Mengenal Luapan Emosi Marah

Mengenal Emosi Marah. Tentu sebagaian anda pernah merasakan rasa marah bukan? Atau bahasa yang lebih kerennya lagi emosi. Rasa emosi atau perasaan marah yang meluap-luap ini terkadang muncul disebabkan oleh kondisi suasana, realita yang tak sesuai harapan, keputus asaan dalam bersikap, hingga keinginan yang tidak sesuai dengan yang didapatkan. Semua itu adalah salah satu sumber pencetus munculnya rasa marah.

Namun apa jadinya jika anda berada di dalam kondisi sebaliknya, anda dimarahi. Bagaimanakah kita harus bersikap ketika dimarahi? Berikut ini akan dipaparkan secara jelas, tentang bagaimana menyikapi orang yang sedang marah.

Orang yang lagi marah memiliki 3 jenis penyebab dari kemarahanya. Yang Pertama adalah marah disebabkan oleh tuntutan, yang Kedua marah yang disebabkan oleh harapan dan yang Ketiga adalah marah yang disebabkan oleh kebiasaan.

Marah yang disebabkan oleh tuntutan biasanya terjadi pada orang-orang yang berada dalam kondisi sedang dituntut oleh orang lain seperti dalam background tugas, kewajiban, hingga permintaan sang kekasih. Tuntutan seperti tugas yang di berikan kepada orang lain namun orang lain tersebut tidak mampu untuk menyelesaikan, maka marahlah si bos. Atau ketika orang tua sedang meminta anaknya untuk menjaga rumah, lalu sang anak pergi tak menjalankan perintahnya, marahlah orang tuanya.

Marah jenis kedua disebabkan oleh harapan. Marah tesebut dicirikan dengan keinginan kuat untuk mendapatkan sesuatu namun tak mampu untuk dicapainya. Kemarahan ini seumpama harapan tak sesuai dengan kenyataan. Ketika telah bekerja keras namun hasil yang di dapatkan tak dihargai, marahlah yang terjadi. Atau contoh yang lain adalah ketika kita berharap menjadi pemenang dalam kontes ajang pencarian bakat, namun para juri tak memilih kita untuk menjadi pemenang, marahlah diri kita.

Yang terakhir mengenal emosi marah ini adalah jenis marah yang disebabkan oleh kebiasaan. Marah yang disebabkan oleh kebiasaan ini, terjadi karena ia tak mampu untuk menahan kemarahannya. Kemunculan marah ini kadangkala hadir dari sesuatu yang sepele dan sederhana. Kemarahan jenis ini biasanya diakibatkan oleh role model yang menjadi patokannya. Kondisi lingkungan keluarga pun sangat berpengaruh terhadap orang yang memiliki kebiasaan marah.

Munculnya marah memang sesuatu yang naluriah, namun kondisi tersebut akan lebih terpuji jika tau akan tempat mengeluarkan reaksi emosi marah tersebut. itulah bebrapa hal yang dapat kita ketahui dari Mengenal Emosi Marah, semoga bermanfaat Written by Muhamad Fadhol Tamimy