Cognitive Behavioral TherapyDi kesempatan hari ini kita akan membahas tentang salah satu bentuk terapi di dalam dunia psikologi yaitu CBT atau Cognitive Behavioral Therapy. Terapy perilaku kognisi merupakan terapi yang menekankan dalam proses proses belajar untuk memperbaiki perilaku seseorang dan juga mempertahankan perilaku yang di inginkan. Dalam proses therapi, klien didorong untuk mengenali sejumlah hubungan antara pikirannya dengan respon terhadap situasi sosial yang dihadapi.

CBT seringkali melibatkan bentuk pelatihan maupun keterampilan dalam penyelesaian masalahnya. Pelatihan tersebut telah banyak di pelajari dan juga banyak terbukti keberhasilannya untuk mengatasi sejumlah gangguan perilaku pada anak maupun dewasa.

Terapi CBT menerapkan sebuah teknik yang menekankan pada kondisi kognisi tertentu dan dirancang guna menghasilkan sebuah perubahan di dalam proses berpikirnya dan dengan demikian diharapkan terjadi perubahan perilaku ataupun mood. CBT pun dapat memberikan penekanan terhadap proses belajar dan juga cara dimana kondisi lingkungan luar dapat memberikan dampak untuk merubah baik kondisi kognisi maupun perilaku.

Cognitive Behavioral Therapy

Terdapat Beberapa Jenis Terapi CBT tersebut yaitu;

  1. Social Skill And Anger Coping Skill Training

Teknik ini merupakan bentuk serangkaian pendekatan dari CBT. Teknik ini terfokus terhadap bagaimana permasalahan perilaku yang terus menerus atau seringkali terjadi, akibat pemahaman yang tidak benar tentang kejadian dalam situasi sosial. Program yang digunakannya pun lebih terfokus kepada modifikasi dan juga pengembangan dari pemahaman seseorang mengenai kepercayaan maupun keinginan dari orang lain. Terapi ini juga mampu untuk memperbaiki tanggapan emosional dari individu itu sendiri.

  1. Problem Solving Skills Training

Teknik CBT ini menekankan pada perbaikan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah. Pelatihan ini dapat membantu untuk mengatasi beragam permasalahan eksternal yang mungkin dapat memprovokasi perilaku untuk berperilaku tidak adaptif. Dengan beberapa serangkaian langkah langkah yang terstruktur dan dibantu oleh tarapis, klien selalu di berikan pengarahan dan di berikan pemahamann kognisinya.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang teknik terapi dalam psikoterapi yaitu, Cognitive Behavioral Therapy. Semoga memberikan manfaat dan ilmu yang sebesar besarnya. By: Muhamad Fadhol Tamimy