Mengenal Apa Itu Bipolar DisorderBipolar Disorder. Mungkin anda pernah mendengar istilah yang satu ini, namun belum paham betul tentang apa itu bipolar disorder. Bipolar disorder atau bisa disebut sebagai gangguan bipolar merupakan sebuah gangguan yang disertai dengan dua episode mood yang berbeda yang seringkali muncul pada diri individu. Perlu diingat, bahwa bipolar masuk ke dalam masalah atau gangguan mood, dan bukan merupakan gangguan kepribadian. Dalam bipolar ini, terdapat dua episode utama, yaitu episode manik atau hipomanik, dan episode depresif yang muncul secara bergantian dalam jangka waktu tertentu.

Anda tentu pernah melihat roller coaster bukan? Nah, mood dari mereka yang mengalami bipolar disorder ini persis seperti roller coaster. Naik (episode manik) lalu kemudian berubah drastis dengan menurun (episode depresif). Bisa saja mereka yang mengalami gangguan bipolar ini sedang bersemangat dan juga sangat bergairah, namun 5 menit kemudian, mendadak mengalami episode depresif. Karena itu, terkadang, mereka yang mengalami bipolar seringkali dianggap memiliki kepribadian ganda, padahal sebenarnya masalah yang dialami oleh mereka adalah gangguan mood, dan bukan gangguan kepribadian.

Episode Depresif Pada Mereka Yang Mengalami Bipolar

Episode pertama pada mereka yang mengalami gangguan bipolar adalah episode depresif, atau yang dikenal juga dengan istilah gejala depresif mayor. Dalam episode ini, mereka akan mengalami masalah depresi yang sangat berat dan juga mengganggu. Gejala depresif mayor ini biasanya banyak ditunjukkan dengan ciri – ciri, seperti :

  1. Mudah tersinggung (disebabkan oleh perubahan mood, bukan karena kepribadaiannya)
  2. Mengalami penurunan yang drastis terhadap minat dan juga kesenangan. Misalnya biasanya senang bermain game, dan aktif di luar ruangan, namun mendadak mengurung diri di kamar.
  3. Masalah berat badan, naik dan turun secara tidak normal dan cukup signifikan
  4. Seringkali mengalami gangguan tidur, seperti insomnia
  5. Merasa lelah secara berlebihan
  6. Merasa tidak berharga, hidupnya hancur dan tidak ada yang mau membantu dirinya
  7. Sering muncul pikiran – pikiran bunuh diri

Episode depresif ini akan muncul segera alias mendadak pada mereka yang mengalami gangguan bipolar. Jadi, ketika mereka sedang merasa bersemangat, tiba – tiba mereka akan merasakan gejala gangguan depresif mayor, seperti yang disebutkan di atas.

By: Eduardus Pambudi

Baca juga Episode Manik Pada Mereka Yang Mengalami Bipolar