Kesehatan MentalKesehatan mental yang baik adalah salah satu ciri-ciri individu yang sehat. Banyak orang terlalu fokus pada kesehatan fisik mereka sendiri, dan cenderung kurang awas dengan kesehatan mental. Padahal, kesehatan mental adalah salah satu hal yang penting yang harus dijaga agar kehidupan menjadi lebih sejahtera. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa anda memiliki kesehatan dari mental yang baik :

Tanda Kesehatan Mental Yang Baik

1. Tidak mudah stress

Stress merupakan salah satu masalah psikologis, dan juga masalah yang banyak muncul pada siapapun. Stress adalah hal yang wajar, namun ketika anda terlalu mudah mengalami stress, maka itu adalah tanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan mental anda.

Anda yang memilikinya akan lebih tahan terhadap stress, dan tidak mudah mengalami stress. Jadi apabila anda memang jarang sekali merasa stress karena hal kecil, maka selamat, anda memiliki kesehatan mental yang baik.

2. Emosi yang stabil

Emosi merupakan suatu respon afeksi yang berbentuk emosi positif dan juga emosi negatif. Apabila anda memiliki emosi yang stabil, artinya mampu mengontrol dan mengatur emosi di dalam diri anda, maka anda adalah individu yang sehat secara mental. Misalnya saja ketika diledek, anda tidak mudah marah dan sanggup mengontrol emosi anda. itulah salah satu tanda yang baik.

3. Selalu berpikir positif

Apapun yang terjadi, baik atau buruknya suatu pengalaman yang anda terima, berpikir positif adalah kunci dari kesehatan mental yang luar biasa. Ketika anda mampu untuk berpikir positif di berbagai situasi, maka anda dipastikan memiliki kesehatan daripada mental yang baik.

Tidak perlu berlebihan dalam optimis, paling tidak anda mampu untuk menerima setiap kejadian dengan rendah hati, dan percaya bahwa pasti ada suatu makna lain dari kejadian yang anda alami. Itu juga merupakan sebuah contoh dari berpikir positif yang menunjukkan anda sehat secara mental.

4. Motivasi tinggi dan selalu bersemangat

Motivasi tinggi, selalu memiliki semangat dan passion yang tinggi dalam melaksanakan berbagai aktivitas adalah ciri dan tanda lainnya dari mental yang sehat. Apapun kegiatan dan aktivitas yang anda lakukan, apabila anda mampu bersemangat dan passion dalam melakukannya, maka pastinya anda sangat sehat secara mental

5. Tidak mudah iri hati, dengki, sensitif, dan juga sirik

Sudah sangat jelas, hal tersebut adalah sebuah masalah yang sering dialami oleh mereka yang kurang baik. Mereka yang sehat secara mental akan sangat jarang sinis, iri hati, dengki, dan juga sensitif dengan orang lain. Kebalikannya, individu yang sehat secara mental akan sangat kooperatif dan menerima kekurangan diri sendiri dan juga kekurangan orang lain.

6. Menerima kritik

Kritik, sepedas apapun itu akan selalu dipandang sebagai hal yang membangun bagi orang yang sehat secara mental. Kritik akan ditanggapi dan diterima dengan rendah hati, bukan dengan rasa kesal, marah, bersungut-sungut dan keinginan untuk membalas dendam.

Itulah 6 tanda bahwa anda adalah orang yang sehat secara mental. Bagaimana? Apakah anda sudah merasakan bahwa anda memiliki kesehatan mental yang baik? Atau malah sebaliknya?

Tanggal 10 Oktober adalah hari kesehatan mental sedunia. Hal ini mengingatkan kita semua bahwa masih banyak penduduk dunia ini yang masih mengalami berbagai masalah tersebut, termasuk di Indonesia. Banyak yang kurang paham mendeteksi problem ini, dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan apabila seseorang mengalami masalah tersebut.

 Cara Tepat Dalam Mendeteksi Kesehatan Mental Seseorang

Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksinya? Apa yang harus dilakukan agar kondisi seseorang bisa terlihat, dan diketahui secara jelas? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat dan mendeteksinya.

7. Melakukan serangkaian asesmen dan pengukuran secara psikologis

Salah satu hal penting yang dapat membantu mendeteksi kesehatan mental seseorang adalah dengan cara melakukan asesmen dan pengukuran secara psikologis. Pemeriksaan psikologis ini biasanya menggunakan berbagai macam alat ukur atau instrumen psikologis, yang kita kenal dengan nama psikotes.

Psikotes dapat membantu mengungkapkan kondisi mental seseorang, dan mendeteksi kondisi seseorang. Meskipun demikian, bukan berarti psikotes mampu mengungkapkan kondisi seseorang secara penuh. Psikotes hanyalah sebagian kecil dari pemeriksaan psikologis yang dilakukan untuk mendeteksi kondisi seseorang.

8. Melakukan proses observasi

Manusia banyak menunjukkan perilaku-perilaku tertentu saat berada di berbagai situasi. Nah, perilaku-perilaku yang muncul bisa menjadi salah satu tolak ukur kesehatan mental seseorang. Banyak orang dengan kondisi kesehatan mental tertentu menunjukkan perilaku yang tidak biasa atau aneh.

Misalnya saja orang yang mengalami skizofrenia. Mereka yang mengalami skizofrenia akan menunjukkan ciri-ciri gangguan skizofrenia yang bisa diobservasi dan diamati. Misalnya saja sering berbicara yang tidak jelas, emosi dan afek yang datar, dan sebagainya.

9. Melakukan wawancara

Wawancara juga merupakan salah satu bagian dari rangkaian pemeriksaan psikologis yang mampu mendeteksi kesehatan mental seseorang. Wawancara dilakukan dengan cara mewawancarai klien (orang yang melakukan pemeriksaan psikologis) dan juga orang terdekat, seperti misalnya keluarga, pasangan, teman, dan juga sahabat.

Wawancara biasanya banyak mengungkapkan kondisi mental seseorang, misalnya apakah seseorang memiliki kecenderungan depresi, mudah trauma, dan masalah kesehatan mental lainnya.

10. Melihat catatan-catatan klien

Klien yang melakukan pemeriksaan psikologis bisa jadi pernah memiliki buku diary, catatan medis khusus, ataupun catatan-catatan lainnya yang menggambarkan kondisinya. Meskipun tidak selalu digunakan, namun catatan-catatan seperti itu terkadang mampu mengungkapkan dan melihat kondisi kesehatan mental seseorang.

Catatan-catatan seperti reka medis, autobiografi (buku diary), foto, tulisan atau cerita yang pernah dibuat, dan lain sebagainya bisa menjadi salah satu hal yang mampu membantu mendeteksi kesehatan mental seseorang.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa membantu anda untuk mendeteksi dari kesehatan mental seseorang, apakah mengalami masalah atau tidak. Orang yang mengalami masalah kesehatan mental akan mudah terdeteksi ketika anda berhasil menerapkan cara-cara tersebut dengan baik, dan juga optimal. Eduardus Pambudi dan Psikologi Mania