Inilah Tips Mudah Mengatasi Gangguan Bipolar Yang TerjadiGangguan bipolar bukanlah penyakit yang tidak memberikan banyak pengaruh terhadap kehidupan, karena memang pada kenyataannya gangguan bipolar ini akan sangat mengganggu ketika sedang dilanda gangguan tersebut. Gangguan bipolar ini sangat berkaitan dengan tingkat emosi seseorang, sehingga butuh beberapa cara untuk bisa dengan mudah mengatasi penyakit bipolar. Berikut ini adalah beberapa tips mudah mengatasi gangguan bipolar.

BACA JUGA ARTIKEL SEBELUMNYA “GAMPANG MOODY? WASPADA PENYAKIT BIPOLAR

  1. Atasi penyakit bipolar dengan terapi

Tips pertama yang bis kamu gunakan adalah dengan mengatasi gangguan bipolar menggunakan terapi. Ada banyak jenis terapi yang digunakan dalam mengatasi biolar dalam diri seseorang. Berdasarkan beberapa orang yang pernah mencoba terapi ini mengatakan bahwa dengan terapi, bipolar akan didiagnosa dan ditangani dengan cepat. Percaya atau tidak, dengan menggunakan metode terapi ini kamu akan sangat mudah mengenali pemicu bipolar yang kamu alami dan tentunya diberikan bagaimana cara mengatasi penyakit bipolar tersebut.

Selain terapi, tips paling penting untuk mengatasi gangguan bipolar ini adalah dengan dukungan penuh dari keluarga. Hal ini dijadikan salah satu poin penting karena memang dukungan penuh dari keluarga akan mempercepat proses untuk mengatasi penyakit bipolar ini. Betapa tidak, beberapa persen dari gangguan bipolar kadang muncul dari permasalahan dalam keluarga.

  1. Cobalah untuk merubah gaya hidup

Tips selanjutnya untuk mengatasi gangguan bipolar dengan mudah adalah dengan mencoba untuk mulai merubah gaya hidup. Ada banyak cara untuk memulai merubah gaya hidup, diantaranya dengan banyak berolahraga dan tidur yang cukup. Berolahraga atau berkeringat bisa meningkatkan endorfin dalam tubuh, dengan begitu bisa meningkatkan suasana hati dan merasa bahagia. Selain itu cobalah untuk rutin melakukan olahraga walaupun hanya beberapa menit saja dalam seminggu.

Olahraga yang akan digunakan bisa kamu pilih sesuai keinginan dan kesukaanmu, dengan demikian kamu akan merasa lebih rileks ketika sedang melakukan olahraga. Selanjutnya adalah cobalah untuk menjaga waktu istirhat, dengan demikian tentunya kerja otak, jatung dan organ-organ penting dalam tubuh bisa bekerja maksimal. Jangan terlalu banyak begadang dan mengurangi waktu istirahat, karena bisa mengurangi tingkat imunitas dalam tubuh.

  1. Menjaga pola makan

Salah satu tips untuk mengatasi gangguan bipolar adalah dengan menjaga pola makan. Makan yang cukup serta teratur akan sangat membantu pengelolaan gangguan bipolar yang diidap seseorang. Jika saja kamu melewati jadwal makan, maka kadar gula dalam darah akan turun sehingga akan memberikan efek negatif bagi suasana hati. Selanjutnya adalah konsumi jenis makanan yang kemungkinan bisa meningkatkan mood dalam diri. Karena jenis makanan yang kamu makan akan berpengaruh pada suasana hati nantinya. Dan jangan lupa untuk menambah asupan makanan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar serta jenis sayur dan buah organik. Selain itu cobalah untuk mengurangi mengkonsumsi kafein dan alkohol, selain bisa mengurangi suasana hati dan tentunya tidak sehat untuk tubuh.

Demikian sedikit tips untuk mengatasi gangguan bipolar. Semoga bermafaat. By: Nurus Syarifatul “Aini