merasa takut adalah hal yang wajar pada setiap individu, namun jika rasa takut itu tidak memiliki alasan yang jelas dan rasa takut yang berlebih. Bisa jadi anda mengalami gangguan psikologis dan harus di tanganin oleh yang ahli di bidang tersebut.

Jika anak anda mengalami hal tersebut ada baiknya segera meminta pertolongan pada ahlinya yakni pada psikolog. Agar dapat ditangani oleh orang yang mengerti bagaimana caranya membuat remaja terbebas dari gangguan psikologis remaja.

 

by: Nurus Syarifatul ‘Aini