Mengatasi Sikap Tempramental Seorang AyahNama : Nurul xxxx lia
Judul : mengatasi marah yang berlebihan (Mengatasi Sikap Tempramental )
Isi Konsultasi : Hayy konsultan psikologi, saya mau tanya tanya nih. saya kan punya ayah yg sangat sensitif banget dikit dikit marah terus kerjaannya apa kali kalo kita melakukan kesalahan sedikit aja, marahnya tuh ngeri banget kaya macan kelaparan. bagaimana cara menghilangkan sifat marah ayah saya yg sangat mengerikan sekali menurut saya???? mohon jawabannya. saya takut jiwa terganngu atau gk kuat karna sifat ayah yg sangat pemarahan. karna nanti saya kuliah mau ambil jurusan psikologi, ada gak saran supaya saya tetap santai tetap tenang gitu supaya jiwa saya tidak merasa ketakutan. sekian dan terima kasih, saya harap saya bisa mendapat jawabnya 🙂

Jawaban: terimakasih sebelumnya untuk mba nurul. Perilaku yang membuat orang tua marah pada diri kita tersebut, pada dasarnya merupakan manifestasi dari rasa sayangnya pada anda sebagai seorang anak. Namun memang terkadang orang tua tersebut merepresentasikan kasih sayangnya dalam bentuk perliaku yang berlebihan dan cenderung temperamental. Hal ini pada akhirnya menjadikan anak dalam hal ini anda sendiri menjadi tertekan. Ekspresi kasih sayangnya pada diri anda dan berharap agar anda tak melakukan sesuatu yang menurutnya sebagai suatu hal yang salah. Hal itulah yang menjadikannya protektif dan akan melakukan segala cara agar anda tak melakukan kesalahan tersebut.

Ada baiknya di kala ayah anda sedang marah, coba untuk bersikap tenang dalam menghadapinya. Selain itu pahami apa saja yang membuat ayah anda marah. Renungkan segala hal yang menurutnya tak sesuai hingga membuatnya marah. Orang tua memang terkadang memiliki rasa benar dalam bertindak, bahkan meskipun anda benar, hindari untuk membantah setiap perkataannya, di saat ia sedang marah. Atau anda menunjukkan sikap perlawanan dengan mengacuhkannya, karena hal itu malah akan membuat kemarahan ayah anda menjadi-jadi.

Apa yang ayah anda lakukan tersebut bisa saja dikarenakan memang orang tua anda dahulunya hidup dan di besarkan dalam didikan yang serupa. Pada akhirnya rasa cinta kasih yang di perlihatkan orang tua anda mengikuti role model orang tuanya dahulu.

Ada beberapa saran agar anda tak tertekan dan stress dalam menghadapi orang tua yaitu dengan selalu berusaha untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Tanamkan pada diri anda untuk selalu berfikir positif. Melihat sudut pandang dengan cara positif di kala ayah anda memarahi anda, akan membuat anda justru menjadi sosok pribadi yang berkualitas. Karena pada hakekatnya orang tua marah, semata-mata ingin melihat anaknya menjadi orang yang berhasil di masa depan nantinya.

Jika Ayah anda kadung marah, dan rasa stress tersebut mulai menghampiri anda, maka cobalah untuk melakukan relaksasi dengan mengatur napas secara teratur, agar kecemasan yang ada tersebut sedikit teredam. Semoga anda dapat melaluinya dengan baik, dan semoga mba nurul bisa di terima di jurusan psikologi di kampus yang di cita-citakan, hingga menjadi seorang psikolog berbakat.

Psikologi Mania