Mengenal Gejala Gangguan Psikologis Ringan pada Remaja

Gejala Gangguan Psikologis. Gangguan psikologis yang dialami oleh remaja merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat berdampak pada perilaku dari remaja itu sendiri. Adanya penanganan sesuai dengan jenis gangguan yang diderita merupakan upaya yang tepat sehingga dapat meminimalisir dampak buruk akibat tergangguanya psikologis seseorang. Berikut ini klasifikasi atau pengelompokan gangguan psikologis ringan :

Neurose merupakan gangguan psikologis yang berpengaruh pada mental dan kejiwaan seseorang dalam taraf ringan. Bahkan pada beberapa kasus, baik penderita maupun orang-orang disekitarnya tidak menyadari adanya gangguan yang menyangkut psikologis seseorang. Hal ini karena pada taraf ringan, gangguan psikologis tidak berdampak pada tindakan aneh yang dapat dilihat sekilas. Berikut ini gejala gangguan psikologis seorang remaja yang mengalami neurose atau gangguan psikologis ringan :

  1. Tekanan Batin

Seorang remaja yang mengalami gejala gangguan psikologis ringan tentunya akan mengalami tekanan batin yang berlangsung lama bahkan bisa saja terjadi tanpa adanya alasan yang jelas. Hanya saja, tekanan batin ini tidak serta merta terlihat dari segi fisik si penderita. Pada umumnya remaja yang mengalami tekanan batin akan mempunyai wajah murung dan cenderung pendiam bahkan menarik diri dari lingkungan sekitar.

  1. Munculnya Kekhawatiran Berlebih

Selalu merasa khawatir akan hal-hal sepele bahkan sama sekali belum terjadi, bisa saja merupakan salah satu tanda atau gejala bahwa seorang remaja sedang mengalami gangguan psikologis ringan. Gejala ini biasanya akan memicu tumbuhnya rasa wa-was berlebihan akan suatu hal buruk yang bisa saja terjadi.

  1. Munculnya Perasaan Takut

Setiap individu tentunya mempunyai kriteria ketakutan sesuai versinya masing-masing. Tentunya dengan melewati beragam kejadian selama hidup, setiap individu akan menemui titik ketakutan pada suatu hal. Asalkan perasaan takut tersebut tidak muncul secara terus menerus bahkan berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka anda masih bisa dikatakan sehat secara rohani dan jasmani. Namun apabila remaja mulai mengalami ketakutan tanpa disertai alasan yang jelas, maka sebaiknya segera minta pertolongan psikolog secepat mungkin.

  1. Mudah Sekali Tersinggung

Setiap individu tentunya mempunyai kendali perasaan dalam berekspresi, baik dalam kondisi menyenangkan maupun sebaliknya. Bahkan beberapa orang mempunyai sifat sensitif yang menyebabkan ia mudah sekali tersingggung terhadap hal-hal yang dianggap kurang menyenangkan.

  1. Memelihara Pikiran Buruk Terhadap Apapun

Salah satu ciri-ciri atau gejala seseorang mengalami gejala gangguan psikologis ringan yakni mudah sekali berprasangka buruk terhadap apapun yang terjadi disekitarnya. Bahkan lebih parahnya, pikiran-pikiran buruk tersebut pada dasarnya datang dari dalam dirinya sendiri. Berprasangka buruk tentunya akan berdampak pada kondisi kejiwaan yang mengakibatkan seseorang kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. By : Nurus Syarifatul ‘Aini