Mengatasi Rasa Apatis Dan Trauma Karena Sikap Nenek

Mengatasi Rasa Apatis Dan Trauma Karena Sikap Nenek

December 22, 2016 Off By admin

Mengatasi Rasa Apatis Dan Trauma Karena Sikap NenekNama : susanti
E-mail : susaxxx@ymail.com
Judul : Trauma
Isi Konsultasi : setelah lulus Sd sy tinggal dg nenek sya yg pemarah, tersinggungan, dan hobi mengumbar aib keluarga. orang tua dan adik saya kebetulan merantau ke jakarta. Selama ikut nenek, saya selalu tertekan karena nenek saya sering mengumbar kesalahan sya pada tetangga sehingga beberapa tetangga menjadi sinis dan suka mengolok saya, bahkan ada yang selalu menganggap saya tidak baik.

kini setelah dewasa saya menjadi pribadi yg apatis, takut salah berbicara (karena takut disalah tafsirkan), minder, kadang gugup ketika berbicara, pendendam, dan mudah tersinggu. Kira-kira apa yg terjadi dengan saya dan bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban

Hai Susanti, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat ya.

Perlu anda ketahui, bahwa wajar saja anda memiliki sikap atau sifat yang cenderung apatis pendendam, dan mudah tersinggung karena anda mungkin disebabkan oleh sikap nenek anda terdahulu. Namun demikian, perlu anda ketahui, tidak semua sikap dan perilaku anda bisa dirubah 100%, karena memang mungkin ada beberapa sifat atau kepribadian yang memang murni merupakan kepribadian anda.

Namun, apabila memang anda meyakini karena sikap yang anda miliki terjadi karena trauma dengan sikap nenek anda dulu, maka anda bisa mencoba melupakan dan memaafkan sikap nenek anda kepada anda. Ada kemungkinan, alam bawah sadar anda atau hati kecil anda masih ada rasa kesal, marah dan juga kecewa terhadap sikap nenek anda, dan pastinya anda belum atau tidak menyadari itu.

Nah, cara yang mungkin bisa anda lakukan adalah mencoba untuk mulai memaafkan sikap dari nenek anda. Langkah-langkah untuk memaafkan sudah pernah dimuat dalam Psikoma, dan bisa menjadi referensi anda. Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk mencari literatur tambahan mengenai “Forgiveness” untuk lebih memantapkan niat anda dalam memaafkan sikap nenek anda.

Apabila memang benar munculnya sikap anda karena faktor sikap nenek anda terdahulu, dan karena anda masih menyimpan rasa tidak nyaman dan kecewa dengan nenek anda, maka dengan forgiveness, kemungkinan sikap anda berubah sangatlah mungkin untuk terjadi. Selamat mencoba. Psikologi Mania