Mengenal Lebih Dekat dengan “Psikologi”

Pertama kali mendengar “Psikologi”, apa yang ada dalam pikiran Anda? Apakah Anda sedang membayangkan tentang sebuah penyakit kejiwaan? Jika benar demikian, maka Anda nyaris tepat karena psikologi merupakan keilmuan yang berkaitan dengan kejiwaan. Psikolog bukan nama penyakit melainkan sebuah Jiwa adalah sesuatu yang rumit untuk didefinisikan, hingga akhirnya kata “jiwa” diganti dengan “psikis”. Ya, psikologi adalah ilmu tentang psikis seseorang.

Menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan juga binatang baik itu yang bisa dilihat secara langsung ataupun yang tidak langsung. Sedangkan menurut penelitian oleh Dakir (1993), psikologi juga telah membahas tingkah laku manusia tersebut dalam hubungannya pada lingkungannya.

Lebih lengkap lagi, menurut Muhibbin Syah tahun (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia (individu/kelompok) dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka yang dimaksud adalah tingkah laku yang meliputi perbuatan seperti saat kita sedang berbicara, duduk, berjalan, dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berpikir, berkeyakinan, berperasaan, dan sebagainya.

Semua hal yang dialami maupun dilakuan manusia disebut tingkah laku. Mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, manusia dipenuhi dengan berbagai tingkah laku. Dengan demikian, tentu tingkah laku manusia sangatlah banyak. Oleh karena itu, dalam perkembang ilmu psikologi, objek yang dipelajari dikelompokkan dalam beberapa bidang.

 

Psikologi Umum

Psikologi Umum adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia secara umum. Ilmu yang dipelajari dalam psikologi umum hampir mencakup keseluruhan macam-macam psikologi. Akan tetapi, hanya penjelasan umumnya. Biasanya psikologi umum ini dipelajari sebagai dasar untuk mempelajari macam psikologi lainnya.

Psikologi Perkembangan

Tahap perkembangan manusia dari lahir menjadi bayi, anak, remaja, dewasa, hingga tua memiliki tingkah laku masing-masing. Hal inilah yang dipelajari di Psikologi Perkembangan.

Psikologi Faal

Psikologi Faal adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja tubuh. Misalnya mempelajari bagaimana otot seseorang bekerja ketika dalam keadaan marah, sedih, ataupun senang. Psikologi Faal lebih mempelajari pengaruh kondisi tubuh terhadap tindakan atau perilaku seseorang tersebut.

Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan.

Psikologi Sosial

Psikologi Sosial yakni ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sekitarnya.

Psikologi Industri

Psikologi Industri merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku yang akhirnya muncul dalam lingkup dunia industri dan organisasi.

Psikologi Klinis

Psikologi Klinis adalah ilmu  yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tak sehat, normal dan tak normal, dilihat dari aspek psikisnya.

 

By: Ade Rakhma