Mengenal 10 Pembahasan Mengenai Psikologi Konseling
Sumber: Pixabay

Psikologi Konseling. Psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dengan dunia disekitarnya. Sedangkan konseling adalah sebuah kegiatan dimana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi secara bersama-sama.

Pengertian Psikologi Konseling

Psikologi konseling adalah suatu kegiatan antar konselor dan klien yang berlangsung untuk mencari akar masalah dan memecahkannya. Klien yang datang kepada konselor kebanyakan tahu apa masalah yang dihadapi tapi merasa bingung bagaimana menemukan akar masalah tersebut.

Psikologi Konseling untuk Memandu

Mereka yang datang ke konselor atau psikolog adalah orang yang memerlukan bantuan. Disini berdasarkan informasi dari klien, konselor membantu klien untuk mencapai pemahaman bersama, mengatasi masalah dan juga mengejar keberhasilan.

Psikologi Konseling untuk Menyembuhkan

Dalam psikologi konseling, klien yang mempunyai kasus tertentu akan disarankan melakukan hipnotis sebagai upaya dalam penyembuhan. Umumnya para pasien ini mengidap neruroses atau penderita hysteria akut.

Psikologi Konseling untuk Memfasilitasi

Inti dari memfasilitasi adalah konselor memberikan suatu dorongan semangat agar klien menyelesaikan masalahnya. Pada kajian ini, dipercayai bahwa sebenarnya klien mampu untuk mengarahkan dirinya sendiri untuk menyelesaikan masalah menggunakan bantuan yang tersedia dari orang-orang terdekatnya. Kegiatan ini tidak diarahkan secara langsung oleh konselor tapi melalui pernyataan tersirat.

Psikologi Konseling untuk Memodifikasi

Klien yang datang akan diarahkan atau dimodifikasi perilakunya agar sesuai dengan lingkungan.

Psikologi Konseling untuk Membangun Ulang

Merekonstruksi merupakan gabungan dari implementasi teori behavioristic dan juga kognitif. Klien akan diarahkan oleh konselor untuk membangun kembali kemampuan kognitifnya. Kemampuan ini diarahkan kepada reinterprestasi dari psikologi eksperimental. Diharapkan setelah kegiatan konseling ini selesai, klien akan mendapatkan sebuah persepsi yang fresh untuknya menjalani hidup.

Psikologi Konseling untuk Pengembangan

Karir dan perilaku dipelajari dalam ranah psikologi walaupun pembahasan lebih termasuk dalam cabang pembelajaran ilmu yang berbeda. Psikologi konseling percaya bahwa dengan metode ini klien/manusia akan tumbuh dan berkembang secara efektif melalui interaksi dengan lingkungannya. Walaupun begitu setiap individu tidak bisa mendapatkan mental yang sama karena lingkungan, daya tangkap dan juga arah perkembangan yang tidak sama.

Psikologi Konseling untuk Mempengaruhi

Biasanya dalam sesi konseling klien akan diminta untuk bersosialisasi dengan lingkungan (konselor tidak membatasi interaksinya). Hanya saja saat konseling, konselor akan menawarkan sebuah metode kontrol diri yang baru agar interaksi dirasakan lebih maksimal.

Psikologi Konseling untuk Mengkomunikasikan

Di dalam konseling bersama klien, mengkomunikasikan berarti mengklarifikasi hingga membantu klien dalam menemukan akar dari masalah yang sedang dihadapi. Biasanya konselor akan membutuhkan satu hingga dua anggota keluarga untuk membantu si klien melakukan perubahan dalam kehidupannya. Jadi komunikasi yang terjadi bukan linear tapi sirkuler.

Psikologi Konseling untuk Mengorganisasikan

Karena lingkungan akan sangat berpengaruh terhadap individu, maka beberapa dari konselor akan menawarkan perubahan kelompok dan lingkungan untuk membantu klien menyelesaikan masalah. Oleh: Nur Dwi Ratnasari