Mengenal Apa Itu Piromania, Gangguan Psikologis Yang Menyebabkan KebakaranApa itu piromania? Mungkin cukup asing terdengar di telinga anda, karena memang kasus piromania ini tergolong jarang ditemui. Namun demikian, bisa dibilang, piromania adalah salah satu gangguan psikologis yang cukup unik loh. Piromania berhubungan dengan gangguan psikologis, dimana penderitanya tidak mampu menahan impuls. Impuls apakah yang dimaksud? Dan bagaimana seseorang bisa mengalami piromania ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Piromania?

Kaplan, Saddock, dan Greb dalam buku berjudul sinopsis psikiatri tahun 2009 mengatakan bahwa piromania merupakan sebuah gangguan psikologis dimana mereka yang mengalaminya tidak mampu menahan impuls untuk membakar sesuatu. Ingat, mereka membakar sesuatu karena adanya dorongan atau impuls yang sangat kuat dan sulit dibendung. Piromania tergabung dalam gangguan impuls, mirip seperti kleptomania. Hanya saja kleptomania merupakan kegagalan menahan impuls untuk mengambil benda-benda tertentu.

Fakta Menarik Mengenai Piromania

Berbeda dengan gangguan psikologis lainnya, ternyata piromania memiliki satu fakta yang cukup unik. Dalam buku Sinopsis Psikiatri yang dikarang oleh Kaplan, Saddock, dan Grebb, dikatan bahwa banyak mereka yang mengalami piromania sengaja masuk ke dalam satuan pemadam kebakaran. Yang menariknya adalah, mereka dengan sengaja membuat kebakaran, dan kemudian memadamkannya, hanya untuk menunjukkan bahwa mereka adalah orang yang berani.

Selain itu, piromania juga beraksi ketika mengalami situasi yang buruk, misalnya saja sedang marah atau tertekan. Piromaniak yang merasa tertekan dan juga marah akan sangat tidak mampu menahan impuls untuk melakukan pembakaran, sehingga hal ini akan membuat mereka bisa saja langsung membakar sebuah rumah saat itu juga, tidak peduli pemilik dari rumah itu.

Mengapa Seseorang Mengalami Piromania?

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang mengungkapkan bagaimana seseorang bisa mengalami piromania. Namun kebanyakan faktor mental yang agak terbelakang bisa menjadi salah satu pengaruh dari munculnya gangguan piromania ini. Selain itu, biasanya juga mereka yang mengalami piromania juga memiliki riwayat gangguan psikologis yang berhubungan dengan perilaku antisosial, yaitu seringkali melawan nilai, aturan, hukum dan juga norma-norma sosial di dalam masyarakat.

Ciri-Ciri dari Mereka yang Mengalami Piromania

Bagi mereka yang mengalami piromania, ada beberapa ciri-ciri tertentu yang mungkin bisa anda ketahui sejak awal. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri tertentu yang mungkin bisa amati dan bisa anda lihat :

  1. Sangat tertarik dengan api serta pemanfaatan api untuk berbagai situasi
  2. Puas ketika sudah menciptakan kebakaran, baik kecil maupun besar
  3. Bisa dibilang, mereka sangat terpesona dengan penggunaan api
  4. Biasanya sering menyebabkan kebakaran lebih dari satu kejadian
  5. Kebakaran yang diciptakan, bukanlah bentuk demonstrasi, protes, kepentingan uang dan kepentingan pribadi, ataupun motif – motif lainnya. Tujuan utama dari membuat kebakaran adalah motif kesenangan dan tidak mampu menahan dorongan untuk membuat kebakaran.

Nah, itu adalah beberapa fakta dan juga penjelasan mengenai apa itu piromania. Menarik bukan? Ternyata ada gangguan psikologis yang seperti itu. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda mengenai gangguan psikologis.

By: Eduardus Pambudi