Mengenal Lebih Dalam Pikiran Sadar Dan Bawah SadarManusia secara alamiah memiliki dua jenis pikiran dalam hidupnya. Pikiran tersebut adalah pikiran sadar dan bawah sadar. Kedua pikiran tersebut selalu digunakan oleh setiap manusia.

Mengenal Lebih Dalam Pikiran Sadar Dan Bawah Sadar

Pikiran Sadar

Pikiran sadar sendiri merupakan bentuk pikiran yang menggunakan nalar, logika, dan juga sifat analitis. Apa pun bentuk data ataupun informasi yang telah atau akan ditangkap melalui panca indra seperti pada mata, hidung, telinga, dan juga lidah, ataupun alat peraba lainnya akan di persepsi secara sesuai dengan apa adanya. Dengan kata lain data atau informasi tersebut biasanya disampaikan sesuai dengan apa yang telah ditangkap.

Pikiran sadar ini memiliki sifat kritis yang mana otak yang berfungsi sebagai pengelola pikiran sadar ini berada di otak kiri. Dan telah diketahui bahwasanya otak kiri merupakan otak yang memiliki fungsi-fungsi dalam mengakses olah bahasa verabal, logika, urutan, penilaian, angka, analisis, linier, perhitungan, short term memory, dan lain-lain.

Pikiran sadar ini akan bersifat sangat kritis dimana apa pun informasi ataupun data yang masuk ke dalam otak merupakan sebuah informasi yang akan bekerja sesuai dengan fakta tanpa adanya rekayasa sekalipun.

Dalam hal pengaplikasiannya, pikiran sadar merupakan proses mental yang anda sadari dan juga dapat dikendalikan. Biasanya pikiran sadar tersebut bekerja sangat menonjol pada mereka yang mahir dan juga terampil dari segi IQ (intelligence quotient).

Tony Buzan dalam buku karanganya yang berjudul “Use Your Head” menyatakan bahwa, Mereka yang memiliki cemerlang di bidang akademis, pada umumnya akan sangat kuat dalam hal logika, angka, kata, daftar, analisis, linearitas, dan sejenisnya.

baca juga artikel karakteristik pola pikiran bawah sadar anak

Pikiran Bawah Sadar

Menurut sebuah artikel yang berjdul kehebatan tubuh manusia dan kepeduliannya, menceritakan bahwa, hal yang paling menakjubkan dari suatu pikiran adalah pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar ini terletak di bawah memori dan juga memiliki ukuran ribuan kali lebih besar daripada yang lainnya. Pikiran bawah sadar pun terdiri dari jutaan pengalaman masa lampau, yang mana sepengetahuan pikiran alam bawah sadar telah hilang/menghilang selamanya.

Banyak dari para ahli jiwa mempercayai bahwa kita dapat mengakses pikiran bawah sadar. Beberapa orang merasa beruntung karena mereka mampu berbicara dengan fikiran bawah sadar yang dimilikinya.

Dan beberapa orang pula merasa dapat melakukan tawar menawar dalam menentukan jam bangun di pagi hari. Anda pun dapat pula memperbaiki sifat ataupun perangai di hari esok, jikalau anda bilang pada diri sendiri, pada saat hendak tidur dan mempercayainya, bahwa anda dapat menjadi lebih riang saat bangun esok hari.

Pikiran alam bawah sadar secara fisik terdapat di otak kanan yang memiliki fungsi dalam mengakses dan juga menyimpan data data berupa kebiasaan ataupun reflex, kepribadian, persepsi, emosi, imajinasi, visi, intuisi, keyakinan, kreativitas, dan nilai nilai permanen.

Pikiran bawah sadar pun memiliki fungsi dalam menjaga fungsi fungsi tubuh yang bekerja secara otomatis seperti long term memory, dan lain sebagainya.

Secara gambaran umum, pikiran bawah sadar disebut pula dengan bank of memory karena disinilah letak dari keseluruhan rekaman beberapa kejadian yang pernah di alami dalam kehidupan setiap manusia, baik itu berupa cara berfikir, kata-kata, pengalaman induktif, pengalaman empiris, ataupun informasi yang diterima dari pancaindra yang telah tersimpan sebagai memori.

Pikiran bawah sadar merupakan gerbang kita untuk memasuki masa lalu dengan beragam memori didalamnya, sehinga apapun yang telah direkam di dalamnya, sehingga apa yang telah direkam akan dapat dimunculkan kembali kapan saja.

Dalam pengaplikasiannya, pikiran bawah sadar ini merupakan proses mental yang juga berfungsi secara otomatis sehingga anda pun tak menyadarinya.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi wawasan tentang dunia pikiran sadar dan alam bawah sadar menurut sudut pandang psikologi, semoga bermanfaat. Mulai dari sekarang yuk mari asah pikiran sadar dan alam bawah sadar kalian. jangan lupa share artikel berikut ini.  (By: Muhamad Fadhol Tamimy)